Cara Mengurangi Kebiasaan Menunda Tugas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai seorang siswa, mahasiswa ataupun karyawan terkadang kita memiliki kebiasaan lalai terhadap tugas dan pekerjaan di hadapan kita. Merasa diberi waktu tenggat terhadap tugas tersebut, kita santai saja di awal namun ketika mendekati deadline barulah kita merasa panik dan merasakan penyesalan karena tidak mengangsurnya di awal. Padahal anda sudah tahu bahwa tugas yang diberikan tersebut sudah ada jauh-jauh hari, namun kebiasaan ini sulit untuk ditinggalkan.

    Terkadang kita sadar bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak baik, namun entah mengapa andapun sulit untuk menghindarinya. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebabnya, apapun itu tetap saja kamu jangan terlalu hanyut dengan kebiasaan ini. Agar kamu bisa menghindari kebiasaan menunda tugas ini berikut beberapa tips yang dilansir dari life Idntimes.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Membuat Kelompok Belajar

    Salah satu faktor penyebab anda terbiasa menunda tugas yaitu rasa bingung dalam memulai tugas tersebut, atau bisa saja kelupaan karena saking bingungnya dan tidak ada teman untuk mengingatkan atau memacu untuk mengerjakannya. Sehingga salah satu solusi pas untuk kamu adalah membuat kelompok belajar, diharapkan dengan adanya kelompok ini kamu bisa mengurangi faktornya dan bisa membuat kamu semangat untuk belajar.

    Sebagaimana kita tahu, terkadang kelompok belajar ini bisa jadi salah arah nah kamu harus ingat bahwa mengurangi hal tidak penting. Kamu bisa membuat kelompok bersama teman terbatas dimana kamu merasa nyaman dengan orang tersebut. Agar usaha kamu tidak sia-sia.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Marendeng Majene

    1. Ingat Tujuan Awal

    Tentu saja kita memiliki hobby yang disukai, meskipun demikian kamu tetap harus tahu dengan tanggung jawab dimana itu harus kamu selesaikan. Ketika banyaknya tugas yang membuat kamu malas-malasan dalam mengerjakannya, kamu bisa mencoba menuliskan tujuan awal kamu dan letakan di tempat mudah untuk di lihat. Kita tasa malas itu muncul, kamu bisa merenunginya dan semangat untuk mengerjakan tugas tersebut.

    1. Tegas Terhadap Skala Prioritas

    Ketika dihadapkan dua pilihan antara tugas dengan hal apa yang kita sukai cenderung membuat kita dilema dan terbuai mengerjakan hal tidak penting seperti memilih menonton ketimbang tugas. Ketika kamu dihadapkan dalam situasi ini usahakanlah memikirkan hal yang benar-benar menjadi prioritas kamu. Dimana keputusan yang akan kamu ambil nanti tidak menimbulkan penyesalan dan merugi kamu.

    1. Jangan Biasakan Meremehkan Tugas

    Sesimple atau segampang apapun tugasnya jangan pernah kita meremehkannya, pasalnya kita jarang sekali sadar bahwa ternyata melakukan hal kecil ternyata sangat bagus sekali efeknya untuk diri kita. Ketika menghadapi tugas, kamu jangan sekedar menganggap itu sebuah kewajiban namun serapi ilmunya bahwa di balik tugas yang membuat jenuh ini mampu membuat anda tumbuh dan terbiasa melalui tantangan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Memberi Penghargaan untuk Diri Sendiri

    Ketika kita mengerjakan tugas tersebut di awal tentu saja akan banyak sekali waktu luang untuk merilekskan diri, dan itu akan membuat anda merasa bebas serta tenang. Sebagai bentuk penghargaan atas usaha tersebut tidak masalah kamu melakukan kegiatan sebelumnya membuat kamu bimbang dalam mengerjakan tugas. Kamu bisa santai mengerjakan apa yang kamu sukai ketika tidak ada lagi beban yang harus kamu selesaikan, dan itu adalah sebuah penghargaan untuk diri kamu.

    Meskipun tugas penting, perlu kamu perhatikan bahwa tidak harus terlalu keras dalam menekan diri kamu. Kamu harus bisa membagi waktu kamu jangan terlalu berlebihan dalam belajar dan jangan pula bermalas-malasan.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengurangi Kebiasaan Menunda Tugas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar