Masyarakat Pekanbaru Geger, Ada Jejak Harimau di Tenayan Raya

Daftar Isi

    PEKANBARU-Si Raja Rimba, 'Inyik Belang' sepertinya terus berkeliaran di batas-batas Kota Pekanbaru. Beberapa bulan lalu, masyarakat Jalan Uka, Jalan Garuda Sakti dibuah heboh dengan penemuan jejak harimau.

    Belum hilang rasa ini, beberapa hari sesudahnya kembali ditemukan jejak harimau di Desa Kualu Nanas, Kecamatan Tambang dan kemudian di perbatasan Kota Pekanbaru dengan Kampar di Desa Karya Indah Tapung.

    Jejak harimau kembali membuat geger masyarakat yang tinggal di dekat kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kecamatan Tenayan Raya. Temuan ini bahkan videonya viral di media sosial. Video ini diambil pada tanggal 16 Januari 2019 sore.

    Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau kemudian menindak-lanjuti hal ini dan melakukan indentifikasi di lokasi.

    "Hasilnya, memang ditemukan jejak yang diduga merupakan jejak Harimau Sumatera dengan ukuran panjang 14cm dan lebar 12cm," kata Kepala Bidang (Kabid) Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro pada Jumat (17/1/2020) seperti dilansir dari Tribunpekanbaru.

    "Ya bisa dipastikan (jejak harimau)," sambung Heru lagi.

    Dijelaskan Heru, jejak itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Sugito.

    Dimana jejak itu, berada di lokasi kebun pisang miliknya.

    "Tapak tersebut sudah ada sekitar 3 hari di kebunnya, namun beliau baru melaporkan temuan jejak tersebut ke security PLTU Tenayan Raya pada tanggal 16 Januari 2020," tutur Heru lagi.

    Lanjut dia, terkait temuan itu, tim sudah mengambil sejumlah dokumentasi lapangan, dan melakukan pengukuran terhadap jejak tersebut.

    "Tim juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait kemunculan satwa Harimau Sumatera," bebernya.

    Heru juga mengimbau kepada masyarakat, apabila kembali menemukan jejak baru atau sisa kotoran, agar segera menginformasikannya ke petugas BBKSDA Riau.

    Sementara itu Heru menambahkan, jarak lokasi temuan jejak dengan Taman Hutan Raya (Tahura) Minas, yang merupakan habitat Harimau Sumatera, sekitar 16 km.

    Ada indikasi, satwa dilindungi itu berasal dari kantong harimau di sana.

    "Jaraknya 16 km dari Tahura Minas dan lansekap diantaranya kebun, hutan Chevron dan semak belukar," tutupnya.(rie)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masyarakat Pekanbaru Geger, Ada Jejak Harimau di Tenayan Raya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar