Strategi Diferensiasi Produk

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Strategi diferensia produk di dalam pemasaran adalah strategi untuk merencanakan semua perbedaan yang bernilai dengan tujuan agar bisa membedakan produk perusahaan dari penawar ke perusahaan pesaing.  Produk yang artinya sesuatu yang bisa kita tawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

    Properti, fisik, jasa, pengalaman, tempat organisasi dan gagasan biasanya itulah yang menjadi salah satu produk-produk yang di pasarkan. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa produk adalah sesuatu yang di tawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

    Strategi diferensia produk itu sangat lah penting bagi perusahaan, mengapa demikian? Ketika konsumen ingin membeli produk dan produk itu sangat banyak sekali maka konsumen akan sangat bingung ingin membeli produk yang mana, dan pada akhirnya konsumen tidak jadi untuk membeli produk itu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Oleh karena itu kita harus membuat produk kita terlihat sangat bagus, unik dan sangat berharga dari pada produk yang di miliki oleh orang lain. Penjual juga harus memberitahukan kepada konsumen apa saja kelebihan produk yang akan di tawarkan dan anda akan membandingkan nya dengan produk pesaing. Pastikan produk anda memiliki identitas yang jelas agar konsumen tidak bingung. Banyak sekali produk-produk yang diminati oleh konsumen untuk kebutuhan dan keinginan nya. Sehingga anda harus meningkatkan kualitas produk yang bagus dan unik, produk yang lain dari pada yang lain.

    Strategi diferensia produk

    1. Bentuk

    Banyak sekali bentuk-bentuk produk yang ada di muka bumi ini, bentuk-bentuk itu bisa di contoh melalui, ukuran, model, atau juga struktur produk

    1. Fitur

    Anda harus membuat fitur yang sangat bagus agar pesaing tidak bisa meniru fitur anda. Dan apakah pelanggan suka dengan fitur baru yang akan anda buat.

    1. Mutu kinerja

    Anda harus merencanakan kinerja yang baik. Dengan adanya kinerja yang baik maka akan semakin baik pula mutu produk yang akan di pasarkan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri

    1. Mutu kesesuaian

    Tingkat kesesuaian harus sesuai dengan yang diminati oleh para pelanggan, agar pelanggan tidak merasa kecewa.

    1. Daya tahan

    Seberapa tahan produk yang anda buat dalam kondisi yang lama. Biasanya pelanggan akan membeli produk yang bertahan lama.

    1. Keandalan

    Produk yang anda buat tidak gagal atau bahkan rusak dalam jangka watu yang sudah di tetapkan.

    1. Mudah diperbaiki

    Konsumen pasti akan membeli produk yang bisa di perbaiki jika produk itu suatu saat akan rusak.

    1. Gaya

    Jika pelanggan akan membeli produk pelanggan akan merasa gaya yang di timbulkan dari produk akan semakin bagus untuk di pakai oleh pelanggan tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Cara untuk membedakan produk

    1. Manfaat

    Apa saja manfaat jika pelanggan menggunakan produk itu dibandingkan dengan produk milik pemasaran yang lainnya? Apakah manfaat nya lebih bagus atau bahkan lebih jelek dari produk milik anda.

    1. Desain

    Apakah produk anda mempunyai desain yang lain dan beda dari yang lain? Pelanggan harus puas dengan desain yang anda miliki, desain yang baru dan desain yang menarik itu lah yang pelanggan inginkan.

    1. Harga

    Harga yang di buat harus lebih rendah atau lebih tinggi? Harga harus sesuai dengan nilai dan kualitas suatu produk. Anda boleh menaikan harga jika pelanggan mengetahui bahwa produk anda memang berkualitas bagus.

    1. Kualitas

    Kualitas suatu produk adalah yang nomor satu, jika kualitas produk yang akan anda jual lebih bagus dari produk pesaing maka akan semakin banyak pelanggan yang akan membeli produk anda.

    1. Pelayanan pelanggan

    Anda harus melayani pelanggan dengan ramah dan sopan agar pelanggan mau dan betah untuk membeli produk milik anda. Jika anda melayani pelanggan dengan angkuh dan sombong maka pelanggan tidak akan membeli produk anda.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Diferensiasi Produk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar