Mengidentifikasi Jenis Reproduksi Seksual Pada Hewan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Reproduksi, merupakan cara untuk berkembang biak hewan, tumbuhan, manusia karena reproduksi Msangat dibutuhkan untuk mempertahankan keturunannya. Membicarakan soal reproduksi, reproduksi terdiri dari 2 jenis seksual dan aseksual(merupakan perkembangbiakan tanpa diperlukan sel jantan(sperma)  dan sel betina betina(sel telur) nah untuk aseksual saya hanya menjelaskan sedikit karena saya akan membahas tentang perkembang biakan seksual.

    Pengertian perkembang biakan seksual

    Perkembang biakan seksual merupakan perkembang biakan yang memerlukan sel sperma dan sel telur untuk menghasilkan keturunan karena dengan sel sperma dan sel telur akan terjadi peleburan sel (masing masing sel akan dibelah). Berdasarkan yang sudah saya pelajari di smp manusia hanya dapat melakukan perkembang biakan seksual, nah bagaimana jadinya kalau manusia dapat melakukan perkembang biakan aseksual mungkin dunia ini akan penuh.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Tapi lain halnya dengan hewan dan tumbuhan mereka dapat melakukan perkembang biakan dengan seksual dan aseksual contohnya tumbuhan bisa melakukan perkembang biakan dengan aseksual (dengan cara di cangkok, stek) dan juga dapat melakukan perkembang biakan seksual dengan cara peleburan sel juga apabila serbuk sari melekat ke kepala putik. Lain halnya dengan hewan-hewan dapat berkembang biak dengan aseksual dengan cara membelah diri seperti hewan bersel satu ataupun dengan cara di potong tubuh nya contoh nya cacing.

    Jenis perkembang biakan seksual

    1. Ovipar

    Ovipar adalah cara berkembang biak dengan cara bertelur contoh ungas (ayam, burung), reptil (kadal, ular, buaya), hewan air (ikan).

    1. Vivipara

    Vivipara merupakan cara berkembang biak dengan cara melahirkan seperti saya jelaskan diatas biasa nya hewan dengan cara melahirkan adalah mamalia contoh (manusia, singa, kelelawar, paus).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ichsan

    1. Ovovivipar

    Ovovivipar merupakan cara berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan contoh (paltipus).

    Nah itulah jenis reproduksi seksual , ya tidak begitu rumit sih mengenai reproduksi,  dunia kini sudah update tentang reproduksi ya untuk menigkatkan kebutuhan manusia contoh nya sapi untuk mendapatkan sapi dalam waktu cepat manusia sudah melakukan sebuah cara dengan melakukan esiminasi buatan.

    Dengan cara menyuntikan sel sperma dan sel telur yang sudah jadi ke Rahim sapi ini merupakan cara mudah untuk mendapatkan sapi dengan waktu cepat dan mudah, dan lebih hebat nya lagi manusia sudah bisa melakukan rekayasa genetika dengan yang akan menghasilkan jenis keturunan yang baru. Manusia juga bisa melakukan cara ini dengan cara bayi tabung yang mirip dengan ensiminasi buatan tapi bedanya sel telur dan sel sperma dari pasangan suami istri.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mengenai reproduksi aseksual itu merupakan reproduksi yang sangat mudah dan akan mendapat keturunan yang sama persis dengan induk nya, contohnya cangkok pada tumbuhan jika indukan cangkok buah nya rasanya masam maka hasil cangkokan pun akan terasa masam.

    Jika indukan berasa manis maka cankokan akan terasa manis, dan contoh nya lagi pada stek pada singkong yang akan menghasil kan bibit dalam waktu singkat. Selain itu banyak pada hewan ada juga reproduksi aseksual, seperti pada cacing yang jika dipotong jadi tiga maka tubuh yang terpotong akan meregenerasi  dan akan menghasilkan 3 cacing.

    Tapi tidak semua hewan bisa reproduksi aseksual jadi jangan karena membaca ini teman-teman mencoba cara cacing dan membelah ayam anda jadi tiga(auto ayam goreng) karena sesuatu di dunia sudah diatur Allah jadi kita tak bisa melanggar kodratnya.(Alfakiri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengidentifikasi Jenis Reproduksi Seksual Pada Hewan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    50%

    Komentar