Bahasa Pemrograman dan Penjelasannya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bahasa pemrograman ialah instruksi yang bersifat standar bertujuan untuk memberi perintah pada komputer. Sesorang yang paham akan bahasa pemrograman, akan mudah bagi mereka untuk mengelola data, menyimpan, di teruskan, dan yang lainnya sesuai dengan apa yang di perintahkan.

    Komputer akan mengelola data-data yang di buat oleh sesorang. Bahasa pemrograman memiliki fungsi, fungsinya adalah sebagai bahasa yang memerintahkan komputer untuk mengelola data-data yang di dibuat oleh seseorang(sesuai dengan apa yang diminta atau yang di inginkan oleh orang tersebut) .

    Diatas adalah penjelasan dan fungsi dari bahasa pemrograman, bahasa pemrograman juga mempunyai generasi-generasi nya, tentu beberapa orang pasti tau akan hal ini, akan tetapi ada juga yang belum tau tentang generasi-generasi bahasa pemrograman ini, berikut adalah generasi bahasa pemrograman :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Bahasa pemrograman memiliki 5 :

    1. Generasi pertama, pada generasi ini dimana bahasa pemrograman pertama kali di buat yang biasa di sebut dengan Machine Language. Machine Language merupakan bahasa pemrograman yang sangat terendah. Bahasa pemrograman Machine Language sangat mudah di pahami oleh komputer, namun sangat susah untuk di pahami oleh manusia karena bahasa pemrograman ini berupa angka, umumnya manusia lebih cenderung menghafal nama dari pada angka
    2. Generasi kedua (assembly language) atau biasanya yang di sebut dengan bahasa rakitan. Bahasa pemrograman ini bisa di pahami oleh manusia karena bahasa ini dapat di baca melalui arsitektur komputer yang kita gunakan. Di pemrograman ini Setiap bahasa yang di gunakan berbeda-beda dan tentu saja tergantung dengan bagaimana arsitektur pada komputer yang di terap / digunakan.
    3. Generasi ketiga, bahasa pemrograman ini menggunakan yang namanya pendekatan prosedural, Maksudnya yaitu serangkaian yang berkaitan dengan perintah-perintah dengan cara berurutan. Nah dengan begitu sesorang di era generasi ini harus menggunakan kata-kata atau perintah yang lengkap dan juga rinci.
    4. Generasi keempat, yang biasanya di sebut dengan fourth-generation language atau biasa yang dikenali dengan nama 4GL. Di era generasi ini bahasa pemrograman di rancang khusus sebagai pengurang waktu pemrograman saat membuat program.
    5. Generasi kelima, Pada generasi ini, bahasa pemrograman di tuntun untuk menjadi lebih baik dengan menangani kecerdasan. Maksudnya komputer di tuntun untuk memahami atau meniru kecerdasan manusia.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Muhammadiyah Pekalongan

    Di atas merupakan penjelasan singkat tentang generasi-generasi pada bahasa pemrograman. Selain bahasa Pemrograman ada juga yang namanya tingkat bahasa dalam bahasa pemrograman, diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Bahasa tingkatan yang terendah, bahasa ini merupakan bahasa yang dimana sangat sulit sekali untuk dipahami oleh manusia, bahasa ini masih dikategorikan kedalam bahasa pemrograman generasi Assembly.
    2. Bahasa tingkatan yang tertinggi, bahasa ini merupakan dari antonim dari bahasa tingkatan terendah, di tingkatan terendah sangat sulit untuk dipahami akan tetapi di bahasa tingkatan yang tertinggi manusia masih dapat untuk memahaminya atau sedikit lebih mudah memahaminya. Contohnya seperti PHP, JAVA, dan PASCAL.
    3. Bahasa tingkatan yang menengah, bahasa tingkatan yang menengah merupakan bahasa yang dimana terbentuk dari perpaduan antara bahasa tingkatan yang terendah dan bahasa tingkatan yang terendah sehingga bahasanya tidak mudah dan tidak sulit juga untuk dimengerti oleh manusia atau pengguna (user).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Contoh 3 bahasa yang sering kita pelajari di sekolah ketiga diantaranya adalah :

    1. HTML, pembelajaran di HTML ini merupakan awal atau bagian utama dari pembelajaran tentang bahasa pemrograman, di HTML ini seseorang bisa membuat sebuah situs web atau bisa juga tempat sebagai untuk melatih kita membuat sebuah web.
    2. Java script, banyak orang mengatakan bahwa java script ini merupakan bahasa pemrograman yang paling termudah di kuasi. Fungsinya yaitu sebagai penambah fitur atau animasi-animasi yang menarik di dalam suatu web.
    3. PHP, sistem PHP ini sangat berguna bagi seseorang dalam membuat suatu web.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahasa Pemrograman dan Penjelasannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar