Macam-Macam Proses Metabolisme Karbohidrat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Metabolisme adalah sebuah kegiatan pada tubuh untuk melakukan pembakaran dan menyerap energi dari makanan, yang digunakan untuk tubuh. Nah pada artikel ini saya menjelaskan tentang metabolisme karbohidarat, yang metabolisme karbohidrat ini diperlukan tubuh untuk tenaga nah itu dulu pengertian dan konsep metabolisme.

    Macam-macam metabolisme karbohidrat

    1. Glikogenesis

    Tahap ini merupakan tahap merubah glukosa jadi glikogen.

    1. Glikolisis

    Merupakan pemecahan atau pegextrakan glukosa jadi piruvat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Glukoneogenesis

    Pembuatan glokosa dari piruvat.

    1. Asetil ko-A

    Setelah ada dan terciptanya asam piruvat maka terjadi lah pembentukan Asetil ko-A dari pirufat.

    1. Daur Krebs

    Dari kata nya mungkin kita sudah paham daur berarti pengulangan atau siklus asam sitrat yang mengalami siklus reaksi oksida.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bina Darma

    1. Transport Elektron

    Merupakan transper electron dari satu protein ke protein lain.

    Nah itu lah tadi beberapa jenis metabolisme  karbohidrat, nah sebenarnya karbohidrat itu diperlukan tubuh untuk tenaga,  dan juga karena karbohidrat mengandung gula. Contoh karbohirdat adalah terdapat pada nasi, singkong dan lain-lain. Karena karbohidrat sangat penting bagi manusia maka manusia telah melakukan pembudidayaan tanaman yang mengandung karbohidrat,  contohnya padi yang dibudidayakan dalam jumlah banyak tidak seperti tanaman yang hanya mengandung protein , dan manusia telah melakukan update pada tanaman padi yang dilakukan dengan cara membuat bibit padi yang menghasilkan.

    Karbohidrat lebih banyak, dan tahan serangan hama ya mungkin artikel ini tidak nyambung, karena untuk menambah wawasan anda saya memberi sedikit ilmu tanaman. Sebenarnya ada banyak jenis metabolisme tapi kali ini saya hanya menjelaskan metabolisme karbohidrat. Berbicara karbohidrat kita pasti langsung terpikir nasi , ya nasi juga mengandung karbohidrat yaa merupakan makan pokok orang Indonesia tidak afdol kalau tidak makan nasi tapi harus diingat karena nasi mengandung glukosa atau kadar gula lumayan tinggi.

    Jadi jangan berlebihan dalam memakan nasi, kembali lagi pada topik tingkat metabolisme pada manusia berbeda beda, ada tinggi ada rendah dan normal untuk metabolisme tinggi. Mungkin akan sering mearasa lapar karena penyerapan energinya lebih cepat, nah untuk mengontrol metabolisme tubuh teman semua, maka lakukan olah raga. Menjaga hidrasi jika merasa haus atau dehidrasi maka jagalah agar tidak dehidrasi karna bisa memperlambat meta bolisme tubuh, minum dan makan yang berenergi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pandai pandai memilih cemilan untuk penyakit diabetes maka kurangi makanan mengandung karbohidrat terlebih yang mengandung banyak gula. Menurut para ahli karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh menjaga glukosa dengan kebutuhan karbohidrat yang tinggi dan peluang pasar Indonesia sangat tinggi. Maka pemerintah sudah melakukan penanaman padi yang banyak tapi heran nya kenapa pemerintah masih saja mengimpor beras,  dan rasa beras nya pun kurang enak mungkin biasa kita jumpai beras bulog.

    Menurut saya harusnya bisa melakukan export yang banyak malah mengimpor, yaa mungkin karena kebutuhan beras Indonesia sangat tinggi. Karena itu pemerintah sudah melkukan beberapa inovasi pada padi dengan membuat padi yang berbuah lebih lebat dan untuk menghasilkan padi  berkualitas tinggi mungkin butuh waktu yang mungkin sulit tapi semua usaha pasti ada jalan.(Alfikri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Proses Metabolisme Karbohidrat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar