Manfaat Keanekaragaman Hayati

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Manusia hidup di bumi pasti sangat memerlukan segala jenis keanekaragaman hayati, sumber daya hayati, pupuk hayati dan masih banyak yang lain yang di perlukan manusia untuk bertahan hidup di bumi.  Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita telah di berikan segala kebutuhan yang kita perlukan untuk bertahan hidup, kita sebagai makhluk-Nya kita harus menjaga dan merawat sebaik-baiknya apa yang telah di berikan kepada kita.

    Berikut adalah manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia.

    1. Sebagai sumber pangan

    Setiap manusia sangat membutuhkan sumber pangan, karena manusia mendapatkan energi setelah manusia memakan atau mengkonsumsi sesuatu yang telah di makan, jika tidak makan manusia tidak punya tenaga untuk beraktivitas. Contoh bahan pangan bagi kehidupan manusia dari jenis hewan maupun tumbuhan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Makanan berkabohidrat: Jagung, singkong, umbi-umbian, sagu dan lain-lainnya
    • Makanan berprotein: Daging ayam, daging sapi, ikan dan udang
    • Sayur-sayuran:  Kacang panjang, wortel, bayam, dan masih banyak lagi jenis sayuran
    • Buah-buahan: Timun, semangka, pepaya, jeruk, apel dan lain sebagainya.
    • Minuman yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita contoh nya susu sapi
    1. Sebagai sumber sandang

    Kebutuhan kedua adalah sandang yaitu pakaian. Dahulu kala pakaian manusia terbuat dari tumbuhan dan hewan, seiring berjalannya waktu dan zaman semakin canggih manusia pun membuat pakaian dari bahan-bahan sintetis. Tapi masih ada juga sebagian yang menggunakan bahan dari tumbuhan dan hewan. Contoh nya sebagai berikut

    • Kain yang terbuat dari kapas dari tanaman randu
    • Benang sutra dari ulat sutra
    • Kain tenun dari serat tumbuhan
    • Jaket wol dari domba
    • Tas kulit dari buaya dan ular
    • Aksesoris dari sisa-sisa tulang hewan

     Baca Juga : Akreditasi Jurusan di Sekolah Tinggi Teknik Bima

    1. Sebagai sumber papan

    Sumber papan adalah tempat tinggal manusia, manusia pasti sangat membutuhkan tempat tinggal untuk tempat peristirahatan, jika tidak ada rumah kita bisa terkena hujan saat hujan turun dan terkena panasnya sinar matahari, bahkan jika terus terkena air hujan kita bisa saja jatuh sakit. Masih banyak juga orang di luar sana yang tidak mempunyai rumah mereka terpontang-panting kesana kemari. Oleh karena itu manusia juga membutuhkan sumber papan sebagai sumber kehidupan.

    1. Sebagai sumber pendapatan

    Sumber pendapatan bisa di sebut sebagai manusia yang melakukan suatu pekerjaan dan menerima upah/gaji. Manusia memerlukan upah untuk membeli makanan, dan perlengkapan rumah lainnya. Banyak pekerjaan yang bisa di lakukan.

    1. Sebagai bahan obat-obatan

    Saat kita sakit yang kita lakukan adalah meminum obat bukan nya hanya membiarkan penyakit itu.  Sampai sekarang banyak obat-obatan yang masih menggunakan obat alami yang terbuat dari berbagai tumbuh-tumbuhan. Tanaman obat tersebut bisa kita tanam di rumah kita. Seiring berjalan nya waktu semakin banyak manfaat yang berkhasiat yang di ketahui. Obat yang terbuat dari tanaman sangat lah aman dan kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Contoh tanaman yang bisa di jadikan obat-obatan adalah:

    • Jahe
    • Kunyit
    • Mengkudu
    • Kayu putih
    • Kencur
    • Temulawak
    • Daun sirih
    • Alang-alang

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Sebagai bahan kosmetik

    Bagi perempuan kosmetik sangat lah penting, perempuan sangat peduli dengan kulit dan kecantikan. Tapi alangkah baiknya jika kosmetik itu terbuat dari bahan yang alami ya, supaya tidak membahayakan bagi tubuh kita. Lidah buaya bagus untuk menutrisi rambut. Bengkoang juga bagus untuk kulit.

    1. Sebagai sumber ilmu pengetahuan

    Manusia bisa lebih mendalami setiap kegunaan dan manfaat hewan dan tumbuhan. Dengan selalu meneliti berbagai jenis hewan maupun tumbuhan semakin banyak ilmu dan manfaat yang kita ketahui.

    1. Sebagai aspek budaya

    Indonesia terkenal dengan beragam-ragam budaya nya, budaya di Indonesia masih ada yang menggunakan tanaman dan hewan. Saat kita pergi ke pemakaman kita bisa memanfaatkan bunga mawar dan bunga melati untuk di taburkan.

    1. Sebagai penyeimbangan ekosistem

    Penyeimbangan ekosistem juga sangat penting, jika makhluk hidup merasa terancam maka akan mengganggu keseimbangan ekosistem. Apabila ekosistem tidak seimbang makan manusia akan sangat rugi dan akan mendatangkan bencana.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Keanekaragaman Hayati
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar