Strategi Segmentasi Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tidak asing lagi bagi kita di sebuah perusahaan yang sangat besar ada yang namanya strategi, mengapa di sebuah perusahaan ada namanya strategi. Strategi di lakukan agar usaha dan produk yang akan di pasarkan menjadi lebih baik dan semakin baik strategi yang kita miliki maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan kita dapatkan melalui pemasaran.

    Bagi sebuah perusahaan segmentasi pasar memiliki keinginan, kebutuhan dan respon yang baik kepada produk yang ditawarkakn oleh perusahaan. Segmentasi pasar artinya kita harus memahami struktur yang ada di pasar, saat kita bisa memahami struktur yang ada maka kita akan lebih cepat untuk mendapat keuntungan.

    Degan apa kita bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak, dengan cara memperbagus desain produk yang akan kita jual, mengetahui siapa saja pesaing yang berada dalam pasar tersebut, harus ada peluang yang bagus, mendapatkan tempat pemasaran yang bagus dan yang sangat tepat. Dan perusahaan juga harus menjaga pelanggan agar tetap membeli produk milik kita dengan cara kita harus mengeluarkan produk-produk yang bagus dan produk yang baik pula.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Ada beberapa syarat yang menjadi anutan agar segmentasi pasar berjalan dengan baik.

    1. Dapat diukur

    Yang berarti segmen pasar yang dituju dapat diukur, ciri, jumlah dan sifatnya. Semakin cermat ukuran yang di gunakan akan semakin mudah kegiatan pemasaran.

    1. Dapat di jangkau

    Yang berarti segmen pasar dapat di jangkau atau jalan masuk nya dapat di tuju dengan mudah. Kemudahan untuk mengakses jalan berupa jarak yang terdekat, mudah nya transportasi dan wilayah yang akan di jadikan tempat tujuan.

    1. Cukup besar

    Yang artinya jika segmen pasar cukup besar maka akan memberikan keuntungan yang di dapat akan lebih besar.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Negeri Alauddin

    1. Dapat di bedakan

    Yang artinya segmen pasar dapat di bedakan dengan segmen pasar yang satu dengan segmen pasar yang lainnya. Biasa nya menentukan segmen ini dengan latar belakang, pendidikan, status dan lain sebagainya.

    1. Dapat di laksanakan

    Yang artinya seluruh program yang telah di buat oleh pemasaran dan pelayanan yang di baut harus di laksanakan terhadap segmen pasar yang akan di tuju.

    1. Dapat memberi keuntungan

    Yang artinya bahwa segmen pasar yang di tuju harus memberikan keuntungan untuk perusahaan baik keuntungan secara langsung maupun tidak langsung.

    Setelah melakukan syarat-syarat yang ada baru lah segmen pasar melakukan segmen berdasarkan beberapa variabel

    Strategi segmentasi pasar :

    1. Segmentasi pasar berdasarkan geografi

    Segmentasi pasar berdasarkan geografi adalah strategi pasar yang akan di jadikan kelompok berdasarkan letak wilayah geografis nya yang berbeda. Perbedaan ini bisa saja melalui kecamatan, kelurahan, provinsi dan negara. Melakukan segmentasi pasar merupakan pengelompokan pasar yang sangat mudah di lakukan, karena orang yang biasa tinggal di situ memiliki karakter dan kebutuhan yang hampir sama.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Segmentasi demografi

    Segmentasi demografi adalah pasar yang dikelompokkan berdasarkan data-data demografi. Data-data itu termasuk jenis kelamin, usia, status, agama, pendidikan, pengalaman, dan lain sebagainya. Dengan cara melakukan segmentasi demografi, para pemasar bisa melakukan pekerjaannya dengan tepat, karena bisa mempertimbangkan dari data-data tersebut. Misalnya melakukan pemasaran produk anak-anak akan berbeda dengan pemasaran produk orang dewasa.

    1. Segmentasi psikografi

    Segmentasi psikografi pengelompokan pasar berdasarkan status sosial, kepribadian dan gaya hidup segmen yang di tuju. Perusahaan biasanya meminta riset di karena kan waktu dan kondisi dapat berubah.

    1. Segmentasi tingkah laku

    Segmentasi tingkah laku adalah strategi pengelompokan segmen pasar berdasarkan sikap, pengetahuan dan respon konsumen kepada produk yang di inginkan. Dengan melakukan segmen ini maka perusahaan telah melakukan langkah yang baik dan benar.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Segmentasi Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar