Akreditasi Jurusan Kampus Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pendidikan nasional bertujuan membentuk masyarakat Indonesia, yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik (intelektual) yang tinggi, terutama dengan keunggulan sistem non-akademik (emosional dan spiritual) sesuai dengan ketentuan Pasal 31 UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 pada sistem pendidikan nasional.

    Pembentukan lembaga pendidikan tinggi Islam adalah salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan untuk mempersiapkan para pemimpin Bangsa masa depan yang memiliki keterampilan tinggi di bidang IQ (kuota kecerdasan) dan ESQ (kuota spiritual spiritual), sebagai mayoritas penduduk di Indonesia adalah Muslim sehingga cita-cita luhur bangsa Indonesia dapat dicapai dengan baik dan sejahtera.

    Dari keinginan KH. Masbuhin Faqih, penjaga pondok pesantren Mambaus Sholihin untuk memiliki lembaga tersier bagi lulusan madrasah Aliyah Mambaus Sholihin, akhirnya membuahkan hasil. Pada tanggal 29 Juni 2003, Institut Islam Abdullah Faqih resmi dibuka di pondok pesantren Mambaus Sholihin untuk bertepatan dengan acara haflah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan tekad dan keberanian penuh dari semua pihak, terutama wali amanat, Inkafa akhirnya secara resmi ditetapkan sebagai lembaga tersier di distrik tersebut. Institut Agama Abdullah faqih (INKAFA) didirikan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa yang memiliki kematangan ajaran Islam a la Ahlussunnah Waljama'ah, untuk memiliki kemampuan akademik, profesional yang tinggi, yang dapat juga menjadi ilmu serta praktik teknologi. , mengembangkan atau menciptakan serta teknologi.

    Sebagai Islam, karakter yang saleh (akhlak al karimah), dan berjuang untuk penggunaan IMTAQ dan Sains dan Teknologi untuk kesejahteraan fisik dan spiritual, masyarakat, bangsa dan negara. Dan mereka menghasilkan lulusan yang berkualifikasi di bidang transmisi Islam, hukum Islam, perbankan Islam, pelatihan guru Islam dan pengembangan bahasa Arab, dan memperdalam ilmu interpretatif.

    INKAFA saat ini memiliki empat fakultas yaitu fakultas Tarbiyah, fakultas Syariah, fakultas dakwah dan fakultas Ushuluddin. Fakultas Tarbiyah memiliki dua mata pelajaran utama, yaitu Departemen Pendidikan Islam dan Pengajaran Bahasa Arab. Fakultas Syariah memiliki dua gelar, yaitu Ahwal al-syahsiyah dan Muammalah. Fakultas Dakwah memiliki satu jurusan, yaitu Divisi Komunikasi Penyiaran Islam, dan fakultas Ushuluddin memiliki satu jurusan, yaitu Hadits Tafsir. Ikafa masih muda, tetapi dia bertekad untuk membuat muridnya masa depan. Itu bisa dilihat dari beberapa jargon yang dimilikinya.

    Yakni, pelatihan masa depan yang mewujudkan Get Your Future. Ketentuan ini didasarkan pada beberapa hal, yaitu: Pertama, INKAFA adalah lembaga tersier di bawah naungan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, dan menjadi lembaga di bawah perlindungan Mambaus Sholihin, dan INKAFA secara otomatis menerima berbagai manfaat yang selalu dimiliki Mambaus Sholihin.

    Visi dan Misi Kampus Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik 

    Visi

    Tafaqquh, Ta'abud dan Takholluk.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Muara Teweh

    Misi

    1. Mengatur pendidikan tinggi di sekolah asrama Mambaus Sholihin.
    2. Melaksanakan kegiatan mengajar yang efektif dan efisien sehingga setiap siswa dikembangkan secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya.
    3. Menumbuhkan apresiasi dan mempraktikkan ajaran Islam dan budaya nasional agar menjadi sumber kebijaksanaan yang dipamerkan.
    4. Melengkapi IMTAQ dan Sains dan Teknologi, terutama untuk Sanitasi dan secara umum untuk masyarakat, lembaga, lembaga dan pemerintah.
    5. Melakukan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan empiris, teori, konsep, metodologi dan informasi untuk rakyat Bangsa dan negara​.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik :

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Pendidikan Bahasa Arab

    S1

    0452/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

    2017

    B

    2022-01-26

    Ahwal Al-syakhshiyah

    S1

    1415/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017

    2017

    B

    2022-05-16

    Muamalah

    S1

    2188/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017

    2017

    B

    2022-07-04

    Komunikasi Dan Penyiaran Islam

    S1

    2491/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017

    2017

    B

    2022-08-01

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    2487/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

    2016

    B

    2021-10-20

    Pendidikan Bahasa Inggris

    S1

    773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015

    2015

    C

    2020-07-10

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dengan demikian, semua kebutuhan Institut mengenai jaringan sekolah asrama Islam telah diputuskan sejak awal, sebelum INKAFA didirikan. Tidak dapat dihindari, ini berdampak pada INKAFA, dengan bukti bahwa INKAFA telah berhasil meningkatkan kualitas mahasiswanya dengan berhasil merekrut dosen berpengalaman di bidang dan suku profesional mereka. Bahkan beberapa di antaranya adalah alumni asing.

    Kedua, Mamba'us Sholihin akan memastikan kelangsungan masa depan murid-muridnya dengan menemukan terobosan bagi lulusannya.

    Ini terlihat dari beberapa alumni yang masih melakukan kontak aktif; kontak spiritual dan langsung dengan Mambaus Sholihin masih dapat menemukan aktivitas baru yang lebih penting dari sebelumnya. Apalagi sekarang bahwa jaringan HAMAM telah dibangun yang telah melebarkan sayapnya, membuka pekerjaan untuk semua alumninya yang belum memiliki jadwal sibuk.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar