ACT Bangun Sumur Wakaf di Palestina

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, KHAN YUNIS – Di sekolah Tariq bin Ziyad, jumlah muridnya mencapai lebih dari 1.500 anak. Sekolah tersebut terletak di Kota Khan Yunis, Palestina. Sudah lama tempat pendidikan yang menampung ribuan murid asal Palestina itu kekurangan air. Air bersih memang menjadi sumber kehidupan utama bagi manusia. Di Khan Yunis dan wilayah Palestina pada umumnya, air merupakan barang langka.

    Baca Juga: 'Sengketa Natuna Tak Akan Pernah Selesai'

    Untuk itu, Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Desember 2019 lalu membangun Sumur Wakaf di tanah Palestina. Sumur ini akan menjadi salah satu sumber air yang dapat dikonsumsi, khususnya bagi murid dan guru di sekolah Tariq bin Ziyad.

    Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACTmengatakan, sudah sejak lama sekolah Taqir bin Ziyad mengalami krisis air. Keran air di sekolah itu tak mengeluarkan air.

    Baca Juga: AS Deportasi Puluhan Tentara Arab Saudi

    Tempat penampungan air juga sering kosong. “Dengan adanya sumur wakaf ini, nantinya murid dan guru sekolah dapat menikmati air bersih secara gratis sepanjang tahun,” jelasnya, Sabtu (11/1).

    Foto: Kran air disekolah Tariq bin ziyad yang mengering karena tak adanya pasokan air bersih, kejadian ini terjadi sepanjang tahun karena krisis air bersih di Palestina

    Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan air, pihak sekolah harus membeli. Harganya pun tak murah karena air merupakan barang langka di Palestina. Pihak pemerintah juga tak dapat berbuat banyak karena mereka mengalami krisis air sejak adanya blokade dan konflik kemanusiaan antara Israel dan Palestina.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Perlu diketahui, 97 persen air di Palestina saat ini tercemar limbah dan bahan kimia berbahaya. Air ini tak dapat dikonsumsi makhluk hidup.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    ACT sendiri sebelumnya telah secara rutin melakukan distribusi air bersih ke berbagai wilayah di Palestina. Menggunakan Humanity Water Tank, air bersih ini didistribusikan, khususnya di lokasi yang sangat terdampak parah krisis air bersih. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel ACT Bangun Sumur Wakaf di Palestina
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar