Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sunan Giri Surabaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Sunan Giri Surabaya (UNSURI Surabaya) adalah lembaga Islam swasta yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama, didirikan oleh Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), didirikan pada tahun 1960. 

    UNSURI adalah salah satu dari ratusan lembaga universitas yang tersebar di seluruh Universitas dan dimiliki oleh Nahdlatul Ulama. Selain itu, mengajar relatif tidak mahal, menjadikan Unsuri salah satu universitas favorit PTNU di Surabaya, Jawa Timur.

    Universitas Sunan Giri lahir dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), didirikan pada tahun 1960, tepatnya dengan diterbitkannya dekrit PP.LP Ma'arif nomor 667 / A / FT / PTINU / XI / 60 tanggal 5 November 1960, mengajar institusi agama akademik di Malang.

    Akademi terus tumbuh sejalan dengan dinamikanya, hingga pada tahun 1970 menjadi Akademi Nahdlatul Ulama, Sunan Giri, Jawa Timur, yang mengoordinasikan beberapa departemen yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kebangkitan Universitas Sunan Giri, Jawa Timur, ditandai dengan diterbitkannya Instruksi PBNU n. 256 tahun 1976, tanggal 23. Rajab 1396 H / 20 Juli 1976, tanggal dikeluarkannya arahan, ditetapkan sebagai tanggal lahir Universitas Sunan Giri di Surabaya. Pada saat itu, Universitas Sunan Giri secara eksklusif adalah divisi Tarbiyah di Malang, Surabaya dan Ponorogo.

    Dengan modal ini, Universitas Sunan Giri melanjutkan pengembangannya dengan membuka departemen teknik sipil, ilmu sosial dan politik, pelatihan hukum dan guru.

    Selain pembukaan divisi baru di daerah, departemen pertanian Malang, fakultas hukum dan departemen Tarbiyah di Gresik, departemen teknik, departemen ilmu sosial dan politik, departemen Tarbiyah di Mojokerto, semua di bawah naungan Sunan Giri Universitas Jawa Timur.

    Dengan peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia, fakultas-fakultas di Universitas Sunan Giri, Jawa Timur, yang berada di luar kota Surabaya, mengalami kesulitan memperoleh posisi atau, dengan kata lain, mereka membutuhkan tempat mereka.

    Oleh karena itu, jurusan Universitas Sunan Giri, yang terletak di luar kota Surabaya, sejak tahun 1980 terpisah secara fisik dari Universitas Sunan Giri, Jawa Timur, sehingga Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Islam Gresik (UNIG), Universitas Raden Wijaya Mojokerto dan Surabaya, Sunan Giri menjadi Universitas Surabaya.

    Sejak awal, Universitas Sunan Giri menggunakan gedung TPP Khadijah yang terletak di Jalan Ahmad Yani no. 204 Surabaya sebagai pelajaran, tetapi kantor kantor pusat universitas menggunakan bangunan di Jalan Brigjen Katamso II Waru, Sidoarjo.

    Pada Maret 2007, semua kegiatan belajar mengajar telah ditransfer ke Kampus II, yang merupakan rumah pribadi.

    Sejalan dengan perkembangan kebutuhan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, khususnya para siswa yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, oleh karena itu penambahan ruang baca membutuhkan pasokan segera. Dari hasil usahanya dan menyelamatkan dirinya sendiri, Universitas Sunan Giri akhirnya dapat membeli tanah seluas 4,5 hektar di wilayah Waru-Sidoarjo.

    Dengan bantuan Gubernur Jawa Timur, saya, sebesar Rp. 28.000.000, - (dua puluh delapan juta rupee), tahap pertama pembangunan kampus akan dimulai. Jadi, dengan bantuan Presiden Republik Indonesia sebesar Rp. 50.000.000, - (lima puluh juta kesamaan) dan didukung oleh Dana Pinjaman Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur, Universitas Sunan Giri melanjutkan pembangunannya yang diarahkan ke Kantor Sekretaris dan ke berbagai ruang kelas di mana implementasinya dikelola oleh para ahli dari departemen teknik Universitas Sunan Giri.

    Pada tahun 1988 atau tepatnya 17 November 1988, universitas Sunan Giri menerima bantuan dari Amal Muslim Pancasila dengan nominasi presiden Dana Amal Muslim Pancasila nomor: 54 / kep / 8 / YAMP / xi / 88 dalam bentuk 10 x masjid 19 meter, masjid ini dibangun di kampus di Universitas Sunan Giri sebagai tempat ibadah bagi pengelola dana, eksekutif universitas, guru, siswa dan masyarakat.

    Yayasan Universitas Islam Sunan Giri akan terus membangun kampus untuk melengkapi kampus guna memfasilitasi kegiatan akademik dan akan terus membangun kampus untuk menyelesaikan perkebunan seluas 4,5 hektar.

    Visi dan Misi Universitas Sunan Giri Surabaya :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan

    Visi Unsuri adalah:

    Menjadi universitas tingkat atas dan berdaya saing global dalam bidang kewirausahaan dan penelitian praktis serta memiliki keunggulan kompetitif di sektor industri dan kewirausahaan pada tahun 2039.

    Misi Unsuri adalah:

    1. Melakukan pendidikan tinggi yang mempelajari sains dan teknologi yang bersifat agama dan nasional.
    2. Organisasi institusi universitas sebagai penguatan ekonomi berbasis kewirausahaan dan dengan perspektif internasional.
    3. Mengembangkan penelitian praktis di berbagai bidang sains dengan cara yang profesional, global, dan kompetitif.
    4. Mengembangkan model layanan masyarakat untuk meningkatkan daya saing global.
    5. Pelihara kesadaran dan mentalitas wirausahawan.
    6. Mengembangkan kewirausahaan dan menciptakan inovasi di bidang kewirausahaan​.

    Berikut  Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sunan Giri Surabaya :

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Teknik Mesin

    S1

    2392/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017

    2017

    C

    2022-07-25

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    2792/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017

    2017

    B

    2022-08-15

    Teknik Sipil

    S1

    2983/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017

    2017

    B

    2022-08-15

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

    S1

    4145/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017

    2017

    B

    2022-10-31

    Ekonomi Syari`ah

    S1

    0030/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2016

    2016

    B

    2021-01-21

    Pendidikan Islam

    S2

    252/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2015

    2015

    B

    2020-04-10

    Ahwal Al-syakhshiyah

    S1

    502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015

    2015

    B

    2020-05-30

    Ilmu Administrasi Negara

    S1

    1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

    2015

    C

    2020-10-31

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Universitas Sunan Giri, yang merupakan bagian terkecil dari universitas swasta, sebenarnya terlibat dalam pembangunan, terutama di bidang pendidikan. Sejauh ini hasil yang dicapai oleh Universitas Sunan Giri tidak dapat dipisahkan dari upaya dan minat para manajernya, dan tentu saja, ada beberapa anggota yang berpartisipasi dalam pengembangan Universitas Sunan Giri.

    Tentu saja, mereka yang berpartisipasi dalam pengembangan Universitas Sunan Giri harus terus berpikir tentang pengembangan Universitas Sunan Giri di masa depan.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sunan Giri Surabaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar