Standar Stream Pada Java

Daftar Isi

    LancangKuning.com - JAVA adalah bahasa yang sering kita dengar di dalam pelajaran, java adalah bahasa pemrograman yang bisa di gunakan atau di tampilkan di berbagai komputer hingga terkait telepon (genggam). Versi pertama yang di luncurkan olah java pada tahun 1996 lalu dinamai dengan java versi 1.0 java versi ini terus dan terus berkembang hingga mengeluarkan versi-versi lainnya yang berbeda. Berbeda versinya maka makin di upgrade lah tampilan dan segala macam sehingga tampilannya bagus dan menarik.

    Kelebihan dan Kekurangan

    Kelebihannya yaitu sebagai berikut :

    • Multiplatform : kelebihan utama dari java sebagai untuk dapat dijalankan di beberapa platform / system operasi komputer.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Object Oriented Programming atau biasanya di sebut OOP : pengaplikasian / aplikasi  yang terbentuk dengan konsep OOP yang terdiri dari object yang saling berhubungan.
    • Perpustakaan yang lengkap. Maksudnya java terkenal karena penyimpanan (perpustakaan) yang mengumpulkan program dalam pemrograman java
    • Bergaya C++
    • Mengumpulkan / pengumpulan sampah secara otomatis dengan begitu user tidak perlu lagi mengatur penggunaan memori karena sudah dilaksanakan secara otomatis

     Jika ada kelebihan tentu juga ada kekurangan dari JAVA kekurangan nya yaitu:

    • Ditulis sekali, terjalankan dimana mana  

    Baca Juga : Akreditasi Akademi Kesenian Melayu Riau

    • Mudah didekompilasi maksudnya  membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber, ini terjadi karena JAVA sendiri  menyimpan bahasa tingkatan nya berbeda atau tinggi
    • Penggunaan memori yang banyak

    Untuk mengenal lebih jauh lagi apa itu standar stream pada java hendaknya kita terlebih dahulu mengenali apa itu stream?  Stream bisa diartikan sebagai “uraian dari data” . Stream bisa diartikan juga sebagai sebuah abstraksi yang dapat memberikan atau mendapatkan informasi.

    Cara kerja stream selalu sama meskipun peralatan yang terhubung berbeda dapat kita simpulkan bahwa stream input dapat mengabstraksi beberapa tipe peralatan fisik, contoh nya seperti keyboard, file, layer, atau socket jaringan dengan begitu memudahkan kita dalam melakukan I/O, karena kode program yang kita tulis akan sama untuk masing-masing peralatan fisik yang dihubungkan dengan stream yang bersangkutan. Stream memiliki jenis dan tipe.

    Jenis Stream dibagi menjadi 2 macam  :

    1. Output Stream yang fungsinya untuk menulis data pada  tujuan
    2. Input Stream fungsinya membaca data dari sumbernya

    Tipe Stream di bagi menjadi 2 macam :

    1. Stream byte di gunakan untuk memberikan atau menyimpan informasi data dalam bentuk byte. Misalnya untuk membaca dan menulis file biner.
    2. Stream Karakter melakukan proses I/O yang membawa / melibatkan data-data dalam bentuk karakter. Contohnya saat  membaca dan menulis ke file teks.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Stream digolongkan menjadi empat kelas (abstrak), diantaranya adalah input stream, output stream, reader, dan writer. Kelas input dan output dua kelas ini biasanya kelas yang dirancang sebagai kelas induk, dan kelas ini digolongkan menjadi kelas stream Byte. Lalu dua kelasnya lainnya lagi yaitu reader dan writer merupakan kelas yang akan di turunkan ke kelas yang baru yaitu kelas Stream Karakter.

    Standar Stream

    Java memiliki 3 standar stream yaitu strandar error , standar input ,standar output :

    • Standar Error : digunakan untuk memberikan output data error yang dihasilkan oleh program yang digunkan oleh user. Layar computer biasanya digunakan sebagai standar error stream dan direpresentasikan sebagai stystem.err. Maksud dari representasikan adalah proses pemaknaan kembali sebuah objek / makna , contoh nya di kehidupan sehari hari seperti saat ujian pertama kita harus membaca agar hafal lalu saat ujian nya tiba soalnya sama kita dapat menjawab soal tersebut , namun tergantung bagaimana cara kita menyampaikannya.
    • Standar Input : untuk memberikan atau menginput data ke program, pengguna (user) biasanya menggunakan keyboard sebagai alat untuk menginput stream lalu disampaikan atau direpresentasikan  sebagai system input
    • Standar Output : berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diperoleh dan dihasilkan oleh program pengguna(user) dan di layar komputer digunakan sebagai menampilkan  lalu direpresentasikan sebagai system output.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Standar Stream Pada Java
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar