Kelebihan Home Schooling di banding Pendidikan Formal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di zaman modern ini pendidikan adalah hal terpenting karena dengan menempuh jalur pendidikan akan menghasilkan manusia yang berwawasan luas dan berkarakter yang dapat berguna bagi negara di masa yang akan datang.

    Pendidikan pun sekarang banyak jenis nya, ada pendidikan formal yaitu pendidikan yang di lakukan di sekolah dengan mengikuti peraturan yang jelas, sistematis, menggunakan sistem naik kelas atau pendidikan berjenjang serta pembelajaran yang rutin.

    Selain pendidikan formal ternyata ada juga pendidikan yang di lakukan di rumah atau di sebut home schooling, ini adalah model pembelajaran alternatif selain di lingkungan sekolah dengan cara pendidikan langsung dari orang tua atau pun dengan mendatangkan langsung guru private kerumah.

    Baca juga : Bupati Dan Dandim 0314/Inhil Hadiri Pelantikan Pengurus Granat Inhil

    Sesuai dengan namanya home schooling berarti pendidikan itu hanya berpusat di rumah. Ternyata home schooling mempunyai keunggulan di banding pendidikan formal loh, Inilah beberapa kelebihan nya:

    • Pendidikannya lebih terkostumisasi

    Dengan home schooling, orang tua bisa mengatur pendidikan apa yang akan diberikan ke anaknya. Kurikulum nya pun bisa di susun sendiri oleh orang tua yaitu memilih materi apa yang akan di ajarkan kepada anak dan menentukan gaya belajar sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang si anak miliki.

    • Lebih mematangkan kemandirian anak

    Si anak akan lebih mandiri saat proses pendidikannya, ia tak akan bergantung kepada teman atau orang lain dalam pembelajaran, akan melatih si anak percaya akan kemampuan diri nya sendiri dalam proses pembelajaran yang ia dapatkan .

    • Fleksibel dari pada pendidikan di sekolah

    Kelebihan home schooling dari pada pendidikan formal yaitu gaya belajar yang lebih fleksibel, hemat biaya, waktu pembelajaran yang lebih singkat di banding di sekolah, dan model belajar yang simpel.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Lebih mendukung potensi yang di miliki anak

    Ternyata dengan belajar home schooling pun bisa mendukung berkembangnya potensi yang di miliki anak karena proses pendidikan bisa di lakukan sejak sedari dini dan kapan saja tanpa ada ketentuan.

    • Potensi anak akan lebih mudah di kenali

    Kelebihan lain dari metode belajar ini pun yaitu potensi yang di miliki si anak akan mudah terlihat karena hanya berfokus kepada satu anak saja, sehingga potensi nya lebih mudah untuk di kembangkan.

    • Mudah beradaptasi dan menerapkan teori pembelajaran di dalam kehidupan

    Anak yang menempuh pendidikan dengan jalan home schooling lebih mudah untuk beradaptasi dan menerapkan teori yang telah ia pelajari dengan praktik nyata karena kegiatan pembelajaran yang ia dapatkan berdasar pada kehidupan sehari hari.

    • Orang tua lebih dekat dengan anak

    Karena pendidikannya di lakukan dirumah maka orang tua pun turut serta dalam mendidik anaknya sehingga hubungan anak dan orang tua akan semakin dalam, aspek psikologis anak pun akan tumbuh dengan baik karena di pantau langsung oleh orang tua.

    • Kekeluargaan akan lebih erat

    Jika di sekolah formal, anak akan jauh dari orang tuanya sehingga membuat si anak dan keluarga tidak begitu dekat karena ia lebih lama di sekolah di banding di rumah. Lain cerita dengan home schooling, karena mendidik anak dirumah maka orang tua mudah untuk menanamkan prinsip kekeluargaan kepada si anak.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Tak terpengaruh hal buruk pendidikan formal

    Anak pun akan terhindar dari pengaruh buruk yang ada di lingkungan sekolah, seperti mencontek, perilaku bully membully, ikut serta dalam tawuran, pornografi, terlibat penyalah gunaan obat terlarang, dan juga kebiasaan jajan sembarangan.

    • Anak tidak akan minder

    Kelebihan dari home schooling juga akan membuat anak percaya diri dan tidak merasa minder karena diri nya tak akan di bandingkan dengan anak lain, hal ini sering terjadi di sekolah seperti guru akan membandingkan anak yang satu dengan anak yang lain.

    Itulah kelebihan dari konsep belajar home schooling di banding pendidikan formal. Namun kembali lagi kepada orang tua, pendidikan seperti apa yang ingin ia berikan kepada si anak.(barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Home Schooling di banding Pendidikan Formal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar