Etika Bisnis Online Bagi Penjual dan Pembeli

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di tengah perkembangan era yang kian canggih, hamper segala di berbagai sektor semakin modern, termasuk pasar. Bahkan, para pedagang masih bisa berdagang meski tidak memiliki toko dengan etalase kaca untuk produk yang dijualnya. Menariknya, tidak butuh modal hingga jutaan rupiah setiap orang bisa menjadi pedagang yang sukses.

    Ya, pasar kekinian tidak lagi membutuhkan lapak, kios atau toko yang dipenuhi etalase kaca untuk berdagang. Hanya bermodalkan tekad, semangat serta jaringan internet setiap orang bisa menjajakan dagangannya.

    Untuk membeli pun, produk yang diinginkan dapat dibeli dari mana saja. Anda tidak lagi mengeluarkan ongkos lebih, uang parkir, atau waktu khusus agar dapat mengunjungi toko tertentu.

    Bisnis ini dinamakan bisnis online atau digital marketing, yakni kegiatan menjual dan membeli yang memanfaatkan berbagai platform media sosial hingga membuat website khusus dengan menggunakan jaringan internet.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Meski cara kerjanya sangat sederhana, nyatanya ada etika atau rambu-rambu yang harus dipatuhi dalam berbisnis online baik bagi penjual maupun pembeli. Nah, untuk itu ada beberapa etika bisnis online agar dipatuhi oleh penjual dan pembeli seperti yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia berikut ini:

    Etika Bisnis Online Bagi Penjual

    Saat memutuskan masuk dalam bisnis online, tentunya ada hal-hal yang harus dipersiapkan secara matang, termasuk mengetahui maupun memahami etika bisnis online yang harus diterapkan sebagai penjual.

    Layaknya berbisnis secara offline, penjual bisnis online juga akan sangat sering melakukan komunikasi dengan orang banyak. Sayangnya, kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan konsumen sangat kecil, bahkan bisa dikatakan tidak akan terjadi. Sebab itu, sangat penting menerapkan etika bisnis online agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen, di antara sebagai berikut:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Graha Karya

    1. Ramah

    Meski tidak bertemu secara langsung, Anda akan tetap menemukan berbagai karakter dari konsumen. Sebab itu, Anda harus bersikap dengan ramah kepada konsumen. Untuk calon konsumen, sikap ramah yang selalu ditunjukkan penjual akan memberikan kesan baik.

    1. Jujur

    Dalam bidang usaha apapun kejujuran merupakan hal penting yang harus diterapkan, bahkan saat berinteraksi sehari-hari. Pada bisnis online, jujur juga menjadi poin penting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Sebab itu, saat memuat deskripsi terkait produk yang dijual, sebaiknya jelaskan dengan benar.

    1. Kemas Produk dengan Rapi

    Setelah mendapatkan pesanan dari konsumen, sebagai ucapan terima kasih untuk konsumen karena sudah membeli produk Anda, sebaiknya bungkus dan kemaslah produk secara rapi sehingga konsumen akan merasa senang dan kembali berbelanja di toko online Anda. Selain itu, produk yang dikemas dengan rapi akan sampai dengan selamat hingga ke tangan konsumen.

    Etika Bisnis Online Bagi Pembeli

    Tak hanya untuk penjual, etika bisnis online juga diberlakukan bagi pembeli. Berikut uraiannya:

    1. Sabar

    Tidak hanya pedagang, pembeli juga harus bersabar agar dapat ditanggapi dengan baik oleh penjual. Untuk toko online terkenal, mungkin respon yang diberikan dalam waktu singkat, karena banyak calon konsumen yang harus ditanggapi, bahkan dalam waktu bersamaan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sebab itu, bersabarlah dan hindari mengirim pesan berulang-ulang. Tunggu saja, pesan Anda pasti akan ditanggapi dengan baik.

    1. Jangan Jadi Pembeli Hit and Run

    Kebanyakan pembeli cenderung menjadi pembeli yang hit and run, yakni menghilang setelah banyak bertanya tentang produk dan lari ketika ditanyai kepastian oleh penjual online.

    Jika memang tidak ingin membeli, sebaiknya jujur saja kepada penjual online bahwa Anda hanya menyukai produk yang dijual. Tapi jika kamu ingin membeli namun mengurungkan niat untuk membeli, jangan langsung menghilang. Sebaiknya, jujurlah pada penjual online.

    1. Ucapkan Terima Kasih

    Memang terdengar sepele, namun bagi penjual online ucapan terima kasih dari pembeli menimbulkan kesan yang cukup berarti. Sebagai pembeli, Anda bisa mengucapkan terima kasih setelah berinteraksi dengan penjual. Dengan demikian, penjual online akan merasa senang menanggapi pesan Anda.

    Demikian beberapa etika bisnis online bagi penjual dan pembeli. Memang terkesan sederhana, namun sangat penting untuk diterapkan dalam berbisnis online. Layaknya berbisnis di dunia nyata, baik penjual maupun pembeli harus saling menghormati, bukan?(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Bisnis Online Bagi Penjual dan Pembeli
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar