3 Jenis Komponen Pasif Elektronika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komponen elektronik adalah blok bangunan dasar dari sirkuit elektronik atau sistem elektronik atau perangkat elektronik. Mereka mengontrol aliran elektron dalam sistem elektronik atau sirkuit elektronik. Komponen elektronik sangat kecil. Karenanya, mudah untuk membawanya dari satu tempat ke tempat lain. Biaya komponen elektronik juga rendah. Komponen elektronik terdiri dari dua terminal atau lebih.

    Ketika sekelompok komponen elektronik disambung bersama dalam papan elektronik seperti papan sirkuit cetak (PCB), rangkaian listrik yang bermanfaat dapat terbentuk. Per-komponen elektronik pada satu sirkuit melakukan pekerjaan tertentu.

    Jenis komponen elektronik

    Komponen elektronik umumnya diklasifikasikan menjadi dua jenis:

    -Komponen pasif

    -Komponen aktif

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Komponen pasif

    Komponen elektronik, yang mengkonsumsi energi dalam bentuk tegangan dari sumber, tetapi tidak menghasilkan atau memasok energi disebut komponen elektronik pasif.

    1. Komponen pasif tidak dapat mengendalikan aliran elektron atau arus listrik melalui suatu rangkaian, tetapi mereka membatasi arus listrik atau aliran elektron.

    2. Komponen pasif tidak dapat meningkatkan atau memperkuat kekuatan sinyal listrik.

    3. Komponen pasif menyimpan sementara energi listrik dalam wujud medan listrik statis atau medan magnet.

    4. Komponen pasif tidak tergantung pada sumber energi atau tegangan eksternal untuk melakukan operasi tertentu.
    Berbagai macam komponen pasif

    Berbagai macam komponen pasif termasuk resistor, kapasitor, dan induktor. 

    Baca juga : Etika Normatif Dalam Media Penyiaran

    Resistor

    Resistor merupakan komponen yang biasa dipakai dalam sirkuit elektronik. Resistor adalah komponen elektronik yang membatasi arus listrik atau aliran elektron ke tingkat tertentu. Terdiri dari dua terminal.

    Tugas utama dari sebuah resistor dalam rangkaian listrik atau elektronik adalah untuk "menolak" (karena itu disebut Resistor), mengatur atau mengatur aliran elektron (arus) melewati mereka dengan memanfaatkan jenis bahan konduktif dimana mereka disusun. Resistor dapat juga dihubungkan bersama didalam berbagai kombinasi pararel dan seri buat membangun jaringan resistor yang dapat bisa bertindak sebagai penurun tegangan, pembagi tegangan atau pembatas arus dalam suatu rangkaian.

    Resistor adalah apa yang disebut "Perangkat Pasif", yaitu mereka tidak mengandung sumber daya atau amplifikasi tetapi hanya menipiskan atau mengurangi tegangan atau sinyal arus yang meleluinya. Redaman ini dapat menghasilkan energi listrik yang dapat hilang dalam bentuk panas karena resistor menahan segala aliran elektron yang melaluinya.

    Kemudian dibutuhkan perbedaan yang potensial diantara dua terminal resistor agar dapat arus mengalir. Perbedaan potensial ini dapat menyeimbangkan energi yang akan hilang. Saat digunakan didalam rangkaian DC perbedaan potensial, juga diketahui sebagai penurun tegangan resistor, diukur dapat melintasi terminal saat arus rangkaian mengalir melewati resistor.

    Banyak jenis resistor yang merupakan perangkat linier yang dapat menghasilkan penurun tegangan pada diri-sendiri saat arus listrik menghantar melewatinya karena mereka harus mematuhi Rumus Ohm, dan nilai resistansi yang berbeda menghasilkan nilai arus atau tegangan yang berbeda.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ini dapat dimanfaatkan dalam sirkuit elektronik yang dapat mengurangi atau mengendalikan aliran tegangan atau arus yang dihasilkan melaluinya, kita dapat menghasilkan konverter tegangan ke arus dan arus ke tegangan. Arus listrik yang dikurangi atau dibatasi oleh resistor diukur dalam ohm dan diwakili oleh simbol Ω. Ukuran resistor sangat kecil.

    Kapasitor

    Kapasitor adalah komponen elektronik yang paling banyak digunakan setelah resistor. Kapasitor untuk sementara menyimpan energi listrik pada wujud medan listrik statis.

    Kapasitor memiliki dua konduktor listrik paralel yang berpisah karena bahan non-konduktif atau isolasi yang disebut dielektrik. Bahan dielektrik tidak akan mengalirkan listrik mengalir melaluinya.

    Induktor

    Induktor merupakan komponen elektronik dua terminal pasif yang untuk sementara menyimpan energi listrik dalam bentuk medan magnet. Ini terdiri dari kumparan kabel tembaga atau kabel konduktif listrik. Saat arus listrik mengahantar melalui koil, medan magnet diproduksi dan disimpan dalam koil kabel tembaga.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 3 Jenis Komponen Pasif Elektronika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar