Pengaruh teknologi dalam perkembangan ekonomi suatu negara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat ini kita sedang berada di era teknologi yang sedang berkembang sangat pesat. Dan perkembangan akan terjadi sangat cepat dan terus menerus sehingga kita harus lebih tanggap terhadap perkembangan tersebut agar kita tidak tertinggal dengan modernisasi teknologi saat ini.

    Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini menjadi hal yang wajar dan tidak dapat dihentikan, karena semakin berkembangnya teknologi maka akan berbanding lurus dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

    Tentunya dari perkembangan pesat bidang teknologi ini mampu memberikan dampak, dan pastinya dampak dalam hal positif. Tidak hanya memberi manfaat untuk satu bidang, tapi juga mencakup banyak bidang sehingga manfaat dari perkembangan tersebut dapat dirasakan secara merata.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jika dilihat pada saat ini, pada perekonomian suatu negara mulai merasakan peran pentingnya yang sangat signifikan, suatu jarak bukan lagi menjadi masalah karena sudah ada fasilitas dari teknologi yang mengatasi hal tersebut.

    Oleh karena itu, Negara merupakan salah satu yang pasti merasakan dampak atau pun pengaruh dari perkembangan teknologi, baik itu di bidang informasi, perdagangan, dan salah satu yang terpenting adalah bidang ekonomi. Lalu seperti apa pengaruh teknologi dalam perkembangan ekonomi suatu negara, berikut diantaranya :

    1. Meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi

    Dengan perkembangan teknologi, sangat memberikan manfaat dari segi ekonomi, baik itu secara pribadi maupun ekonomi negara. Peningkatan ekonomi ini terjadi karena dengan adanya teknologi, kendala-kendala yang biasanya di dapatkan dapat di hilangkan, sehingga beban negara menjadi berkurang.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Maraknya Industrialisasi

    Ketika peningkatan ekonomi negara meningkat pesat, maka akan banyak investor yang berani menanamkan saham nya sehingga perusahaan pun membangun suatu industri. Nah dari industri ini akan menarik banyak pekerja sekitar sehingga banyak hal yang bisa di lakukan

    3. Peningkatan Produktivitas Dunia Industri

    Perkembangan teknologi juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan produktivitas dari perindustrian, ketika produk meningkat maka juga akan memberikan impact yang besar pula pada pemasukan negara.

    4. Teknologi Membantu Perkembangan Ekonomi dari Nol

    Apabila suatu produk dari negara yang baru diluncurkan dan negara berharap mampu membesarkan produk dan menjadikan sumber pemasukan ekonomi negara, maka peran teknologi dapat di manfaatkan, sebagai penambah atau pengganti sumber daya manusia, sehingga banyak hal yang bisa di lakukan secara lebih. Tentunya akan memberikan keuntungan besar dan juga pemasukan yang besar pula untuk negara

    5. Menguatkan hubungan bilateral antar negara

    Dengan perkembangan teknologi, mampu membawa negara-negara melakukan kerja sama di berbagai bidang. Tentunya termasuk bidang ekonomi. Apabila sudah terjadi kerja sama antar negara akan ada suatu keuntungan yang bisa di dapat oleh negara sebagai pemasukan ekonomi yang baik. Dengan teknologi juga membuat minat dari negara lain tertarik untuk mempelajari sistem ekonomi suatu negara untuk menjadi contoh bagi negaranya dalam pemanfaatan teknologi untuk menguatkan sektor ekonomi suatu negara tersebut.

    Baca juga : Bupati Wardan Resmikan Aplikasi SIMRS GOS ll

    Memang tidak bisa di pungkiri lagi, suatu negara jika ingin maju dan cepat berkembang maka harus peka terhadap teknologi yang sedang berkembang saat ini. Baik itu teknologi hasil karya anak bangsa maupun luar negeri. Sebagai contoh Negara United Stage of America (USA), Jepang, Rusia yang merupakan beberapa negara yang menerapkan teknologi di bangsa mereka, dan terbukti mereka mampu menjadi negara yang benar-benar maju.

    Penerapan mereka lakukan di berbagai bidang, dan yang pasti di terapkan di bidang ekonomi dari negara tersebut, sehingga mereka menjadi salah satu negara penguasa ekonomi di negara. Oleh karena itu kepekaan negara terhadap perkembangan teknologi dan penerapan nya terhadap bidang-bidang yang ada salah satunya bidang ekonomi harus cepat dilakukan.

    Semoga bermanfaat (Zainal).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengaruh teknologi dalam perkembangan ekonomi suatu negara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar