Sup Kelelawar Sumber Virus Korona di Wuhan, China?

Daftar Isi


    Sup kelelawar buah, sebuah kuliner yang populer di Kota Wuhan, China.


    JAKARTA-Sup kelalawar, sebuah kuliner yang populer di Kota Wuhan, disebut-sebut penyebab asal mulanya munculnya virus korona yang mematikan di Kota Wuhan, China.

    Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam Buletin Sains China, para ahli percaya kelelawar buah bisa menjadi tuan rumah bagi virus corona.

    Para ilmuwan percaya, "perantara" yang tidak diketahui "mungkin telah menyebarkan penyakit.

    Dikutip dari Daily Star via Mirror, muncul dugaan bahwa sup kelelawar adalah perantara tersebut, hal ini seiringan dengan munculnya cuplikan masakan yang tidak biasa secara online.

    Sebuah gambar aneh dari kelelawar yang menyeringai dengan bagian dalamnya yang matang mengambang di antara kaldu dalam mangkuk sebelum dikonsumsi oleh seorang wanita membalik perut di seluruh dunia.

    Sebuah klip memperlihatkan seorang gadis memasukkan salah satu makhluk tersebut ke dalam mulutnya dengan sumpit sambil makan bersama teman-teman memiliki reaksi yang sama.

    "Host alami coronavirus Wuhan bisa jadi adalah kelelawar... tetapi antara kelelawar dan manusia mungkin ada perantara yang tidak diketahui," kata pernyataan dari para ilmuwan yang diterbitkan di South China Morning Post, dikutip via Mirror pada Kamis (23/1/2020).

    Berita tentang sup kelelawar datang ketika Kantor Luar Negeri memperingatkan Brits untuk tidak melakukan perjalanan ke Wuhan di tengah kekhawatiran wabah global.

    Pemerintah China bahkan saat ini telah mengeluarkan larangan ke luar kota bagi masyarakat yang tinggal di Kota Wuhan, China. Bahkan, pemerintah juga menutup semua jaringan transportasi perkotaan dan menangguhkan penerbangan keluar dari kota.

    Sejauh ini, China telah mengkonfirmasi sebanyak 571 kasus virus dan 17 kematian.

    Virus tersebut juga telah menginfeksi sekitar 20 pekerja medis.

    Angka aktual kemungkinan akan jauh lebih tinggi, dengan ahli virologi terkemuka menduga miliaran hal bisa berisiko.

    Otoritas Tiongkok juga telah memerintahkan pemberhentian untuk keluar-masuk Wuhan, dan mobil-mobil telah diblokir oleh pemerintah setempat.

    Melansir Mirror pada Kamis (22/1/2020), Profesor Neil Ferguson, direktur Pusat Penelitian Medis untuk Analisis Penyakit Infeksi Global, mengatakan perkiraan jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Wuhan adalah sekitar 4.000, dengan kisaran antara 1.000 dan 9.700.

    Sementara itu, virus corona yang mewabah di China, diketahui telah tersebar hingga ke Jepang dan Thailand.

    Jenis virus ini menyebabkan wabah pneumonia, yang mengganggu pernapasan dan dinamai novel coronavirus atau 2019-nCoV.

    Adapun kabar terakhir tentang virus ini, dipastikan dapat menular dari manusia ke manusia.(rie)

    sumber: sosok.id


     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sup Kelelawar Sumber Virus Korona di Wuhan, China?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar