Narasi Pemuda

Daftar Isi

    By. Afdhal RM

    Melahirkan generasi hebat untuk meneruskan estafet kepemimpinan bangsa adalah harapan semua negara di dunia. Maka orang yang paling tepat untuk memikul harapan itu ialah pemuda. Peradaban hanya akan dilahirkan dari jiwa-jiwa kokoh yang siap berjuang dengan penuh gelora. Seorang ulama besar Imam syahid Hasan al Banna pernah mengatakan setiap kebangkitan pemudalah pilarnya, di setiap pemikiran pemudalah pengibar panji-panjinya.

    Pemuda merupakan komunitas manusia yang memiliki nafas panjang untuk bergerak. Mereka mampu beradaptasi secara cepat terhadap iklim zaman. Melakukan eksperimen gerakan yang terukur untuk menciptakan perubahan. Yusuf Qardhawi menggambarkan pemuda ibarat matahari saat jam dua belas siang, penuh semangat yang membara bak api, bersinar paling terang dan paling panas.

    Kecerdasan intelektual, semangat perjuangan, kekuatan fisik dan keberanian mental menjadi ciri khas para pemuda. Perpaduan elemen gerakan itu menjadikan mereka sebuah kekuatan 'tak terkalahkan' dalam setiap pergulatan zaman.

    Kita tidak melupakan sejarah besar bangsa indonesia. Kemerdekaan bangsa Ini dimulai dari keresahan kaum muda. Peristiwa Rengasdengklok menjadi saksi sejarah bhwa pemuda tidak bisa lagi menahan kesabaran agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan. Semangat anak-anak muda ini telah mengantarkan negara Indonesia kepada apa yg tertuang dalam pembukaan UUD 1945, pintu gerbang kemerdekaan.

    Setiap perputaran roda zaman tidak bisa melupakan kehadiran pemuda. Islam sebagai agama terbesar di dunia mencapai kejayaan dengan kekuatan pemuda. Dakwah Rasulullah pada permulaan islam turun di kota Makkah lebih mudah diterima oleh para pemuda. Mereka memiliki pikiran terbuka terhadap hal baru sehingga lebih mudah untuk menerima perubahan.

    Wajah masa depan suatu negara bisa diprediksi dari kualitas generasi muda hari ini. Maka tidak heran jika operasi menghancurkan suatu bangsa dengan merusak generasi muda. Hal ini mesti disadari oleh seluruh generasi muda. Barat dengan nilai kebebasan yang mereka anut akan berusaha melumpuhkan kekuatan islam dengan merusak generasi muda.

    Pemuda adalah kekuatan yang tak tergantikan dalam setiap momentum Perjuangan. Mereka ini menjadi energi kebangkitan untuk mewujudkan kemenangan. Begitu hebatnya kekuatan pemuda, dalam pidato yang membara bung Karno hanya butuh sepuluh orang pemuda untuk mengguncang dunia.

     

    ------

    Penulis adalah seorang Aktivis Pergerakan Pemuda dan Mahasiswa. Saat ini dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah KAMMI Pekanbaru dan Presiden Korps Instruktur Wilayah KAMMI Riau

     

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Narasi Pemuda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar