Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu statistika banyak diaplikasikan ke dalam berbagai bidang yaitu, antara lain ilmu sosial, bidang bisnis, bidang ekonomi, dan bidang industri. Dalam bidang pemerintahan statistika digunakan untuk sensus penduduk, voting atau polling (contoh pemilihan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum atau quick count), pada bidang komputasi statistika diterapkan pada pola kecerdasan buatan. Berikut ini adalah kegunaan statistik:

    • Statistika digunakan sebagai media penyusun, meringkas atau penyempurnaan data. Data dapat diperoleh dari sebuah penelitian dengan menggunakan topik tertentu yang tidak mencakup dalam jumlah besar hanya saja berisi banyak informasi.
    • Statistika untuk membantu dalam penelitian membangun aktivitas atau survey eksperimen yang bisa meminimalkan biaya untuk informasi dalam jumlah yang ditentukan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Statistika ini digunakan sebagai penetapan metode yang baik untuk penarikan kesimpulan atau ringkasan sesuai dengan sampel tertentu.
    • Terakhir, statistika digunakan untuk mengukur baik atau tidaknya sebuah kesimpulan atau evaluasi.

    Contoh manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari:

    • Penghitungan laba, rugi, jumlah uang yang diperlukan dalam belanja bulanan dalam rumah tangga.
    • Dalam penghitungan Indeks Prestasi mahasiswa.
    • Pada dunia bisnis cara memperoleh keuntungan dalam sebuah proyek, seperti peluang menanamkan saham.
    • Pada bidang industry, statistika banyak digunakan dalam pengambilan keputusan. Seperti jumlah produksi dalam sehari berdasarkan riwayat atau histori perusahaan.

    Contoh Penerapan Statistika, Statistika begitu sangat penting sebenarnya, bisa digunakan untuk menganalisis keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak disadari. Peranan statistik dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam penelitian ilmiah dan dalam ilmu pengetahuan.

    Baca juga : Kelemahan Algoritma Pencarian Depth First Search

    Beberapa contoh bahwa statistik begitu penting dalam kehidupan sehari-hari misalnya sering digunakannya ilmu statistika untuk mengontrol jumlah pengeluaran yang dibutuhkan sehingga harus sesuai dengan pendapatan yang diperoleh, kemudian melakukan pemilihan barang yang akan dibeli, dan hal lain yang membutuhkan keputusan terbaik yang akan diambil. Begitu juga dengan bidang lainnya, membantu dalam pengambilan keputusan yang harus diambil secara tepat.

    Peranan statistik pada penelitian:

    • Pencatatan data penyelidikan.
    • Mampu membuat pekerja tersebut bekerja secara terurutan.
    • Menyediakan cara yang sederhana untuk meringkas data
    • Menjabarkan data dalam bentuk tak tentu, menyederhanakan data kelompok, serta memperbanyak pengalaman.
    • Sebagai perumusan kebijakan perusahaan
    • Menentukan tingkat hubungan antar variable pada sebuah kumpulan data
    • Statistik digunakan sebagai penelitian menganalisa, menguraikan permasalahan yang kompleks serta menjabarkan data yang bentuknya tak tentu

    Statistik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, statistik berperan sebagai penjelas hubungan antara variabel, membuat planning atau ramalan, mengatasi perubahan, dan pengambilan keputusan.

    1. Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel

    Variabel merupakan suatu nilai yang tidak tetap, bisa harga, ukuran, hasil, umur, ataupun tinggi. Misalnya hubungan antar permintaan produk dengan tingkat pendapatan dalam penjualannya.

    2. Membuat rencana dan ramalan

    Rencana dan ramalan ini harus beriringan atau harus sejalan agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Seperti dalam perencanaan sebuah pembangunan kompleks perumahan di sebuah kota yang dipengaruhi oleh beberapa factor seperti jumlah penduduk dan tingkat pendapatan.

    3. Mengatasi berbagai perubahan

    Perubahan yang terjadi pada sebuah rencana dan ramalan dapat diabaikan atau dihindari supaya tidak ada pihak yang dirugikan, dengan menggunakan statistik perubahan tersebut dapat dijauhi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Membuat keputusan yang lebih baik

    Dengan menggunakan metode statistik keputusan yang rasional dapat diperoleh seperti pada sebuah perusahaan didapatkan kondisi yang tidak menentu dari produknya, untuk di masa yang akan datang perusahaan harus menyiapkan solusi dengan memilih keputusan yang baik agar tidak terjadi kerugian sehingga mempermudah perusahaan dalam untuk mencapai tujuan.

    Fungsi statistik dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai bang data yang menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan, sebagai alat pembantu standarisasi atau alat pengawasan, sebagai penganalisisan data, dan sebagai pembuat keputusan untuk penetapan kebijakan perusahaan dalam memperoleh keuntungan.(Mechy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-Hari
    Sangat Suka

    39%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    4%

    Tidak Peduli

    11%

    Marah

    27%

    Komentar