Akreditasi Jurusan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), universitas ini telah berdiri sejak 17 Maret Tahun 1956, berada pada Jalan Ir. Soekarno KM 20, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hingga saat ini unversitas ini telah memiliki 2 Fakultas dengan total 6 program studi.

    Program Studi

    Strata

    Akreditasi

    Status

    Magister Terapan Studi Pemerintahan

    S2

    B

    Berlaku hingga 9 April tahun 2024

    Manajemen pemerintahan

    S1

    B

    Berlaku hingga 30 Juli tahun 2024

    Manajemen Pembangunan

    S1

    B

    Berlaku hingga 6 Agustus tahun 2024

    Kebijakan Pemerintah

    S1

    B

    Berlaku hingga 3 September tahun 2024

    Sumber : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi / BAN-PT

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fakultas Politik Pemerintahan

    1.   Program Studi Kebijakan Pemerintah

    Program studi kebijakan pemerintahan merupakan program studi inti dari ilmu pemerintahan. Program studi ini mempelajari hal – hal tentang  kebijakan suatu pemerintah pada suatu negara seperti, pemahaman pada fungsi politik suatu pemerintahan.

    Kebijakan pemerintah adalah sarana bagi pemerintah untuk menguasai serta mengendalikan aktivitas – aktivitas sosial. Aktivitas tersebut antara lain, kegiatan dalam mengatur dan mengarahkan masyarakat dengan cara pembuatan peraturan perundang – undangan, dan lain sebagainya yang bersifat fundamental.

    Lulusan program studi kebijakan pemerintah akan mampu menjadi seorang policy analyst atau secara praktikal akan mampu dalam membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan – kebijakan pemerintah yang baik dan  berkualitas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2.   Program Studi Ilmu Pemerintahan

    Program studi ini akan mempelajari teknik dalam melakukan manajemen serta pengelolaan lembaga – lembaga yang memiliki fungsi dalam menjalankan fungsi negara sesuai dengan undang – undang. Di program studi ini mahasiswa akan diajarkan tugas – tugas manajemen dan administrasi di dalam pemerintahan.

    Lulusan dari program studi ilmu pemerintahan biasanya berfokus pada profesi di bidang birokrasi dan administrasi pemerintahan. Lulusan program  studi ini memiliki peluang karir sebagai aparat pemerintahan, anggota legislatif, dan lain sebagainya.

    Fakultas Manajemen Pemerintahan

    1.   Program Studi Manajemen SDM

    Karyawan adalah aset yang penting bagi suatu perusahaan. Oleh sebab itu, manajemen sumber daya manusia adalah hal yang penting bagi suatu perusahaan. Program studi ini mempelajari cara mengelola dan mengembangkan potensi SDM di suatu perusahaan, serta menyediakan layanan SDM pada individu dan kelompok yang berada di perusahaan tersebut.

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, karyawan adalah aset yang penting bagi perusahaan, ini karena karyawan lah yang memiliki peran dalam menggerakkan perusahaan. Program studi ini cocok bagi kamu yang ingin mempelajari dampak sumber daya manusia terhadap perusahaan.

    Setiap perusahaan membutuhkan manajemen sumber daya manusia. Lulusan program studi ini memiliki prospek kerja yang luas antara lain, manajer sumber daya manusia, analisis sumber daya manusia, dan analisis tenaga kerja.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pawyatan Daha

    2.   Program Studi Manajemen Pembangunan

    Program studi pembangunan adalah program studi yang mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan persoalan pembangunan pada negara berkembang. Pembangunan ini mencakup pembangunan industri, ekonomi, infrastruktur, dan lain sebagainya.

    Lulusan program studi ini memiliki peluang karir yang bagus. Ini disebabkan karena Indonesia adalah negara berkembang yang sedang aktif dalam pembangunan. Lulusan program studi ini dapat berkarir pada lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi publik, sektor swasta, dan BUMN.

    3.   Program Studi Manajemen Keuangan

    Program studi manajemen keuangan akan mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengelola, dan menggunakan sumber daya keuangan, dan melakukan analisa terhadap aspek keuangan suatu perusahaan.

    Lulusan program studi ini akan memiliki peluang karir pada sektor keuangan, sebagai investor, analisis risiko keuangan, bankir, dan lain – lain.

    4.   Program Studi Manajemen Pemerintahan

    Program studi manajemen pemerintahan akan mempelajari ilmu politik, administrasi politik, ilmu hukum, ekonomi, ekologi pemerintahan, dan sistem pemerintahan. Lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai aparatur sipil negara, pejabat negara, bahkan sebagai dosen (Attalah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar