Tips Atau Cara Mengatasi Insomnia (Gangguan Saat Tidur)

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa nih kalo lagi tidur tidak bisa diganggu? Biasanya, seseorang yang tidurnya tidak bisa diganggu dikarenakan saat malam mereka terkena insomnia. Bagi penderita insomnia tidur yang dia dapatkan begitu berharga, sehingga tidur tersebut tidak boleh diganggu karena ia sangat membutuhkan tidur-nya tersebut.

    Dan biasanya setelah bangun tidur mereka akan merasa pusing, hal tersebut dipengaruhi oleh insomnia tersebut. Tak sedikit pula dari kita yang mengalami gangguan tidur pada malam hari (Insomnia), sehingga telah banyak cara yang penderita insomnia lakukan untuk menghilangkan gangguan tidur pada malam hari ini, namun hasilnya tidak ada. Apa sih penyebab seseorang mengalami insomnia? Untuk itu, mari kita pelajari mengenai penyebab insomnia, gejala insomnia, dan cara mengatasi insomnia.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Penyebab Insomnia (Gangguan Tidur)

    1. Banyak pikiran

    Berdasarkan faktanya seseorang yang memiliki banyak pikiran cenderung akan berujung pada stres. Stres inilah nantinya akan menjadi penyebab insomnia yang dialami manusia pada umumnya. Walaupun tubuh mereka sudah lelah karena aktivitas sehari-hari, tapi kalau masih ada yang menjadi beban dalam pikirannya akan membuat mereka susah tidur bahkan akan terjaga sepanjang malam.

    1. Mengalami depresi

    Depresi biasanya terjadi karena terlalu banyak beban pikiran sehingga menyebabkan kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab sulitnya bagi seseorang untuk tidur pada malam hari.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nusantara Manado

    1. Penyakit

    Dunia ini terdapat beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gangguan tidur malam (insomnia) pada seseorang. Contoh penyakitnya seperti penyakit asma, sleep apnea, penyakit kanker, dan masih banyak lagi.

    1. Psikologis

    Trauma yang dialami seseorang biasanya akan menjadi salah satu penyebab sulitnya bagi seseorang untuk tidur. Hal itu dikarenakan, mereka berpikir kejadian yang membuat mereka trauma akan terjadi apabila mereka tidur atau tidak waspada. Dari hal tersebutlah mereka akan terkena insomnia sepanjang malam.

    Gejala yang ditimbulkan Insomnia

    Biasanya penderita insomnia akan mengalami beberapa gejala ketika akan terkena insomnia. Gejala tersebut seperti sulit ketika hendak tidur walaupun badan sudah terasa lelah, tidur tidak nyenyak atau sering terbangun saat tidur, ketika terbangun dari tidur biasanya akan sulit untuk tidur kembali, harus mengkonsumsi obat tidur supaya tidurnya nyenyak, badan terasa lelah sepanjang hari, rasa kantuk sepanjang hari, sulit untuk berkonsentrasi dengan aktivitas sehari-hari.

    Memang gejala diatas biasanya dialami oleh orang normal biasa. Namun, bagi penderita insomnia gejala tersebut akan terjadi secara terus menerus dan berlangsung lama.  

    Tenang, bagi kamu yang merasa takut akan terkena insomnia berikut akan saya uraikan mengenai cara mengatasi Insomnia (Gangguan Tidur).

    • Cobalah untuk membuat tubuh anda menjadi nyaman dengan tidur di kamar yang tenang, senyap, yang membuat anda tenang. Selain itu tidurlah di kamar yang bersih, usahakan agar tidak berantakan atau sesuatu yang membuat suasana kamar enak dipandang mata.
    • Cobalah untuk menenangkan diri anda, mungkin dengan mendengarkan alunan musik yang memiliki tempo yang tenang. Selain itu anda juga dapat mematikan segala benda yang membuat kebisingan yang mengganggu ketentraman hati anda.
    • Carilah posisi tempat tidur yang membuat anda terasa nyaman, dan dapat menghilangkan segala beban yang ada di pikiran anda sejenak.
    • Cobalah untuk membuat suasana kamar anda terasa senyap dan gelap dengan mematikan lampu di kamar anda. Karena hal tersebut dipercaya akan mengurangi kinerja otak sehingga akan mudah terlelap. Namun, bagi anda yang takut akan kegelapan bisa menyalakan lampu tidur atau lampu yang kapasitas cahayanya kecil.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Cobalah untuk mengontrol pengkonsumsian kafein. Kafein biasanya terdapat pada kopi, untuk itu usahakan anda tidak berlebihan mengkonsumsi kopi.
    • Cobalah untuk menghindari pengkonsumsian minuman beralkohol.
    • Berusahalah untuk menjaga pola tidur. Anda dapat menjadwalkan tidur anda, jika waktunya tidur anda harus tidur.
    • Cobalah untuk mengkonsumsi kue atau susu. Kue dan segelas susu hangat dipercaya sebagai obat penenang bagi mereka yang sulit untuk tidur.

    Oke itu dia cara mengatasi insomnia, semoga artikel ini dapat di jadikan sebagai rujukan bagi anda yang penderita insomnia. Sekian Terimakasih.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Atau Cara Mengatasi Insomnia (Gangguan Saat Tidur)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar