Cara Menanam Biji Anggrek Secara Alami

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui bagaimana cara menanam biji anggrek secara alami. Anggrek merupakan sebuah tanaman berbunga dengan mempunyai jenis yang banyak, terdapat jenis bunga anggrek bisa menyebar luas di kawasan yang beriklim tropis basah yang membuat sebagian besar jenis bunga ini banyak dijumpai di area atau kawasan yang mempunyai iklim tropika.

    Bunga anggrek memiliki batang yang beruas-ruas, bunga anggrek yang tumbuh ditanah akan mempunyai batang yang pendek dan juga condong mirip seperti umbi-umbian dan pada itulah batang bunga anggrek epifit akan berkembang dengan baik, dan juga berfungsi untuk melindungi dan menghindar dari penguapan yang terlalu berlebih. Batang bunga anggrek bisa berkembang membentuk monopodial atau memanjang dan juga melebar yang dipengaruhi dari genusnya.

    Bunga anggrek mempunyai bentuk yang tersendiri atau khas yang membuat ciri-ciri membedakan dari jenis bunga anggrek tersebut. Bunga anggrek memiliki susunan yang majemuk, bisa kita lihat dari susunan bunga yang panjang. Juga dapat dilihat dalam bentuk daunnya yang mempunyai bentuk yang simetri. Kelopak bunga anggrek umumnya akan berwarna yang serupa dengan bagian mahkota pada bunga anggrek, pada mahkota bunga anggrek akan membentuk bagian yang serupa dengan lidah yang akan membuat supaya memiliki sebuah perlindungan atau susunan yang akan mengangkut benang sari dan juga putik.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Benang sari memiliki sebuah bentuk yang pendek dibandingkan dengan kepala sari. Bunga anggrek memiliki macam-macam tipe-tipe di dalam masa pertumbuhan bisa kita lihat dibawah ini.

    • Monopodial

    Bunga anggrek di jenis ini hanya mempunyai satu buah batang dan juga satu tempat yang ditumbuhi oleh bunga di jenis tersebut. Bunga yang tumbuh dari ujung batang akan bisa di perbanyak oleh stek batang dan juga biji.

    • Simpodial

    Bunga anggrek di jenis ini memiliki banyak tempat yang ditumbuhi, tunas yang baru akan terlihat lebih kurang dari batang yang utama. Bunga anggrek dapat terlihat dipucuk pada batang . Tetapi ada yang tumbuh di akar batang yang dapat menyimpan air dari makanan atau dari umbi-umbian yang semu.

    Manfaat Bunga Anggrek

    Bunga anggrek juga dikenal mempunyai banyak sekali manfaat di dalam dunia dekorasi, tanaman ini akan populer digunakan pada bunganya. Bunga anggrek memiliki bunga yang sangat indah serta variasinya yang tidak terbatas. Bunga anggrek biasanya digunakan untuk diperjual belikan untuk kebutuhan dekorasi. Apalagi jenis anggrek epifit yang tumbuh di pohon di sekitar hutan rimba yang tersebar dari pulau sumatra hingga irian jaya. Bunga anggrek juga digunakan untuk sebuah lambang dari suatu rasa cinta hingga kemewahan.

    Baca juga : Tahapan Tahapan Kultur Pada Jaringan Anggrek

    Pada dahulu kala di zaman bangsa yunani menggunakan sebuah bunga anggrek untuk sebagai sebuah lambang sebuah kejantanan. Pada saat bangsa tiongkok di zaman dahulu mempercayai bunga anggrek untuk sebagai tanaman untukmengeluarkan aroma yang harum dari raja yang ada di bangsawan tiongkok. Pada di zaman pertengahan, bunga anggrek sangat berperan mutlak di dalam pengembangan sebuah teknik penyembuhan yang menggunakan tanaman.

    Penggunaanya meluas sampai menjadi sebuah ramuan-ramuan yang diakui sebagai salah satu bahan baku yang utamadalam membuat ramuan yang berbahan dasar dari bunga anggrek. anggrek adalah bunga yang dinobatkan sebagai bunga yang mempesona di indonesia. Di saat sedang budidaya bunga anggrek tidaklah begitu sulit, tetapi akan membutuhkanwaktu yang cukup lama dan juga harus selalu memperhatikan perawatan yang baik.

    Jika perawatannya dilakukan secara rutin dan teratur maka bunga anggrek tersebut akan bermekaran yang memiliki pesona yang indah dan juga rupawan yang memiliki warna yang cemerlang juga akan membuat kesan cantiknya dari anggrek. Bunga anggrek yang sehat adalah mempunyai ciri-ciri daun yang memiliki warna hijau tebal dan juga mengkilap. Di dalam penyiraman bunga anggrek hanya disiram dua kali sehari, di waktu pagi dan sore hari dikarenakan waktu tersebut penguapan nya hanya lebih sedikit. Dan anggrek akan segera menyerap udara di sekitar bunga anggrek tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dibawah ini merupakan cara menumbuhkan biji anggrek secara alami adalah sebagai berikut:

    • Carilah terlebih dahulu media untuk tempat menanam biji anggrek tersebut, misalnya seperti kayu dari hutan yang berlumut.
    • Letakkan kayu berlumut tersebut di sebuah tempat di dalam kotak plastik yang transparan tetapi harus memiliki tutupnya.
    •  Untuk menumbuhkan biji anggrek di kayu berlumut tersebut, kita harus menyemprotkan sebuah pupuk cair yang berfungsi untuk sebagai makanan untuk biji tersebut, biasa pupuk akan ditambahi dengan air supaya pupuk menjadi encer.
    • Biarkan wadah transparan tersebut selama dua sampa tiga minggu sampai biji anggrek berkecambah pada lumut di kayu tersebut.
    • Lalu tutup kotak transparan tersebut dan tunggu selama dua minggu sekali untuk dibuka supaya udaranya bisa berganti.
    • Di saat sekitar dua bulanan nantinya akan terlihat biji anggrek yang sedang berkecambah. (Daru)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menanam Biji Anggrek Secara Alami
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    30%

    Terinspirasi

    10%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    10%

    Komentar