Bagian dasar Pemrograman Java

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ada berbagai macam bahasa pemrograman dan setiap bahasa pemrograman tersebut memiliki struktur dan cara penulisan sintaks yang berbeda. Bahasa pemrograman java merupakan salah satu bahasa terpopuler. Java sendiri dibuat dalam bahasa C, dan karena itu java banyak mengikuti gaya dalam bahasa C.

    Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Java

    1. Deklarasi package
    2. Impor library
    3. Deklarasi class
    4. Method Main

    Mari kita lihat contoh penulisan dengan bahasa pemrograman java dibawah ini:

    Package com.example; // 1. Deklarasi package

    Import java.io.File; // 2. Impor library

    Class Program { // 3. Deklarasi class

                Public static void main(String args[]) { // 4. Method main

                            System.out.println(“Hello World”);

                }

    }

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Mari kita bahas apa bagian – bagian yang terdapat pada program di atas satu per satu

    1. Bagian deklarasi package

    Salah satu bagian dari penulisan java adalah deklarasi package. Package adalah suatu folder yang memiliki isi sekumpulan program Java.

    Deklarasi package biasanya digunakan ketika membuat program yang membutuhkan dependencies. Penulisan untuk pendeklarasian package biasanya mengikuti dari vendor yang membuat program dalam package tersebut.

    Pendeklarasian package bersifat optional, ini artinya walaupun kita tidak melakukan deklarasi package, program yang kita buat tidak akan bermasalah dan mengalami error. Package biasa digunakan ketika membuat program besar yang membutuhkan dependencies yang kompleks.

    1. Bagian impor library

    Untuk bagian impor library berfungsi untuk memuat library – library yang kita perlukan untuk membuat program. Library adalah sekumpulan kelas dan fungsi yang dapat kita gunakan pada program yang akan kita buat.

    1. Bagian deklarasi class

    Java adalah bahasa yang mengimplementasikan paradigma pemrograman OOP. Setiap membuat program dengan bahasa java harus dibungkus di dalam sebuah class, agar nantinya dapat digunakan sebagai objek.

    Untuk deklarasi class biasanya akan dibuat sesuai dengan nama file program. Berikut adalah contoh penulisan class:

    Class NamaFileProgram {

                            Public static void main(String args[]) {

                                        System.out.println(“Hello World”);

                            }

    }

    Contoh diatas adalah sebuah blok class. Untuk mendeklarasikan blok class dibuka dengan kurung kurawal buka ‘ { ‘ kemudian ditutp oleh kurung kurawal tutup ‘ } ‘.

    Di dalam blok class, kita dapat mendeklarasikan method atau dapat disebut juga fungsi, dan juga attribute atau dapat disebut juga variabel. Pada contoh blok class diata, terdapat sebuah method main(), yang wajib ada pada program yang akan kita jalankan sebagai entry point.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muria Kudus

    1. Bagian method main

    Method atau fungsi main() atau adalah sebuah blok yang akan dieksekusi disaat program dijalankan. Method ini merupakan entry point dari program yang wajib kita buat pada program. Method main menerima sebuah parameter args[], yang akan menyimpan nilai yang diberikan ketika kita menjalankan program pada command line.

    Sebuah blok method atau fungsi dapat menyimpan statement, seperti berikut ini:

    System.out.println(“Hello World”);

    Statement tersebut memiliki fungsi menampilkan teks “Hello World” ke layar monitor.

    Statement dan Ekpresi pada Bahasa Pemrograman Java

    Statement atau pertanyaan merupakan bagian terkecil pada program. Setiap statement dan ekspresi wajib diakhiri dengan titik koma ‘ ; ‘, jika tidak maka akan menyebabkan error saat kompilasi program.

    Statement atau ekspresi berfungsi untuk memberikan instruksi yang perlu dijalankan oleh komputer.

    Blok Program pada Bahasa Pemrograman Java

    Blok program merupakan kumpulan dari statement dan ekspresi yang akan dieksekusi dengan aturan tertentu berdasarkan blok programnya.

    Blok program dibuka dengan kurung kurawal { dan ditutup dengan }

    Tidak hanya statement dan ekspresi, blok program dapat membungkus blok program lainnya yang disebut dengan blok program bersarang.

    Blok program dapat berupa percabangan (if else) dan pengulangan (while, do while, for).

    Komentar pada Java

    Komentar adalah bagian yang tidak akan dikompilasi saat program dijalankan oleh komputer. Komentar biasanya digunakan untuk memberi penjelasan pada program, mematikan fungsi tertentu tanpa harus menghapusnya, membuat dokumentasi, dan lain – lain.

    Berikut adalah cara memberi komentar pada java:

    1. Garis miring double (//), digunakan untuk memberikan komentar pada satu baris saja.
    2. Garis miring bintang (/* ...kode... */) digunakan untuk memberikan komentar pada banyak baris.

    Penulisan String dan Karakter pada Bahasa Pemrograman Java

    String adalah sekumpulan karakter. Kita sering menyebutnya dengan teks. Pada java penulisan string harus ditulis diantara tanda kutip double (“string”), sedangkan untuk penulisan karakter hanya perlu ditulis dengan kutip satu (‘karakter’).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Case Sensitive

    Java merupakan bahasa yang memiliki sifat case sensitive, ini artinya java membaca huruf kapital dan huruf kecil dengan berbeda. Contohnya adalah huruf A tidak sama dengan huruf a. Banyak pemula yang salah dalam hal ini dan kebingungan ketika terjadi error saat kompilasi program.

    Gaya Penulisan

    Java menggunakan gaya penulisan atau case styling seperti, camelCase, PascalCase, dan ALL_UPPER. Untuk gaya penulisan camelCase biasanya digunakan ketika membuat nama variabel, objek, dan method. Lalu untuk gaya penulisan PascalCase digunakan untuk pemberian nama class. Dan untuk gaya penulisan ALL_UPPER digunakan ketika membuat konstanta.

    Perlu diperhatikan dalam memberikan nama variabel, method, objek, class, dan kontanta tidak boleh mengandung spasi di dalamnya. Untuk camelCase dan PascalCase tidak menggunakan spasi untuk memisahkan dua kata melainkan dengan cara memberikan huruf kapital pada huruf pertama kata (untuk camelCase kata pertama huruf kecil semua), sedangkan pada gaya penulisan ALL_UPPER untuk memisahkan dua kata digunakan underscore atau garis bawah untuk menggantikan spasi.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bagian dasar Pemrograman Java
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    50%

    Komentar