Unsur – Unsur Kebugaran Jasmani

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kebugaran jasmani adalah kemampuan kesanggupan seseorang dalam melakukan sesuatu (aktivitas) tanpa mengalami  kelelahan yang berarti , aktivitas yang dilakukan merupakan aktivitas dalam kehidupan sehari hari seperti push up , site up, back up, dan sebagai nya, manfaat dari kebugaran jasmani sangat banyak di antaranya adalah:

    1. Terhindarnya dari berbagai penyakit
    2. Meningkatkan mood dan daya energy
    3. Menurun resiko terjadinya kanker
    4. Menurun kandungan lemak yang jahat di dalam tubuh
    5. Menambah atau meningkatnya stamina di dalam tubuh
    6. Meningkatkan daya tahan tubuh
    7. Mengatasi depresi
    8. Menurunkan tekanan darah tinggi dsb.

    Unsur – Unsur dari kebugaran jasmani

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Kekuatan atau biasa di sebut dengan Strength

    Kekuatan ialah saat kita melakukan aktivitas yang berat kita perlu kondisi tubuh yang baik dalam menggunakan otot dalam memaksimalkan tenaga tenaga yang akan beraktifitas. Latihan untuk memperkuat atau melatih kekuatan fisik yaitu:

    1. Push up              : push up melatih otot lengan

    2. Sit up                 : melatih otot perut

    3. Back up             : melatih otot perut

    4. Angkat beban    : melatih otot tangan

    1. Daya tahan atau biasanya disebut dengan Endurance

    Kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu dengan waktu  yang lama tanpa merasakan  kelelahan yang berarti , contoh latihan nya yaitu berlari hinggap 5km tapi, jika ingin latihan daya tahan tubuh biasakan latihan nya teratur contoh nya 3X dalam seminggu

    1. Kecepatan atau biasanya disebut dengan Speed

    Kecepatan adalah kesanggupan seseorang dalam berlari yang dimana menggunakan kecepatan semaksimal mungkin, semakin cepat ia belari semakin sedikit waktu yang ia butuhkan.

    1. Kelincahan atau Agility

    Kemampuan sesorang dalam melakukan gerakan contoh nya dari kanan ke kiri atau dari belakang ke depan contoh olahraga dalam bentuk kelincahan, basket, bulu tangkis, bola kaki atau pun futsal dan sebagainya. Latihan yang bisa membuat seseorang dapat meningkatkan kelincahan nya yaitu lari zigzag dan naik turun tangga.

    1. Kelenturan atau Flexibility

    Kelenturan ini biasanya menunjukkan seberapa baik tubuh kita dalam melakukan kelenturan hingga dapat melakukan aktivitas kelenturan tersebut contoh saja seperti senam dan yoga itu gerakannya membutuhkan yang namanya kelenturan, hamper semua dalam olah raga juga perlu kelenturan seperti bermain futsal, sepak bola, renang dan sebagainya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Sekolah Tinggi Pembangun Masyarakat Santa Ursula

    1. Reaksi atau Reaction

    Suatu unsur gerakan dimana tubuh seseorang dapat menanggapi rangsangan atau suatu gerakan yang di terima dari orang lain contoh nya seperti dalam bermain badminton.

    1. Ketepatan atau Accuracy

    Ketepatan biasanya di artikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu terhadap target yang ingin dituju contoh sederhana di sini bermain basket ketepatan sangat berpengaruh karena dalam bermain bola basket seseorang akan memasukkan bola kedalam ring untuk mencetak sebuah angka dalam permainan.

    1. Keseimbangan atau Balance

    Keseimbangan adalah suatu kemampuan seseorang dalam mengendalikan tubuhnya dengan baik. Latihan-latihan yang dapat mengendalikan keseimbangan adalah senam, loncat-loncat dan juga sikap lilin.

    1. Koordinasi atau Coordination

    Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan yang berbeda ke dalam gerakan yang efektif. Contohnya sperti memantulkan bola ke dinding lalu menangkap bola tersebut dengan tangan yang berbeda.

    1. Daya otot atau Muscular Power

    Adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum dengan tempo waktu sesingkat-singkatnya.

    Faktor yang memepengaruhi kebugaran jasmani

    Dalam kebugaran jasmani setiap orang mempunyai tingkat yang berbeda beda, mungkin karena fisiknya, daya tahannya, maupun jasmani dan rohaninya. Dan berikut adalah faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani menurut 2 para ahli Suharjana dan Faizati Karim :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Umur

    Umur merupakan faktor utama yang bisa mempengaruhi faktor kebugaran jasmani namun semakin bertambah umur maka semakin tua seseorang maka fisik seseorang akan semakin melemah

    • Tidur dan istirahat

    Istirahat sangat di perlukan oleh manusia ketika seseorang telah melakukan aktivitas yang mungkin melelahkan tentu ia akan mengistirahatkan tubuhnya dengan tidur, saat tidur tubuh akan membangun kembali otot-otot yang telah bekerja keras sepanjang hari.

    • Makanan

    Makanan memang salah satu dari faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani, namun makan lah makanan yang baik dan benar dan tinggi proteinnya jangan memakan makanan yang cepat siap saji namun malah membawa kita ke penyakitan.

    • Jenis kelamin

    Jenis kelamin juga salah satu faktornya karena tentunya perbedaan jenis kelamin yakni seorang laki-laki lebih baik di bandingkan dengan perempuan dalam melakukan aktivitas kebugaran jasmani.

    • Keturunan gen

    Menurut para ahli ada 3 unsur yang dapat mempengaruhi oleh faktor keturunan

    1. Denyut nadi sebesar 86%
    2. Sistem asam laktat 81%
    3. Kemampuna VO2 max 93%.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur – Unsur Kebugaran Jasmani
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar