Perbedaan Antara Variabel dan Konstanta

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita membahas apa sih bedanya variabel dengan konstanta, kamu udah tau gak apa maksud dari variable dan juga konstanta? Bagi yang belum tau nih penjelasan nya buat nambah ilmu kamu biar pengetahuan kamu mengenai pemrograman makin luas.

    Maksud dari variabel yaitu tempat atau di sebut juga wadah yang fungsi nya menghimpun kumpulan data / konstanta di memori atau penyimpanan yang punya nilai, nilai tersebut bisa di ganti/ ubah selama kegiatan pemrograman sedang berlangsung. Untuk lebih simple nya nih biar kamu lebih paham tentang apa itu variabel, kamu bisa menggunakan gambaran bahwa variabel itu adalah sebuah wadah yang kamu ingin pesan (misalkan saja sebuah piring).

    Saat kamu akan mendeklarasikan sebuah variabel tertentu , berarti itu sama saja seperti kamu sedang memesan wadah  ke dalam memo yang akan kamu gunakan pada program yang di kerjakan. Kemudian kamu bisa mengisi wadah yang di pesan tadi dengan nasi (yang di lambangkan sebagai nilai / data).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Perlu di ingat: Sifat yang di miliki sebuah variabel bersifat hanya sementara / tak permanen, artinya nilai ataupun data yang kamu simpan akan otomatis menghilang saat programnya di matikan. Aturan yang di miliki variabel yakni:

    • Hanya bisa di gunakan untuk menyimpan data untuk sementara saja / tak bisa secara permanen.
    • Hanya dapat menyimpan satu nilai / data saja, tak bisa untuk banyak nilai.

    Maksud dari penjelasan diatas seperti ini:

    Kita anggap variabel adalah rangking di kelas, misalkan di suatu kelas ada seorang anak mendapat peringkat satu di kelas tersebut, posisi anak tersebut bisa saja tergantikan oleh anak lain, namun peringkat 1 yang ada di kelas itu tetap saja hanya untuk satu orang.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Institut Teknologi Kalimantan

    Contoh lainnya, kita misalkan saja bahwa variabel / wadah yang kita miliki harus mempunyai sebuah keunikan (identifier). Misalnya wadah itu adalah sebuah loker dan di loker tersebut kamu menaruh baju mu, bagaimana kamu dapat mengetahui loker milik mu? Tentu saja dengan mengingat nomor lokernya. Mengapa demikian? Karena nomor yang di miliki setiap loker itu pasti berbeda beda itulah cara kamu membedakan antara loker milikmu dengan loker yang lain agar tidak kebingungan. Dalam pemrograman pun hal serupa juga terjadi contohnya jika di dalam sebuah komputer terdapat dua variabel yang mempunyai nama serupa, maka komputer tersebut akan kebingungan saat hendak mencari data. Oleh karena itulah tiap-tiap variabel harus memiliki sifat unique.

    Lalu apa perbedaan antara konstanta dan variabel? Pada umumnya konstanta dan variabel itu sama saja, namun yang membedakan keduanya adalah jika pada variabel kamu dapat mengubah data nya saat proses pemrograman. Pada konstanta kamu tak bisa mengubah data saat melakukan proses pemrograman sedang di lakukan dengan kata lain data nya bersifat tetap (tak dapat di ganggu gugat). Jadi itulah yang menjadi pembeda antara keduanya, jika pada variabel datanya dapat di ubah lain hal nya dengan konstanta yang data nya tidak dapat di ubah lagi pada saat pemrograman.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jadi kesimpulannya variabel itu merupakan suatu konsep yang mempunyai media penyimpanan dalam bahasa pemrograman yang akan di gunakan. Masing-masing variabel akan mempunyai ke unikan tersendiri yang menjadi pembeda dengan variabel yang lain, mempunyai tipe, ukuran, serta nilai yang di simpan.

    Itulah penjelasan lengkap tentang apa saja perbedaan konstanta dan variabel, jadi bagi kamu yang masih gatau apa bedanya menjadi paham tentang perbedaan keduanya. Semoga dengan adanya artikel ini akan menambah wawasan kamu tentang dunia pemrograman, sehingga persepsi pemrograman itu sulit akan perlahan hilang di pikiran kamu, karena pada dasar nya tidak ada yang sulit asal ada niat dan juga usaha.(barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Antara Variabel dan Konstanta
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar