Struktur Dasar Tag Pada HTML

Daftar Isi

    LancangKuning.com - HTML (Hyper Text Markup Language) adalah pemrograman dasar yang berbentuk text dimana sesorang bisa membuat sebuah web yang sederhana dan bisa di akses orang lain untuk menggali suatu informasi dan lainnya. HTML mirip dengan word sama-sama menggunakan berbasis text.

    HTML lebih menuju ke penggambaran tentang struktur dan format dalam suatu web dan HMTL ini memiliki kode yang beragam, kode itu di antaranya sebagai mencantumkan foto di dalam web, video, bisa menambahkan suara, membuat tulisan warna warni dan membuat variasi pada web seperti text berjalan, back ground foto, text kedib-kedib, dan banyak lagi kalian bisa search di google tentang pengkodean di HTML.

    Dalam pembuatan HTML menggunakan aplikasi yang bernama notepad, anda bisa cari aplikasi nya di windows masing-masing, di notepad ini lah kita akan membuat sebuah website tersebut menggunakan text. Namun di HTML ada juga kelebihan dan kekurangan nya diantaranya adalah sebagai berikut:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelebihan dari HTML

    • Standar web yang sudah resmi
    • Bahasa yang rapi serta tetap konsisten
    • Bahasa yang di gunakan sangat luas sehingga banyak sumbernya
    • Dan lain-lain

    Kekurangan dari HTML

    • Fitur baru yang tidak bisa di gunakan secara langsung / cepat
    • Memiliki tag yang banyak sehingga susah untuk di pelajari bagi yang masih baru
    • Mendapatkan hasil halaman yang statis jika ingin hasil yang dinamis menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti JAVA script dan sebagainya.

    Setiap HTML memiliki yang namanya tag dasar yang terdiri dari tag html, tag head, dan tag body ketiga tag ini memiliki fungsi masing-masing dalam pembuatan sebuah web.

    contoh sederhana nya :< !DOYTYPE html>

    <html>

    <head>

    <title> title dari website kalian</title>

    </head>

    <body>

    <center>

    <p> <center>judul website </center></p>

    </body>

    </center>

    </html>

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Abulyatama

    Nahh, dari contoh diatas itulah yang dinamakan kode kode tagnya namun, di diatas ada <P> p ini berfungsi sebagai paragraf<center> berfungsi untuk merata tengah tulisan dan </title> </head></P></html>  dan garis < / > ini sebagai penutup dari pengkodean, contoh nya html yang di bawah sekali jika tidak di kasi tanda < / > maka website yang kita buat tidak akan berkerja atau tidak jadi

    Tag DOYTYPE singkatan dari Document Type Declaration berfungsi sebagai untuk memberi pemberitahuan ke browser bahwa dokumen yang aku diolah / di proses ialah dokumen HTML

    Tag html pada awal berfungsi untuk membuka awal dari website yang kita tulis dan tentunya setelah pembuka maka ada penutupnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas

    Tag head berfungsi sebagai pengisi definisi pada halaman website yang akan kalian buat, dan di bawahnya terdapat tag title yang berfungsi untuk memberikan judul di halaman web yang akan kita buat.

    Tag body berfungsi sebagai elemen-elemen yang akan di tampilkan di website yang kita buat, contoh nya seperti tabel. Paragraf, link, gambar dan lain sebagainya intinya sebagai isi web yang akan kita buat, dan di sini lah banyak waktu yang akan kita gunakan karena di dalam pembuatan web site kita.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Di bawah ini adalah Coding-coding dalam pembuatan web variasi HTML

    Contoh teks berjalan dari kanan ke kiri dan berwarna>

    <marquee bgcolor=”warna yang kamu inginkan” width=”600”>apa yang anda pikirkan</marquee><br>

    <marguee vspace =”15” bgcolor=”warna” width=”600”>apa yg anda pikirkan</marquee><br>

    <marquee vspace=”20”bgcolor=”warna”width=”600”>apa tg anda pikirkan<.marquee>

    Nah selain itu masih banyak lagi coding-coding nya lagi, ini merupakan masih tampilan yang sederhana masih banyak contoh-contoh lainnya anda bisa search di google, di google banyak sekali coding-coding variasi yang lebih bagus dan tentunya bisa memperindah website yang akan anda buat.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Dasar Tag Pada HTML
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar