Penerapan Logika dan Algoritma Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era ini komputer digunakan hampir semua bidang kehidupan manusia sehari hari, baik dalam bidang untuk pendidikan, bisnis, sampai pada sebuah permainan. Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah sebuah data menurut aturan yang sudah dirumuskan. Artinya komputer mampu mengerjakan perintah yang manusia instruksikan karena komputer dilengkapi dengan pemrograman komputer yang sebelumnya telah dibuat.

    Manusia harus memberikan serangkaian instruksi agar mesin komputer mampu memecahkan suatu masalah.  Langkah demi langkah yang harus dilakukan dalam memecehkan seuah permasalahan inilah yang disebut sebagai pemrograman komputer. Mulai dari mendeskripsikan suatu masalah, lalu menentukan solusi, memilih algoritma, menguji, menulis dokumentasi dan merawat program.

    Akan tetapi, sebelumnya yang perlu dilakukan adalah membuat flowchart dan psedoucode untuk memudahkan dalam memahami algoritma dan memudahkan memahami komputer. lalu apa itu algoritama? Algoritma merupakan urutan dalam langkah – langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Agar komputer mampu mengerjakan perintah yang akan dieksekusi, diperlukan program. Dalam pembuatan program harus menggunakan algoritma.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Penulisan algoritma tidak berpedoman pada bahasa pemrograman apapun. Teks algoritma berisi langkah-langkah menyelesaikan masalah. Langkah-langkah ini dapat ditulis dengan bahasa apapun asalkan mudah untuk dipahami. Algortitma digunakan agar mengkonversikan suatu masalah kedalam bahasa pemrograman. Algoritma bukan hanya diguanakan pada komputer, di kehidupan sehari- hari pun manusia secara tidak langsung sudah menggunakan algoritma.

    Pada kehidupan sehari-hari banyak dijumpai proses yang menyatakan algoritma. Contohnya saat sesorang ingin memasak sebuah makanan, untuk mencapai sebuah makanan yang enak dan lezat maka sesorang tersebut harus mengetahui langkah-langkah untuk menyelesaikan masakan tersebut dengan benar.  Langkah langkah untuk menyelesaikan masakan itu juga disebut sebuah algoritma.

    Logika adalah sebuah penalaran. Logika dan algoritma adalah dua hal saling berkaitan antara satu dan lainnya. Untuk menyelesaikan algoritma diperlukan sebuah penalaran yang baik agar mudah dimengerti. Melaksanakan algoritma berarti mengerjakan langkah – langkah dengan mengikuti proses sesuai algoritma tersebut. Algoritma banyak digunakan pada bidang komputer, banyak ilmu computer yang mengarah pada terminologi algoritma.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Katolik Soegijapranata

    Penyajian algoritma dapat dilakukan dengan tulisan dan gambar. Penyajian dengan tulisan dapat melalui bahasa tertentu yang mudah dipahami dan menggunakan psedocoude. Penyajian melalui gambar dilakukan melalui flowchart. Flowchart merupakan sebuah bagan yang berisi setiap hubungan alur atau proses. Gambar pada flowchart dinyatakan dengan symbol dan setiap symbol memiliki arti atau kegunaan yang berbeda-beda.  Setiap symbol menyatakan proses tertentu.

    Dan antara satu symbol dengan simbol lainnya dihubungkan dengan sebuah garis penghubung. Flowchart berguna untuk memudahkan dalam memahami dan mudah mengetahui saat melakukan pengecekan pada bagian-bagian yang terlupakan ketika melakukan analisis masalah Pada algoritma tidak menggunakan symbol- symbol maupun sintaks dari bahasa pemrograman. Artinya algoritma bersifat umum dan tidak bergantung bahasa pemrograman manapun.

    Sehingga notasi –notasi algoritma dapat digunakan pada bahasa pemrograman apapun seperti java, c++, python dan lain sebagainya. Struktur algoritma berisi langkah-langkah. Langkah – langkah tersebut dapat berupa struktur runtunan aksi (sequence), struktur  pemilihan aksi (selection),  struktur pengulangan aksi (iteration) atau campuran dari ketiganya. Struktur dasar algoritma ada 3, yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Runtunan aksi, digunakan pada program yang pernyataannya adalah sebuah aksi
    2. Runtunan pemilihan, digunakan pada program yang melakukan sebuah pemilihan
    3. Runtunan pengulangan, digunakan pada program yang akan dieksekusi secara berulang-ulang

    Logika dan algoritma diterapkan pada pemrograman komputer. Contoh penerapan algoritma pada program komputer seperti :

    • Algoritma pencarian yang diterapkan untuk melakukan pencarian suatu kata di software word processor
    • Algoritma untuk mengurutkan data pada software lembar kerja
    • Algoritma pada situs e-commerce untuk merekomendasikan barang pada pembeli
    • Algoritma untuk mencari nilai terbesar
    • Algoritma pada sebuah program untuk mengenali wajah atau sidik jari.(Eka)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerapan Logika dan Algoritma Komputer
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    40%

    Terinspirasi

    20%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar