Manfaat Ergonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum membahas manfaat Ergonomi, Kita akan membahas dulu pengertian dari Ergonomi tersebut. Ergonomi adalah ilmu yang akan mempelajari tentang interaksi antara manusia serta profesi, sistem data, metode dan prinsip untuk merancang sistem yang optimal, yang disesuaikan dengan keterampilan manusia dan juga cocok dengan keperluan pekerja.

    Dengan ada nya ilmu Ergonomi ini dalam dunia kerja, Ergonomi membawa peluang manfaat besar bagi para pekerja dan bagi perusahaan juga pemerintah. Dengan menggunakan Ilmu Ergonomi kita akan memperoleh berbagai manfaat bagi pekerja, manajemen dan perusahaan. Serta risiko kecelakaan yang dialami akan lebih kecil dan pekerjaan akan secepatnya selesai.

    Sistem kerja yang kurang baik atau tidak baik tanpa menerapkan ilmu Ergonomi dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan ketidak nyaman pada pekerja. Dan secara ekonomis dapat menyebabkan kerugian untuk perusahaan. Gangguan kesehatan atau risiko kerja akibat tidak menerapkan Ergonomi yaitu :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Akan merasakan kelelahan.
    2. Akan mengurangi kesehatan karena kerja.
    3. Mengurangi kecelakaan saat bekerja.

    Manfaat Ergonomi tersebut pada umumnya untuk mempermudah pekerjaan supaya cepat selesai, dan dengan risiko kecelakaan yang lebih kecil. Jika ilmu Ergonomi ini diterapkan secara baik, ini adalah manfaat Ergonomi :

    • Kerja menjadi lebih cepat, dan ketepatan serta keselamatan dalam bekerja dan juga mengurangi tenaga dalam bekerja dan mengurangi kelelahan yang berlebihan.
    • Biaya untuk pendidikan dan pelatihan menjadi berkurang.
    • Waktu tidak terbuang sia-sia.
    • Karyawan menjadi nyaman saat bekerja.
    • Dapat memaksimalkan SDM dengan meningkatkan keterampilan yang akan dibutuhkan.
    • Mengurangi rusak alat kerja.

    Baca  juga : Manfaat Belajar Statistika Untuk Mahasiswa

    Di tempat kerja yang telah dirancang dengan baik yang sudah di dekorasi dengan baik, pastinya pekerja akan dapat meningkatkan produksi lebih banyak dengan usaha yang maksimal dan penekanan risiko terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Manfaat Ergonomi dapat dicapai melalui :

    1. Menganalisa proses pekerja perorangan.
    2. Pekerja yang sudah beradaptasi dengan lingkungan kerja.
    3. Menyeimbangkan tugas yang sangat menuntut fisik dan mental pekerja dengan merancang tempat kerja yang baik.
    4. Penilaian kapasitas dan kemampuan pekerja.
    5. Meningkatkan manajemen organisasi yang secara keseluruhan.

    Ergonomi terdiri dari 2 hal, yakni :

    1. Ergonomi Makro

    Ergonomi Makro yaitu Ergonomi yang akan lebih mengarah pada hubungan sosial dalam organisasi

    2. Ergonomi Mikro

    Ergonomi Mikro ialah Ergonomi yang akan lebih mengarah pada aturan yang digunakan untuk menciptakan sistem yang baik.

     Jadi sangat menguntungkan jika menggunakan ilmu Ergonomi ini, Karena Ergonomi ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk para pekerja. Ergonomi digunakan untuk dunia kerja agar para pekerja nyaman dalam melakukan aktivitas dan pekerjaannya. Jika telah merasakan nyaman, maka manfaat dari produktivitas kerja yang akan dapat dicapai semakin meningkat.

    Maka tenaga kerja perusahaan akan bertambah meningkat. Dengan situasi yang nyaman baik secara jasmani dan rohani, pekerja akan dapat bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang optimal yang akan memuaskan perusahaan.

    Dan Manfaat dari Ergonomi yang kita dapatkan adalah sebagai sarana untuk lebih meningkatkan tenaga kerja yang akan mengutamakan keselamatan, ketepatan dan menurunkan energi. Selain itu manfaat Ergonomi ini bisa untuk mengurangi tenaga kerja serta mengoptimalkan SDM dengan melalui mengikuti pelatihan berbagai macam keterampilan.

    Baca juga : Manfaat Belajar Statistika Untuk Mahasiswa 

    Penerapan ilmu Ergonomi di lingkungan kerja bertujuan untuk si pekerja agar saat sedang bekerja selalu dalam kondisi sehat, nyaman dan selamat. Dan untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mempunyai rasa ingin ada kemauan, kemampuan dan kerja yang baik dari semua pihak. Jadi Manfaat Ergonomi ini sangat menguntungkan untuk para kerja. Jika ilmu Ergonomi ini diterapkan dengan baik dan benar maka para pekerja akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Ergonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar