Pengertian Marketing Mix

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Marketing mix adalah suatu cara pemasaran yang menyatukan beberapa elemen di dalam pemasaran itu sendiri (marketing mix) yang dilakukan secara terpadu. Untuk mencapai kesuksesan yang sempurna pelaku bisnis membutuhkan kecakapan yang komplek dalam proses pengelolaan bisnis tersebut. Namun, bukan hanya mempunyai produk berkualitas, pelaku bisnis juga akan mendapatkan banyak factor lain juga yang perlu dipertimbangkan. Contoh lainnya adalah lini pemasaran.

    Dengan penerapan yang matang, pelaku bisnis bisa melakukan hal lain secara detail dan juga tanpa ada suatu permasalahan apapun. Hal itu juga sangat menguntungkan dan akan akhirnya menghasilkan kesuksesan yang sempurna.

    Definisi sederhananya adalah sebagus apapun jasa atau produk yang diciptakan jika kita tidak tahu cara mempromosikannya kepada orang lain. Maka pemasaran yang hendak kita laksanakan itu percuma tanpa adanya perolehan keuntungan yang diinginkan. Sehingga kerja keras yang kita dapat berakhir dengan sia-sia.

    Bauran Pemasaran Menurut Para Pakar

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Beberapa penjelasan dari para ahli, sebagai berikut:

    1. Kotler dan Armstrong

    Menurut Kotler dan Armstrong bahwa pengertian marketing mix adalah piranti strategi alat pemasaran yang dapa dikontrol, produk, harga, distribusi, dan promosi yang akan dicampur oleh perusahaan besar dengan menghasilkan tanggapan menerima dengan selektif dan bagus dalam pemasaran.

    1. Buchari Alma

    Menurut beliau kegiatan pemasaran campuran adalah cara penggabungan pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, agar tercipta combine yang maksimal dan sempurna sesuai keinginan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

    1. Sumarmi Dan Soeprihanto

    Pengertian bauran pemasaran adalah penggabungan dari beberapa elemen dan variable kegiatan yang merupakan isi dari system kegiatan pemasaran tersebut. Misalnya produk, harga, distribusi serta promosi yang akan dilaksanakan. Dengan makna lain, bahwa kegiatan pemasaran juga berupa gabungan dari beberapa variable dengan semua perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan para konsumen.

    1. Sofjan Assauri

    Menurut beliau, kegiatan pemasaran adalah penyatuan variabel atau berupa isi atau hal yang paling utama dalam kegiatan pemasaran. Suatu factor yang mempengaruhi para konsumen dengan tanggapan reaksi pembeli.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura, Bangkalan

    1. Gugup Kismono

    Beliau mengatakan bahwa marketing mix merupakan variable kombinasi yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk ke khalayak ramai. Kegiatan tersebut, dengan selektif oleh perusahaan ketika promotion.

    Kegiatan dan Tujuan Marketing Mix

    Beberapa tujuan dari marketing mix, sebagai berikut:

    1. Periklanan (advertising)

    Suatu kegiatan pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenal barang atau jasa yang dijual atau yang ditawarkan, dipasang di dalam media massa seperti surat kabar, majalah, spanduk, dan brosur ada juga melalui gadget atau internet.

    1. Promosi penjualan (sales promotion)

    Kombinasi kegiatan alat pemasaran yang diciptakan untuk mendorong konsumen untuk menanggapi jasa atau produk yang ditawarkan. Kegiatan ini juga sebagian besarnya hanya berlaku dalam waktu singkat dan berlangsung sebentar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1.  Pemasaran langsung

    System ini bersifat interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan yang akan ditawarkan. Secara langsung dan saling memberi sugesti masing-masing.

    Konsep Marketing Mix

    Langkah awal yang harus dimulai adalah membuat konsep pemasaran agar semuanya berjalan sesuai dengan yang telah dipikirkan. Untuk meraih banyak tanggapan dari para konsumen marketing mix atau promotion sales harus mampu memberikan bujukan yang baik dan ramah.

    Namun, dengan perkembangan yang semakin canggih keadaan pasar semakin menurun sangat dinamis. Sehingga banyak para pelaku kegiatan pemasaran manual kurang efektif sehingga konsep yang telah dirancang gagal serta mengalami penurunan tanggapan dari para konsumen. Dengan hal itu, banyak pelaku bisnis yang beralih ke media online. Orang lebih banyak mengakses internet dan mudah untuk mengetahuinya serta juga mudah dalam transaksi pembayaran ketika ada seseorang yang memesan.(Amanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Marketing Mix
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar