Fungsi Pengawasan Media Penyiaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pemantauan media adalah tindakan melacak topik di media cetak, online, dan siaran. Dalam PR dan Comms, penting untuk mengukur keberhasilan kampanye kita, menangani krisis dengan cepat, dan mendengarkan publisitas negatif. Semua ini dapat dicapai dengan pemantauan media yang efektif.

    Sebelum alat pemantauan media, junior PR harus melacak topik secara manual di media. Ini adalah proses yang panjang. Ini melibatkan pembelian surat kabar, mendengarkan radio, dan menonton siaran TV, mencari liputan kampanye, klien atau perusahaan tertentu. Setelah itu media menyebutkan secara fisik dipotong dari koran dan dimasukkan ke dalam buku kliping. Atau, penyebutan ditranskripsikan secara manual dari suatu siaran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Proses pemantauan media manual dan mengukur dampak upaya PR mereka lambat dan seringkali tidak akurat. Beruntung bagi industri PR, ada lompatan dan batasan yang dibuat dalam cara orang mengkonsumsi informasi dan bagaimana informasi itu dipublikasikan - dari platform berita digital ke media sosial.

    Sebagian besar perusahaan akan memiliki proses pemantauan media digital. Mulai dari pencarian Boolean yang rumit dan peringatan Google, peringatan dasbor Hootsuite dan trawl digital manual, hingga alat dan platform intelijen media.

    Hemat waktu dengan otomatisasi

    Baik kita PR in-house atau bagian dari agens, waktu adalah penting. Dan pada akhirnya, waktu adalah uang. Jadi mengapa string Boolean yang menghabiskan waktu dan rumit atau memperlambat layanan pemantauan media hasil hari berikutnya masih status quo?

    Dengan kemajuan teknologi yang konstan, sekarang dimungkinkan untuk mengaktualisasi pemantauan media. Dan ada alat pemantauan media yang tersedia yang dapat memberikan informasi yang kita inginkan secepat mungkin. Ini dapat dilakukan dengan sistem peringatan internal, yang memungkinkan kita untuk meningkatkan upaya pemantauan media kita.

    Berikan wawasan yang bisa ditindaklanjuti

    Kita tidak hanya ingin memantau liputan media yang kita terima, kita juga harus mencari wawasan tentang liputan tersebut. Wawasan adalah kunci, karena memberikan peluang untuk meningkatkan PR kita dan membuktikan nilai dengan cara yang terukur untuk laporan.

    Baca juga : Sifat Dan Karakteristik Komponen Aktif

    Beberapa alat pemantauan media menyediakan grafik yang menunjukkan jumlah artikel selama periode waktu tertentu, analisis sentimen dari masing-masing artikel atau liputan umum, dan peta yang menampilkan asal geografis liputan. Memiliki alat pemantauan media yang menyediakan wawasan data akan menghemat waktu dan entri data yang tidak perlu.

    Intelijen media waktu nyata

    Dalam siklus berita digital 24 jam hari ini, jendela waktu liputan media relevan ditutup. Sesuatu yang terjadi semalam, disampaikan pada jam 9 pagi ini, adalah berita lama. Jika kita berada di tengah-tengah krisis, liputan media tidak berguna pada hari berikutnya dan situasinya kemungkinan sudah menyebar di luar kendali kita.

    Ada alat pemantauan media yang menawarkan peringatan waktu nyata. Ini memungkinkan kita untuk menjadi yang terdepan dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan untuk peluang pemasaran pada saat itu atau untuk memecahkan krisis sebelum dimulai.

    Pemantauan lintas platform

    Publik mengkonsumsi media secara berbeda dari yang mereka lakukan bahkan satu dekade yang lalu. Enam puluh delapan persen orang dewasa AS mengatakan bahwa mereka mendapatkan berita dari media sosial daripada melalui cara tradisional, seperti cetak atau radio. Mengawasi berita utama harian tidak memotongnya lagi.

    Ini berarti kita harus dapat memantau sebanyak mungkin sumber media yang berbeda, di seluruh platform media. Ini termasuk media sosial, blog, berita online, dan siaran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Saat mencari alat pemantauan media, kita perlu menemukan alat yang memiliki sumber media yang tepat tersedia. Jika ada publikasi khusus yang perlu kita pantau yang tidak tersedia, kita sering dapat meminta sumber untuk ditambahkan. Tetapi jika tidak, maka kita dapat mencari alat lain yang sesuai dengan kebutuhan kita.(Ade)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Pengawasan Media Penyiaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar