Macam-Macam Magnet Berdasarkan Sifatnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Magnet merupakan sebuah benda atau objek yang dimana benda ini mempunyai suatu kekuatan yang dapat menarik benda lain yang memiliki sifat logam yang sedang berada di sekitar area medan magnet, namun hal ini tidak berpengaruh terhadap oksigen cair yang memiliki sifat logam, berdasarkan pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa tidak semua objek berbentuk yang mempunyai sifat logam dapat tertarik ke area yang menjadi titik utama magnet itu sendiri.

    Magnet ini memiliki titik kekuatan yang dikatakan sebagai medan magnet. Magnet pada dasarnya memiliki dua (2) ujung yang dikatakan sebagai kutub, ujung tersebut ialah ujung kutub utara dan juga ujung kutub selatan. Walaupun magnet ini dipotong-potong hingga menjadi bagian yang paling kecil sekalipun magnet ini akan tetap mempunyai dua (2) ujung kutub.

    Magnet ini sendiri mempunyai satuan yang menjadi intensitasnya yang didasarkan menurut suatu sistem metrik terhadap Satuan Internasional atau (SI) yakni “Tesla”. Magnet sangat berpengaruh terhadap beberapa teknologi lainnya, dikarenakan teknologi tersebut memanfaatkan dan menjadikan magnet sebagai benda yang mengambil peranan penting dari alat tersebut, misalnya bel listrik yang digunakan pada rumah, dinamo yang terdapat pada sepeda, dan objek jenis lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Magnet ini juga memiliki jenis yang berbeda loh, hal ini dapat dilihat berdasarkan sifat dari magnet tersebut. Setelah ini penjelasan terhadap pembagian jenis-jenis magnet apabila didasarkan pada sifatnya.

    1. Magnet yang bersifat tetap, maksudnya magnet jenis ini tidak membutuhkan energi dari benda lain untuk mendapatkan atau menciptakan daya tarik magnet. Adapun magnet yang hingga saat ini mempunyai sifat tetap yakni :

    • Magnet neo yang merupakan sebuah magnet yang saat ini dikatakan paling kuat dan juga merupakan magnet yang sejenis terhadap magnet tanah jarang dimana magnet ini terbentuk dan terbuat berdasarkan campuran dari logam neodymium.
    • Yang kedua ini merupakan gabungan atas dua (2) magnet bumi yang sangat langka dan sukar didapatkan, dimana magnet ini merupakan magnet yang memiliki sifat tetap dan yang terkuat yang terbentuk dari kolaborasi antara samarium dan kobalt, hingganya magnet ini dinamakan sebagai magnet samarium-cobalt.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ichsan

    • Magnet Alnico
    • Plastic Magnet
    • Magnet Keramik

    2. Selanjutnya ialah magnet yang bersifat tidak tetap, dimana magnet yang bersifat tidak tetap ini memiliki ketergantungan terhadap medan listrik untuk menciptakan area medan magnet sebagai pusat daya tarik dari magnet tersebut. Dapat kita contohkan seperti benda elektromagnet.

    3. Magnet yang dibuat, dimana magnet yang satu ini kerap mencakup semua magnet yang sudah ada hingga pada saat ini. Magnet jenis ini juga mempunyai beberapa bentuk sehingga menjadikan bentuknya sebagai daya tariknya tersendiri. Adapun bentuk magnet yang dibuat ialah :

    • Magnet berbentuk jarum
    • Magnet berbentuk seperti huruf “U”
    • Magnet berbentuk batangan
    • Magnet berbentuk lingkaran
    • Magnet berbentuk seperti ladam

    Cara membuat sebuah magnet juga gampang loh, adapun beberapa cara yang bisa dipraktekan di rumah yakni :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Dengan cara menggosokkan magnet kepada benda yang bersifat logam secara searah saja.
    • Dengan cara melakukan induksi magnetik.
    • Dengan menggunakan sebuah paku, kawat, dan baterai. Dimana kawat dililitkan kepada paku dengan lilitan yang sangat rapat, kemudian dialiri listrik dari energi baterai tadi, kemudian tempelkan ujung paku dengan sebuah benda yang harus pasti di dalamnya terkandung unsur logam agar dapat tertarik.

    Tidak hanya dapat dibuat saja, berdasarkan faktanya sifat kemagnetan terhadap suatu benda dapat saja hilang apabila melakukan hal-hal berikut :

    • Membakar magnet, apabila kita membakar atau memanaskan magnet sampai ke suhu curie, maka sifat kemagnetan benda tersebut akan hilang.
    • Membanting benda yang memiliki sifat kemagnetan secara terus-menerus.
    • Memukul-mukul benda tersebut secara berulang-ulang.
    • Sifat kemagnetan akan menghilang apabila disatukan dengan kumparan lilitan kawat yang beralirkan arus listrik bolak-balik.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Magnet Berdasarkan Sifatnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar