Ciri-Ciri Senyawa Anorganik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian telah mempelajari senyawa anorganik di bangku sekolah, namun mungkin dari kalian belum mengetahui apa itu senyawa anorganik. Senyawa anorganik adalah suatu zat yang telah menggabungkan dua atau lebih sebuah unsur kimia.

    Senyawa ini biasanya memiliki asal dari makhluk hidup yang sering disebut dengan organisme. Dan juga senyawa anorganik merupakan senyawa yang tidak mempunyai rantai karbon yang panjang disini senyawa tersebut. Dan senyawa anorganik terdiri dari beberapa karbon, dan senyawa anorganik tidak mengandung unsur karbon yang dekat pada hidrogen. Senyawa ini berdiri dari sebuah zat-zat seperti garam, air, dan karbon dioksida.

    Perbedaan senyawa organic dan senyawa anorganik

    Dari kesimpulan yang ada perbedaan senyawa organik dan senyawa anorganik meliputi sebagai berikut:

    • Senyawa organik berasal dari aktivitas makhluk hidup, sementara senyawa anorganik adalah dibuat oleh sebuah proses alami yang tidak berkaitan dari bentuk hidup apapun atau dari hasil percobaan manusia di laboratorium.
    • Dari senyawa anorganik bisa membuat sebuah garam, sedangkan senyawa sebaliknya tidak bisa.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Unsur senyawa organik mengandung menggandung sebuah karbon, sedangkan senyawa organik tidak.
    • Unsur senyawa organik memiliki sebuah ikatan dari zat karbon dan zat hidrogen, sedangkan anorganik tidak.
    • Unsur senyawa anorganik mengandung sebuah atom logam. Sedangkan senyawa sebaliknya tidak.
    • Unsur senyawa organik memiliki sifat biologis dan unsur anorganik adalah suatu mineral dari alam.
    • Unsur senyawa organik merupakan bagian dari senyawa kimiawi yang berasal dari molekul yang mengandung zat karbon dan zat hidrogen, sedangkan senyawa anorganik meliputi dari senyawa yang mengandung logam.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Graha Karya

    Sebagian senyawa anorganik merupakan senyawa ion, ini menunjukan bahwa adanya ikatan kimia yang mengikat pada atom yang merupakan sebuah senyawa ion. Dan unsur senyawa anorganik memiliki sifat-sifat diantara lain sebagai berikut.

    • Mengandung karbon.
    • Dari sebagian besar membentuk sebuah ion, dan kavalen juga termasuk.
    • Memiliki titik leleh yang sangat tinggi.
    • Dan juga tidak mudah terbakar dan tidak mudah mengeluarkan uap dan juga menjadi konduktor yang panas dan listrik yang lebih baik di larutan air.

    Dan salah satu sifat fisika yaitu sebagai berikut:

    Saat di masa lalu untuk mengakterisasi senyawa adalah dengan menggunakan rasa dan bau, Tetapi di zaman sekarang hal tersebut tidak digunakan dan tidak juga direkomendasi dikarenakan toksitas senyawa yang baru. Dan sifat fisika berguna untuk membedakan antara sebuah senyawa ion dan sebuah senyawa non ion adalah mudah dihancurkan. Ketika saat dihancurkan dengan sebuah alat. Dan kebanyakan senyawa ion akan bisa membuat mudah dihancurkan dan sebaliknya senyawa non ion akan membuat tidak mudah dihancurkan hal bisa dibuktikan pada garam yang memiliki unsur azida.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Ciri senyawa anorganik

    • Titik didih atau titik lebur : di dalam sebuah unsur senyawa anorganik biasanya memiliki sifat ioni, dan sehingga dapat memiliki titik didih yang cukup tinggi, dan sementara dari beberapa senyawa anorganik memiliki sifat yang padat dari titik didih yang dapat dengan mudah diakses dan beberapa adalah termasuk cairan dengan titik didih yang masuk akal. secara umum, titik didih dan titik leleh tidak ada manfaatnya saat sedang mengidentifikasi sebuah unsur senyawa anorganik.
    • Warna : di dalam sebuah unsur senyawa anorganik berbeda dengan dari dengan banyak senyawa lainnya dan termasuk dengan senyawa organik yang memiliki warna, dan warna saja bukan untuk menunjukan sebuah indicator yang bisa diandalkan dari identitas dari suatu senyawa, tetapi juga berguna saat sedang mengikuti saat pemisahan pada sebuah kolom.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri-Ciri Senyawa Anorganik
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar