Dompet Dhuafa Singgalang Launching Program Pemberdayaan Petani Kopi di Sirukam

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, SIRUKAM, KAB.SOLOK -  Dompet Dhuafa Singgalang launching program "Pemberdayaan Petani Kopi" di Nag. Sirukam, Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok. Kamis (21/11/2019).

    Program petani kopi berdaya ini merupakan salah satu bagian dari program ekonomi yang dilaksanakan Dompet Dhuafa Singgalang di Nag. Sirukam, Kab. Solok.. Oleh karena itu, Dompet Dhuafa Singgalang menginisiasi dan menjalin kerjasama dengan petani kopi di Sirukam serta jajaran stakeholder di Nag. Sirukam, Kab. Solok untuk terus semangat mengembangkan program petani kopi berdaya ini di Nag. Sirukam, Kab. Solok.  

    Baca Juga: Ari Sumarna Terpilih Ketua KNPI Rokan Hilir Periode 2019-2022

    Daerah Sirukam ini merupakan salah satu daerah pertanian unggulan di Sumatera Barat. Termasuk untuk komoditas kopi arabika. Luas perkebunan kopi lebih dari 40 Ha, sedangkan yang sudah produksi seluas 10 Ha. Diperkirakan sekitar 6 bulan dari Mei 2019, luas lahan kopi yang akan produksi bertambah sekitar 5 Ha.

    Baca Juga: Kominfo se-UNRI Jadikan Lancangkuning.com Media Partner Pemberitaan Pergerakan Mahasiswa

    General Manager Program Ekonomi Dompet Dhuafa Mas Tri Udhi Kurniawan mengatakan. "Ketika kita mengembangkan usaha khususnya kopi Cirubuih Solok kita membutuhkan pengelola, aset serta pemasarannya," terang Udhi.

    "Semoga kedepannya produksi kopi meningkat serta relevan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," katanya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) mengatakan, saat ini DDS akan memperdayakan dan memperluas program ekonomi salah satunya program pemberdayaan dan mengembangkan Kopi Solok Sirukam.

    "Alhamdulillah untuk saat sekarang kita telah membuat tempat pengeringan (pulper house) cherry kopi arabika. Kemudian kita berupaya memaksimalkan dengan membeli peralatan lengkap supaya masyarakat kelompok tani semakin bersemangat dalam mengelola kopi," kata Hadie.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Di tempat yang sama salah seorang DDV Sumbar mengatakan, bangga dengan kegiatan ini, karen semua pihak terutama petani kopi solok tampak antusia dan aktif ikut kegiata launching ini. "Melihat warga petani kopi solok sirukam sangat hangat aktif dan antusias,  harapannya semoga Kopi Solok Sirukam berkembang dengan baik, distributor dan pemasaran juga meningkat," ujar Zahra salah satu DDV Sumbar. (Nurul).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dompet Dhuafa Singgalang Launching Program Pemberdayaan Petani Kopi di Sirukam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar