Manfaat Belajar Statistika Untuk Mahasiswa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara tentang statistika? Iya statistika merupakan pelajaran yang terkesan sulit dan susah di pahami, apalagi statistika merupakan mata kuliah yang wajib ada pada semua jurusan lintas ilmu. Istilah statistika (‘bahasa inggris adalah statistics’), dimana statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, mengolah dan mempresentasikan data.

    Statistika banyak digunakan di bermacam disiplin ilmu, baik ilmu alam maupun dalam bidang bisnis, industri, dan  ekonomi. Statistika juga digunakan di dalam pemerintahan. Manfaat dari belajar statistika itu sendiri beragam dan berlimpah. Diantara manfaat dari belajar statistika diantaranya adalah:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Dapat membantu penelitian dengan menggunakan sampel sehingga penelitian bisa Dengan adanya statistika dapat membantu psikolog dalam membaca hasil pengamatan baik itu melalui tes ataupun observasi ke lapangan.
    2. Dapat membantu para pendidik untuk melihat prestasi belajar siswa dan efektifitas metode pembelajaran.
    3. Dapat membantu mahasiswa dalam penghitungan indeks prestasi.
    4. bekerja dengan efisien dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan objek-objek yang diteliti

    Statistika terbagi atas 2, yaitu :

    1. Statistika Deskriptif adalah metode yang digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan dan menyajikan suatu data sehingga bisa menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat.
    2. Statistika Inferensial adalah metode yang dapat digunakan untuk menganalisis suatu kelompok kecil sehingga bisa di ambil kesimpulan terhadap kelompok data induk.

    Peran statistika dalam berbagai bidang yaitu :

    1. Dalam bidang politik dan pemerintahan statistika sering digunakan untuk memprediksi     calon yang akan terpilih pada saat pemilihan umum dengan menggunakan quick count.

    2. Dalam bidang marketing statistika digunakan untuk mengetahui masalah yang akan mempengaruhi tentang penjualan.

    3. Dalam bidang keuangan dan ekonomi makro statistika digunakan untuk mengetahui kebijakan makro pemerintah terhadap suatu inflasi, meningkatkan kesejahteraan.

    4. Dalam bidang kedokteran dan farmasi, statistika digunakan untuk mengetahui efek samping dari obat terhadap suatu penyakit yang diderita oleh pasien,

    5. Dalam bidang pertanian, statistika digunakan untuk mengetahui bibit unggul yang bisa menghasilkan produktivitas yang berkualitas dengan menggunakan desain eksperimen.

    6. Dalam bidang sastra, budaya dan sastra statistika digunakan untuk mengetahui efek samping dari budaya asing terhadap budaya local, agar budaya asing tersebut bisa dipilah mana yang baik dan aman yang jelek.

    Baca juga : Komponen Biotik Dan Abiotik Dalam Hutan Hujan Tropis

    Fungsi Statistika

    • Statistika bisa menggambarkan suatu data dalam bentuk tertentu.
    • Statistika bisa menentukan suatu hubungan sebab akibat
    • Statistika bisa memperluas pengalaman seseorang
    • Statistika bisa mengukur besaran
    • Statistika bisa menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang bisa kita pahami

    Metode Statistika

    Metode statistika terdapat dua jenis yaitu :

    • Eksperimen
    • Survei

    Tipe Pengukuran

    Di dalam ilmu statistika ada beberapa tipe pengukuran, yaitu:

    • Skala Nominal adalah skala yang paling lemah diantara pengukuran lainnya. Skala nominal hanya bisa digunakan untuk membedakan benda satu dangan benda  lainnya atau peristiwa satu peristiwa  lainnya, misalnya bahasa, suku dan agama.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Skala Ordinal tingkatannya lebih tinggi dari skala nominal, skala ordinal digunakan untuk membedakan sesuatu juga digunakan untuk menunjukkan tingkatan, misalnya tingkat pendidikan.
    • Skala Interval adalah angka kuantitatif tetapi tidak mempunyai nilai nol yang mutlak, sehingga mengakibatkan titik nol bisa dirubah sesuai dengan orang yang mengukur, misalnya tahun.
    • Skala Rasio menggunakan titik yang baku (mutlak) dimana angka tersebut tidak bisa dirubah, skala rasio menunjukkan angka yang sebenarnya, misalnya panjang.(Indah)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Belajar Statistika Untuk Mahasiswa
    Sangat Suka

    55%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    44%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar