Tipe-tipe Wirausaha

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di tengah persaingan ekonomi global, membuat pertumbuhan terhadap minat untuk membangun wirausaha kian meningkat. Bahkan, tidak sedikit lulusan-lulusan universitas ternama memilih berwirausaha daripada bekerja di bawah perusahaan yang sudah besar.

    Tipe-tipe Wirausaha - Akan tetapi, banyak pula yang mengalami kegagalan di awal berwirausaha karena disebabkan berbagai kendala atau tidak siap dalam menghadapi tantangan di tengah persaingan yang ketat, kendati telah mengeluarkan modal cukup banyak. Kendati demikian, angka keuntungan yang cenderung besar tetap menjadi daya tarik bertumbuhnya minat untuk berwirausaha, terutama bagi pemula.

    Agar tidak mengalami kegagalan di tengah perkembangan berwirausaha, sebaiknya pastikan tipe wirausaha yang dipilih sesuai dengan minat maupun bakat Anda. Sebab, wirausaha yang sukses tidak selalu membutuhkan modal yang besar, namun juga dipengaruhi minat. Bahkan, banyak wirausaha bermodal kecil namun sukses menjalankan usahanya karena tipe wirausaha yang dipilih sesuai dengan minatnya.

    Untuk itu, terdapat beberapa tipe wirausaha yang saat ini telah mengalami perkembangan cukup pesat di Indonesia, seperti berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Wirausaha Bisnis

    Business entrepreneur atau wirausaha bisnis merupakan tipe wirausaha yang paling mendasar. Bergerak di bidang produksi, pemasaran hingga jasa, wirausaha bisnis tidak hanya mementingkan laba namun juga berorientasi pada pelanggan.

    Wirausaha bisnis membangun usaha berdasarkan ide, inovasi, serta sangat mengutamakan kualitas untuk setiap produk yang dihasilkannya dan mementingkan kepuasan pelanggan. Jadi, tipe wirausaha ini tidak hanya mengutamakan lama, namun juga memprioritaskan pelanggan.

    1. Creative Entrepreneur

    Tipe wirausaha berikutnya adalah creative entrepreneur. Creative entrepreneur merupakan wirausaha yang memanfaatkan informasi dan pengetahuan. Beberapa bidang yang termasuk dalam wirausaha tipe ini adalah wirausaha di bidang periklanan, perfilman, penerbitan, maupun menciptakan game.

    Dalam wirausaha ini modal utama yang dibutuhkan bukanlah modal eksternal di segi materi, melainkan kreativitas untuk menciptakan suatu produk. Produk-produk yang dihasilkan dari wirausaha tipe creative entrepreneur ini memang bukan berupa barang, namun memiliki daya tarik yang cukup tinggi.

    1. Technopreneur

    Tipe wirausaha technopreneur merupakan wirausaha yang memanfaatkan teknologi informasi. Di tengah perkembangan teknologi informasi, wirausaha technopreneur banyak dipilih, bahkan oleh pemula untuk mendapatkan keuntungan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bina Darma

    Wirausaha technopreneur cenderung menimbulkan efek ketagihan kepada pelanggannya. Sebab, mampu memberikan kegembiraan melalui layanan yang cepat dan tepat kepada pelanggannya sebagai pengguna teknologi dan informasi tersebut. Sebut saja Google atau Apple, wirausaha di bidang teknologi dan informasi yang saat ini mengalami perkembangan sangat pesat.

    1. Social Entrepreneur

    Tipe wirausaha terakhir adalah social entrepreneur. Social entrepreneur merupakan tipe wirausaha di bidang layanan dan jasa kepada masyarakat.

    Social entrepreneur ini cenderung memberikan layanan dan jasa untuk perbaikan social. Seperti di bidang pendidikan, lingkungan, maupun perekonomian masyarakat.

    Demikian beberapa tipe-tipe wirausaha yang dapat Anda jadikan referensi jika ingin membangun usaha sendiri. Namun, apapun tipe wirausaha yang dipilih untuk ditekuni, dibutuhkan kepercayaan diri, antusias, tekad, inisiatif, ide dan inovasi.

    Menjadi wirausaha harus mampu membaca peluang di tengah perubahan. Sebab, tidak sedikit wirausaha terpaksa gulung tikar karena menganggap perubahan sebagai sesuatu yang mengerikan untuk usahanya. Padahal perubahan merupakan sangat normal terjadi, bahkan dibutuhkan untuk menciptakan ide dan melahirkan inovasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain itu, dibutuhkan pula sikap untuk tidak mudah menyerah. Karena, akan banyak kendala dan rintangan yang harus dihadapi saat berwirausaha. Namun, banyak pula kisah sukses berwirausaha setelah mampu bangkit dari kegagalan dan kerugian. Kemudian, Anda harus mampu mengolah risiko yang tak jarang hadir di tengah perkembangan usaha.

    Namun, selain modal, faktor utama yang dibutuhkan untuk berwirausaha adalah kreativitas. Banyak para pelaku wirausaha sukses karena mampu berimajinasi dan mewujudkan serangkaian rencana yang dihasilkan dari kreativitas. Bahkan, mereka mampu melihat peluang yang tidak banyak diketahui wirausahawan lainnya.

    Banyak peluang untuk membangun wirausaha yang menguntungkan. Tidak heran, jika saat ini berwirausaha turut menjadi daya tarik bagi kalangan muda, bahkan yang masih berstatus pelajar.

    Wirausaha pemula justru mampu membuktikan bahwa sukses berwirausaha tidak hanya milik kalangan profesional. Hanya bermodalkan kreativitas yang dihasilkan ide dan inovasi, banyak pemula yang sukses berwirausaha.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tipe-tipe Wirausaha
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    75%

    Marah

    0%

    Komentar