Makanan Khas Pariaman, Yang Wajib Kamu Coba

Daftar Isi

    LancangKuning.Com, Pariaman tempat yang tidak asing lagi bagi wisatawan baik dari dalam Sumatra Barat, maupun dari daerah provinsi lain. Pariaman memilik tempat wisata, makanan khas pariaman, hal itu yang membuat  wisatawan berlomba untuk berdatangan ke kota pariaman.

    jika kamu berkunjung ke pariaman, silahkan kunjungi tempat oleh oleh pariaman yang banyak terdapat di sepanjang pinggiran pantai pariaman, berikut oleh oleh khas pariaman yang wajib kamu beli dan enak banget;

    1. Sala Lauk


    Sala Lauak merupakan kuliner khas dari Pariaman sejak dulunya. Kalau Dunsanak sedang berwisata di Kota Pariaman, Dunsanak bisa menjumpai makanan yang terbuat dari tepung dipadu dengan bumbu dan rempah ini di sepanjang Pantai Gandoriah. Tidak sulit menemukannya.

    2.  Nasi SEK


    Nasi SEK merupakan singkatan dari Seribu Kenyang. Karena dulunya nasi SEK memang dijual murah serta mengenyangkan. Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang 

    Kini tak ada yang berubah sih dengan Nasi SEK, baik penyajian maupun lauk pauknya masih sama, yang berubah hanya tarif saja. Untuk menikmati Nasi SEK cukup datang ke Pantai Gandoriah, karena disana banyak warung-warung makan yang menyediakannya.

    3. Sate Pariaman


    Sate Pariaman adalah salah satu kuliner khas pariaman yang terkenal sejak dulu. Sate Pariaman sendiri sedikit berbeda dengan Sate Padang atau Sate di daerah lain di Sumatera Barat. Kuahnya biasanya lebih merah dan rasanya yang lebih pedas. Hot!

    4. Gulai Kapalo Ikan

    gulai-kapalo-lauak

    Bagi Dunsanak yang benar-benar menyukai kuliner menu yang satu ini pantang dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pariaman. Karena gulai kapalo lauak ini terbuat dari kapala ikan tuna (bisa juga ikan lainnya) segar, dipadu dengan kuah santan yang kental. Rasanya.. beuh, nikmat!

    Untuk menikmati menu yang satu ini tidak sulit kok, karena hampir setiap rumah dan warung makan di Kota Pariaman menyediakan menu ini.

    5.Sarapa Nasi Sala

    Jika selama ini Dunsanak mengenal sala yang dibuat dari tepung beras dan bumbu yang dipadu kemudian dibulatkan, kali ada sala yang justru dibuat dengan ikan yang dibalut tepung dan digoreng.

    Kuliner ini tersedia di Kota Pariaman hanya pada saat sarapan pagi dari jam 7 sampai jam 10 saja. Selain lauk pauk berupa sala, biasanya juga tersedia lauk lainnya berupa gulai tahu, samba lado dan sayur daun singkong.

    6. Rakik-rakik


    Salah satu kuliner khas dari Pariaman adalah ‘rakik’. Rakik terbuat dari adonan tepung yang bisa dicampur dengan berbagai hasil laut seperti ikan, udang dan lain-lain. Rakik dibuat dengan cara digoreng sehingga hasilnya berbentuk seperti kerupuk dan memiliki rasa yang gurih.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Pariaman, Yang Wajib Kamu Coba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar