Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Darussalam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara tentang akreditasi, mungkin sering di dengar tapi kurang mengerti maksudnya. Akreditasi merupakan nilai sebagai tingkat kelayakan suatu instansi ataupun sekolah / kampus. Akerditasi ini berguna untuk menarik minat peserta didik agar mengetahui berapa nilai kelayakan sekolah tersebut. Ada beberapa organisasi / lembaga yang menilai akreditasi ini, salah satunya yaitu Badan Akreditasi Nasional PT (Perguruan Tinggi) biasa disebut BAN PT.

    Badan inilah yang bertugas dan diberi wewenang untuk menilai atau mengakreditasi suatu sekolah, wewenang tersebut diberi oleh pemerintah kita yaitu pemerintahan Indonesia. Berbicara tentang akreditasi, mungkin sering di dengar tapi kurang mengerti maksudnya. Akreditasi merupakan nilai sebagai tingkat kelayakan suatu instansi ataupun sekolah / kampus.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Akreditasi ini berguna untuk menarik minat peserta didik agar mengetahui berapa nilai kelayakan sekolah tersebut. Ada beberapa organisasi / lembaga yang menilai akreditasi ini, salah satunya yaitu Badan Akreditasi Nasional PT (Perguruan Tinggi) biasa disebut BAN PT. badan inilah yang bertugas dan diberi wewenang untuk menilai atau mengakreditasi suatu sekolah, wewenang tersebut diberi leh pemerintah kita yaitu pemerintahan Indonesia.

    Indonesia sudah banyak tersebar ilmu – ilmu pendidikan melalui jenjang pendidikan sekolah tinggi. Sekolah tinggi yang mempunyai dasar kebidanan yaitu Akademi Kebidanan atau yang disingkat Akbid. Meskipun pendidikan di Indonesia memang terlambat lebih dari 120 tahun, hal itu malah membuat Indonesia semakin semangat. Untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, diperlukan ilmu pendidikan yang sudah maju.  Di Indonesia sendiri sudah banyak juga Akademi kebidanan di berbagai provinsi. Provinsi – provinsi yang ada di Indonesia juga ikut mengembangkan pendidikan yang terlambat itu.

    Provinsi Aceh salah satunya, provinsi yang berada di ujung utara pulau sumatera. Walaupun telah dilanda tsunami pada tahun 2004. Tapi kegiatan belajar - mengajar masih bisa berlangsung hingga kini. Ini membuktikan bahwa provinsi Aceh juga ikut serta mengembangkan pendidikan di Indonesia.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Gunung Leuser Aceh

    Ada salah satu perguruan tinggi di Provinsi Aceh, yaitu Akademi Kebidanan Darussalam. Beralamat di Jalan Krueng Jambo Ayee, Geuceu Komplek, Provinsi Aceh. Telah di sahkan oleh Ban PT, dengan nomor SK 118DO2006 tanggal 18 Juli 2006. Akademi ini berdiri pada tanggal 18 Juli 2006, masih aktif sampai sekarang. Jika di hitung, maka kurang lebih akademi ini telah berdiri selama 13 tahun. Hal tersebut mencengangkan dengan adanya akreditasi prodi yang telah memadai nilai standar akreditasi BAN PT, prodi tersebut ialah :

    1.  Prodi                : Kebidanan

         Strata               : Diploma Tiga (D3)

         Akreditasi       : B

         No Sk               : 0181/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2017

         Kedaluarsa     : 31 Maret 2022

         Status              : Aktif (Masih berlaku)

         Tahun SK        : 2018

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Apa yang dipelajari di Prodi (Program Studi) kebidanan? Di program studi atau prodi Kebidanan kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara membantu proses persalinan dari ibu hamil. Tapi, Kebidanan bukan hanya sebatas proses persalinan, tapi juga merangkap proses mulai dari waktu atau fase - fase dalam kehamilan, merawat tumbuh kembang bayi, menyusui, hingga program KB (Keluarga Berencana).

    Di sini kamu akan terus belajar lebih dalam tentang hal – hal dari fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkenaan dengan usaha meningkatkan, mengembangkan kesejahteraan keluarga. Menjadi bidan merupakan satu dari pekerjaan yang mulia. Disini Kamu akan mengerti bahkan memahami perjuangan seorang ibu dalam proses persalinan, dan lebih perhatian dengan kesehatan reproduksi. Ada beberapa kerjaan untuk lulusan kebidanan, yaitu bidan di rumah sakit umum daerah, bidan di puskesmas, bidan di rumah sakit swasta, bidan di klinik persalinan serta bekerja di klinik pribadi.(Bintang)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Darussalam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar