Realisasi Investasi di Riau Capai Rp 32 Triliun

Daftar Isi


    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, PEKANBARU - Total realisasi investasi di Provinsi Riau untuk 2019 sampai triwulan III mencapai 32 triliun dan sudah melewati target yang di tentukan sebanyak 25 triliun. Pencapaian investasi terbesar berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

    Hal itu dipaparkan dalam acara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dalam Rangka Percepatan Realisasi Investasi yang ditaja oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (27/11/19).

    Baca Juga: APBD Riau 2020 Disahkan Rp10,282 Triliun

    Gubernur Riau, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid mengungkapkan, di tahun 2019 Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan target realisasi investasi sebesar Rp 25 triliun.
    "Dan sekarang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau telah melampaui batas targetnya dan naik menjadi Rp 32 triliun," ungkapnya.

    Baca Juga: Babinsa Koramil Batang Tuaka Berharap KPM Dimanfaatkan dengan Baik

    Yan Prana melihat, investasi yang berkembang di Provinsi Riau saat ini banyak terdapat di Kota Pekanbaru. Ia berharap kedepannya Kabupaten yang ada juga bisa dijadikan investasi yang menjanjikan dengan melihat potensi yang dimiliki setiap Kabupaten di Riau.

    "Investasi jangan hanya menumpuk di Pekanbaru saja, Kabupaten-Kabupaten juga memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang investasi sehingga perekonomian daerah makin meningkat," tuturnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Hal serupa juga dikatakan Kepala DPMPTSP, Eva Revita mengaku kedepannya akan terus melakukan percepatan untuk mendorong terealisasinya investasi di Provinsi Riau.

    Lebih lanjut, Eva mengatakan bahwa meningkatkan realisasi investasi merupakan target nasional yang harus dicapai. Berdasarkan realisasi investasi di tahun terakhir, lanjutnya, tercatat lima besar Kabupaten/Kota dan tiga besar diantarannya penyumbang investasi berjumlah relatif besar dari PMA dan PMDN.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Lima Kabupaten/Kota penyumbang investasi relatif besar tersebut yakni Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hilir (Inhil), Kota Dumai dan Siak," ungkap Eva, melansir mediacenterriau.

    Sementara tiga perusahaan dari Penanaman Modal Asing (PMA) yang merealisasikan investasinya dari 2017 hingga Oktober 2019 adalah PT. Th Indo Plantation, PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara dan PT Indah Kiat Pulp and Paper.

    Sedangkan untuk perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang merealisasikan investasinya terbesar dari 2017 hingga Oktober 2019 yaitu PT Riau Andalan Pulp and Paper, PT Riau Sakti United Plantations dan PT Hutama Karya Persero.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Realisasi Investasi di Riau Capai Rp 32 Triliun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar