Peran dan Fungsi Marketing Mix Serta Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin dari kita masih belum mengetahui apa itu marketing mix, karena istilah itu cukup asing bagi kita semua. Istilah marketing mix bisa diartikan menurut bahasa adalah bauran tentang pemasaran sedangkan menurut istilah marketing mix memiliki makna untuk strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu serta bersamaan tapi masih bisa dikendalikan.

    Hal ini juga bisa digunakan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan penjualan yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Karena itulah bagian pemasaran sangat menentukan sebuah kinerja perusahaan untuk supaya lebih berkembang. Di dalam marketing mix juga memiliki beberapa komponen utama. Komponen-komponen dari marketing mix bisa kita lihat sebagai berikut:

    • Produk

    Produk dapat diartikan sebagai sebuah bentuk dari usaha yang kita hasilkan dan kita jual belikan sehingga dapat bisa melengkapi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kita harus bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan juga memiliki keunikan tersendiri, dan selanjutnya dari produk yang kita hasilkan secara otomatis bisa meningkatkan daya saing dan keunggulan di pasaran.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Harga

    Harga juga mempengaruhi minat konsumen untuk membeli sebuah produk, dan harga dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk bisa mendapatkan produk yang kita tawarkan, dan besarnya nominal harga dapat ditentukan dari sebuah produk, contohnya adalah misalnya jika suatu produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus mungkin nanti nya akan di banderol dengan harga yang lumayan mahal dan begitu juga sebaliknya.

    • Tempat

    Tempat juga mempengaruhi berjalannya suatu perusahaan, dikarenakan tempat menunjukan letak tempat suatu perusahaan berdiri. Jika tempat perusahaan itu berdiri memiliki tempat yang strategi maka bisa perkirakan perusahaan tersebut bisa berkembang, dan saat distribusi barang pun cukup mudah dikarenakan memiliki tempat yang strategis. Dan para konsumen pun lebih mudah menjangkau tempat perusahaan tersebut sehingga di saat transaksi akan lebih mudah.

    • Promosi

    Sebuah perusahan harus lebih fokus terhadap pelaksanaan promosi dikarenakan, promosi itulah yang membuat ketertarikan konsumen terhadap produk yang di promosikan. Dan perusahaan harus lebih sedikit selektif dalam mempromosikan sebuah produk dan harus kreatif supaya produk yang dipromosikan menjadi menarik dan unik.

    • Orang

    Sumber daya manusia juga mempengaruhi maju atau mundurnya sebuah perusahaan di karenakan factor sdm sangat berperan penting bagi perusahaan dan juga bisa mengkhawatirkan sebuah perusahaan tersebut akan bangkrut. Maka dari itu perusahaan saling bersaing dalam mencari tenaga kerja dan siap membayar lebih jika tenaga kerja itu sudah ahli dalam bidangnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Bahasa Asing Prayoga

    Hal penting lainnya adalah sikap karyawan atau tenaga kerja dalam melayani seorang konsumen, hal tersebut harus di perhatikan oleh manajer perusahaan untuk sering melakukan peninjauan langsung kepada karyawan ataupun tenaga kerja.

    • Proses

    Proses disini dapat diartikan sebagai bagaimana sebuah perusahaan melayani suatu permintaan dari setiap konsumennya. Dimulai dari konsumen memesan hingga konsumen tersebut mendapatkan produk yang diinginkannya. Setiap perusahaan tidak semuanya sama dalam melayani konsumen. Setiap perusahaan melayani konsumen dengan cara mereka sendiri dan juga memiliki keunikan ataupun ciri khas tersendiri.

    • Tampilan Fisik

    Di dalam sebuah perusahaan tampilan fisik biasanya mempengaruhi dari segi bangunan serta penataan di dalamnya, tentunya suatu perusahaan akan menarik minat pengunjung. Dan harusnya bangunan perusahaan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga dapat memberikan suatu pengalaman untuk para pengunjung dan perusahaan bisa mendapatkan nilai tambah dari pengunjung tersebut.

    Peran dari marketing mix

    Marketing mix memiliki peran yang sangat penting dalam dunia usaha, karena tanpa adanya marketing mix sebuah perusahaan tidak bisa berjalan dengan lancar dan juga perusahaan bisa terkena hambatan dan selanjutnya apabila tidak di selesaikan oleh perusahan dengan cepat kemungkinan perusahaan tersebut akan bangkrut dengan kata lain gulung tikar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Fungsi dari marketing mix

    Di dalam fungsi marketing mix memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:

    • Fungsi Pertukaran

    Konsumen bisa membeli sebuah produk dari produsen dengan cara menggunakan uang ataupun dengan cara melakukan pertukaran barang atau sering disebut barter

    • Fungsi Perantara

    Di dalam marketing mix memiliki fungsi sebagai perantara yaitu bertujuan untuk menyampaikan produk yang berada di produsen kepada konsumen yang saling berkaitan satu sama lain.

    • Fungsi Distribusi

    Di marketing mix distribusi dapat dijelaskan yaitu seperti sebuah produk yang akan dikirim kepada konsumen yang melalui perjalanan yang selanjutnya produk tersebut sampai ke tangan konsumen.

    Contoh dari marketing mix

    • Contohnya adalah ketika kita membeli sebuah laptop yang seharga 10 juta pasti akan berbeda ketika membeli laptop dengan harga 5 juta, intinya sesuaikan harga yang tepat untuk sebuah produk yang akan kita jual.
    • Ketika sedang mau melakukan promosi, sebaiknya kita akan melakukan launching produk baru tersebut jika perlu sebuah perusahaan melakukan promosi secara besar-besaran sehingga daya tarik masyarakat terhadap produk itu meningkat.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran dan Fungsi Marketing Mix Serta Contohnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar