Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kelautan Banyuwangi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kelautan di Indonesia merupakan wilayah yang luas terbentang  dan memiliki banyak sekali  kekayaan alam yang ada didalamnya, jadi tidak heran jika ada sebuah kampus mengatas namakan kelautan. Di daerah Bayuwangi Jawa Timur ada sebuah kampus Akademi Kelautan yang cukup terkenal.

    Kampus ini terletak dijalan Transmigrasi No.5, kabupaten Bayuwangi jawa timur  yang dibangun dan direkomendasikan oleh Bupati Bayuwangi No. 420/1359/439.021/2001 pada tanggal 10 oktober tahun 2001. Tidak hanya kampus / perguruan tinggi, atas Prakarsa Bayuwangi, Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pendidikan Kabupaten Bayuwangi juga mendirikan Sekolah menengah kejuruan pelayaran perikanan bayuwangi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada umumnya  kampus akademi kelautan yang ada di Bayuwangi merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang favorit serta menjadi kampus kebanggaan yang ada di kota Bayuwangi Jawa timur. Pada umumnya orang banyak sudah banyak mengetahui berkembang pesatnya teknologi informasi yang berubah – ubah setiap waktunya.

    Oleh karena itu, untuk menjadi seorang yang berguna untuk bangsa dan negara ini dan untuk memperjuangkan  itu semua tidak bisa diam saja, dengan belajar ilmu teknologi, dan ilmu perkembangan jaman seperti pelayaran dan berniaga bisa membuat kita maju dan sukses dimasa depan.

    Kampus ini dibangun atas dasar kebutuhan yang begitu mendesak dengan tenaga yang profesional dan ahli dibidang kemaritiman. Karena itulah dibentuknya sebuah yayasan yang  telah disepekati oleh yayasan bahari bayuwangi untuk membangun kampus akademi kelautan bayuwangi  yang berjenjang  Diploma /D-III  yang memilki 1 Jurusan dengan tiga bidang Program Studinya,   yaitu :

    • Nautika, yaitu program studi yang mempelajari tentang melatih seseorang untuk menjadi seorang perwira pelayaran besar disamudera.
    • Teknika, yaitu program studi yang berkaitan dengan aspek – aspek rekayasa industri kemaritiman atau bisa menjadi insinyur di dalam kapal
    • KPNK, yaitu program studi yang membutuhkan  sebuah fasilitas pelabuhan untuk  disamudra atau sungai untuk menerima kapal yang berlabuh dilautan, membawa barang, memuat barang, memindahkan barang dan membongkar barang sekalipun.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Karimun

    Akreditasi Program Studi Akademi Kelautan Bayuwangi

    Perguruan Tinggi

    Akademi kelautan bayuwangi

    Program studi

    Ketatalaksanaan pelayaran Niaga dan Kepelabuhan

    Strata

    Diploma 3

    Peringkat / Akreditas

    B

    No. SK

    0867/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2017

    Wilayah

    07

    Tahun Kadaluarsa

    29 -- 03 – 2022

    Status kadaluarsa

    Masih Berlaku

    Inilah akreditasi program studi yang dimiliki kampus Akademi Kelautan Bayuwangi.

    Akreditasi Institusi Kampus Akademi Kelautan Bayuwangi

    Perguruan Tinggi

    Akademi Kelautan Bayuwangi

    Peringkat / akreditasi

    C

    No. SK

    153/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015

    Wilayah

    07

    Tahun Kadaluarsa

    10 – 04 -- 2020

    Status Kadaluarsa

    Masih Berlaku

    Ini akreditasi Institusi Kampus Akademi Kelautan Bayuwangi. Untuk meningkatkan pengembangan dan kemampuan akademi kelautan ini, Yayasan Bahari Bayuwangi memberi pengelolaan Akademi Kelautan Bayuwangi kepada pemerintah Kabupaten Bayuwangi yang melewati perantara Kabupaten Bayuwangi yaitu Ir. H. Samsul Hadi pada tanggal 9 Januari tahun 2004. Pada tahun 2004 juga Akademi Kelautan Bayuwangi meraih rekom perhubungan laut nomer 061/Rekom/IV/Diklat-2004 untuk jurusan Nautika pelayaran Niaga tingkat tiga dan teknika pelayaran tingkat tiga. Prestasi yang dimilki kampus ini yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Juara 1 kumite – 67 kg Putra Senior
    2. Juara 1 Dayung Kano Putra
    3. Juara 1 Kata Perorangan Putra senior

    Jumlah dosen kampus ini berjumlah 6 Dosen dan mahasiswa berjumlah 138 mahasiswa.

    Akademi Kelautan Bayuwangi juga memiliki Visi sebagai berikut :

    • Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi kemaritiman yang berkarakter, berkualitas, mandiri dan professional serta mampu bersaing dalam menghadapi tantangan era global.

    Dan Misi sebagai berikut :

    • Mengembangkan ilmu pengetahuan dengan menyelenggarakan pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas global.
    • Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia agar memiliki wawasan yang luas, disiplin dan etos kerja yang tinggi sehingga menjadi tenaga profesional yang tangguh dan Produktif.
    • Menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) untuk kesejahteraan umat.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kelautan Banyuwangi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar