Macam Macam Media Untuk Tanaman Anggrek

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tanaman anggrek merupakan salah satu flora yang berbunga yang memiliki banyak jenis anggota dan terpencar diberbagai daerah. Tanaman anggrek mempunyai batang dan daun yang tebal serta akar serabut yang melekat pada tumbuhan yang lainnya tetapi tidak memberikan keuntungan ataupun kerugian untuk tumbuhan yang dilekatnya (bagi jenis anggrek yang ditanam pada batang tanaman lainnya).

    Bentuk bunga anggrek memiliki pola yang majemuk atau bunga yang tumbuh mulai dari tangkai bunga sampai ke bagian bawah daun. Tanaman anggrek bisa dikelompokan menjadi 4 kelompok berdasarkan tempat berkembangnya yaitu :

    • Tanaman atau tumbuhan anggrek yang dapat tumbuh atau berkembang di tempat yang memiliki bebatuan
    • Tanaman anggrek yang dapat tumbuh atau berkembang di lokasi yang memiliki tanah
    • Tanaman anggrek yang dapat tumbuh atau berkembang di lokasi yang memiliki banyak daun-daunan kering.
    • Tanaman anggrek yang dapat berkembang di lokasi yang terpapar sinar matahari langsung

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Meskipun sering disebut dengan tanaman yang dijadikan hiasan, ternyata tanaman anggrek bisa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat obat-obatan terutama bagian bunganya. Selain iu, tanaman anggrek dapat disimbolkan sebagai keberanian, kelembutan, dan rasa cinta. Dan ada juga jenis anggrek yang dimanfaatkan bagian buahnya seperti anggrek jenis vanili.

    Tanaman anggrek mempunyai berbagai macam tumbuhan hias. Berikut ini merupakan berbagai jenis tanaman hias dari tanaman anggrek, yaitu :

    • Tumbuhan anggrek violet
    • Tumbuhan anggrek bulan
    • Tumbuhan anggrek monyet
    • Tumbuhan anggrek jingga
    • Tumbuhan anggrek serat
    • Tumbuhan anggrek tebu
    • Tumbuhan anggrek hitam
    • Tumbuhan anggrek sendok
    • Tumbuhan anggrek bulan bintang

    Macam-macam media untuk tumbuhan anggrek

    Menggunakan alat untuk tanaman anggrek harus disesuaikan dengan jenis tanaman anggrek yang akan ditanam. Berikut ini berbagai macam media tanaman anggrek :

    Baca juga  : Cara Menanam Biji Anggrek Secara Alami

    • Media untuk tanaman anggrek berupa kayu pakis

    Menanam tanaman anggrek dengan menggunakan media tanam berupa kayu pakis sangat sering diterapkan oleh para pencinta tanaman anggrek karena dapat menyerap air dengan baik serta tidak mudah patah atau lapuk. Untuk dimanfaatkan sebagai media tanaman anggrek, sebaiknya kayu pakis yang akan digunakan dicelupkan atau direndam terlebih dahulu dengan cairan pupuk NPK agar dapat diterapkan dalam media pot serta dicelupkan atau direndam terlebih dahulu dengan cairan pupuk fungisida agar dapat membasmi tumbuhnya jamur.

    • Media untuk tanaman anggrek berupa arang

    Menanam tanaman anggrek dengan menggunakan media tanam berupa arang dapat menyerap air dengan baik serta tidak mudah tumbuh dan berkembang bagi jamur. Namun kekurangan dari menggunakan media tanam ini adalah harganya yang cukup mahal. Dan untuk dimanfaatkan sebagai media tanaman anggrek, sebaiknya arang yang akan digunakan direndam atau dicelupkan terlebih dahulu dengan cairan pupuk NPK dan fungisida agar dapat membasmi tumbuhnya jamur.

    • Media untuk tanaman anggrek berupa serbuk kayu

    Menanam tanaman anggrek dengan menggunakan media tanam berupa serbuk kayu dapat digunakan untuk jenis tanaman anggrek tanah. Kekurangan dari menggunakan media tanaman anggrek adalah kemampuan untuk menyerap air yang kurang bagus. Dan untuk dimanfaatkan sebagai media tanaman anggrek, sebaiknya serbuk kayu yang akan digunakan direndam atau dicelupkan terlebih dahulu dengan cairan pupuk NPK dan fungisida agar membasmi tumbuh dan berkembangnya jamur.

    • Media untuk tanaman anggrek berupa potongan batu bata

    Menanam tanaman anggrek dengan alat tanam berupa potongan batu bata dapat menyerap air kurang bagus dan tidak mudah lapuk, dan dapat mengatur kelembapan dengan baik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Media untuk tanaman anggrek berupa sabut kelapa

    Menanam tanaman anggrek dengan menggunakan media tanam berupa sabut kelapa dapat menyerap air dengan baik serta mengandung zat yang dibutuhkan tanaman anggrek. Media tanaman ini mempunyai harga yang murah dan dapat dengan mudah ditemukan. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam Macam Media Untuk Tanaman Anggrek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar