Oleh-Oleh Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Oleh-oleh adalah sesuatu yang kita beli untuk keluarga di rumah ketika mengunjungi suatu daerah. Ketika kita berkunjung ke suatu daerah tersebut tentu saja sudah menjadi sesuatu yang lumrah dan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh yang menjadi khas daerah tersebut untuk di bawa pulang. Setiap Provinsi yang ada di Indonesia hampir semuanya memiliki oleh-oleh khas daerah, begitu juga dengan Provinsi Riau.

    Oleh-oleh ini seakan sudah menjadi tradisi atau hal yang tidak bisa kita tinggalkan jika berkunjung ke suatu daerah termasuk Riau. Kita akan mencari oleh-oleh yang terbaik untuk di bawa pulang.

    Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia dimana provinsi ini terletak di Tengah Pulau Sumatera sehingga dikenal dengan Sumatera Bagian Tengah (Sumbateng). Provinsi ini terletak di bagian Tengah Pantai Timur Pulau Sumatera yakni di sepanjang pesisir Selat Melaka.

    Riau memiliki ragam kuliner serta oleh-oleh yang khas dan berbeda dengan daerah lain karena adanya pengaruh budaya melayu. Oleh-oleh Riau ini sangat sangat sekali untuk dilewatkan ketika kita berkunjung ke Riau. Jika biasanya Riau lebih dikenal dengan hasil kelapa sawitnya, namun kamu harus merubahnya mulai sekarang karena Riau juga memiliki banyak makanan khas, kuliner hingga oleh-oleh.

    Namun, bagi yang baru berkunjung ke Riau kadang merasa bingung dan bertanya-tanya apa saja oleh-oleh yang menjadi ciri khas Riau ini. Berikut ini beberapa oleh-oleh Riau yang berasal dari beberapa kabupaten yang ada di Riau :

    Oleh-Oleh Riau berupa Makanan

    Oleh-oleh Riau berupa Makanan ini adalah oleh-oleh dari Riau yang bisa dinikmati berupa cemilan atau makanan yang menjadi ciri khas di Riau. Oleh-oleh berupa makanan lebih dominan biasanya lebih banyak di cari oleh wisatawan.

    Baca Juga : Makanan Khas Pekanbaru

    Setiap mengunjungi suatu daerah, kita akan mencari makanan yang unik dan menjadi khas dari daerah tersebut. Oleh-oleh tersebut tujuannya kita bawa sebagai buah tangga untuk orang di rumah, teman-teman atau rekan kerja. Berikut oleh-oleh Riau yang berupa cemilan atau makanan :

    Bolu Kemojo

    Bolu Kemojo adalah makanan khas melayu dan menjadi oleh-oleh khas di Pekanbaru. Bolu ini banyak diminati bahkan sangat diminati baik itu warga Riau atau para wisatawan yang berkunjung karena teksturnya yang lembut serta rasanya yang legit. Rasa lembut menjadi ciri khas bolu kemojo, selain itu bolu kemojo ini cukup populer di mata wisatawan karena aroma pandan yang begitu kuat dari bolu ini.

    Bolu kemojo ini bisa dikatakan adalah ikon kuliner yang sangat sayang kamu lewatkan jika berkunjung ke Pekanbaru. Kamu bisa mendapatkan bolu kemojo ini dengan mudah, karena hampir setiap gerai oleh-oleh di Pekanbaru menyediakan Bolu Kemojo. Bolu kemojo ini bisa dikatakan juga makanan yang memiliki khas dan unik dan hampir semua warga di Pekanbaru menyukai bolu kemojo. Sehingga, bolu kemojo ini benar-benar direcommended untuk kamu yang ingin menemukan oleh-oleh Riau yang unik namun enak.

    Nah, jika biasanya bolu kemojo ini lebih diidentik dengan rasa pandan ternyata kini kamu bisa membawanya pulang dengan varian rasa yang berbeda seperti rasa kacang hijau, rempah, nangka, gula merah, kentang, labu kuning dan keju.

    Lempuk Durian

    Lempuk Durian ini adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas riau yang berbahan dasar durian. Rasa dan aroma khas dari durian pada lempuk durian ini membuat para pecinta durian tidak bisa melewatkan untuk membeli oleh khas Riau satu ini. Lempuk durian ini dibuat seperti dodol dan terbuat dari durian.

    Durian adalah buah yang hampir setiap orang menyukainya, aroma durian yang mengiurkan membuat orang sangat menikmati memakan buah durian. Durian ini juga bisa diolah menjadi ragam masakan, baik itu dimakan dengan ketan atau diolah menjadi kue atau es krim. Bagi masyarakat Riau merekapun kreatif dengan mengolah durian menjadi kuliner atau oleh-oleh yang melegenda yaitu lembuk durian.

    Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Jambi Yang Terkenal

    Lempuk durian ini memiliki tekstur yang khas yaitu liat serta rasa manis dan gurihnya menyatu dengan aroma khas durian sehingga sangat benar-benar ingin menikmatinya. Lempuk durian yang menjadi rekomendasi ini populer dari daerah Bengkalis. Dimana Bengkalis ini adalah daerah penghasil durian paling banyak, sehingga Bengkalis adalah tempat produksi lembuk durian yang mudah di dapatkan.

    Pancake Durian

    Pancake Durian adalah oleh-oleh Riau berikutnya yang juga berbahan dasar Durian. Nah, lagi-lagi untuk pecinta durian sangat sayang sekali untuk dilewatkan karena pancake durian ini sangat lezat dan lembut. Aroma buah durian terjaga dengan baik pada pancake durian karena durian lembut dibungkus dengan kulit khusus. Durian tersebut diolah dengan cara dihaluskan lalu dimasukan ke dalam kulit yang memiliki warna bervarian yang juga menjadi keunikan dari pancake durian ini.

    Seperti yang kita kupas sebelumnya, bahwa banyak sekali makanan yang bisa dihasilkan dengan bahan dasar durian. Bagi pecinta durian tentu saja sangat menyukai hal ini. Ketika berkunjung ke Riau, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan untuk tidak membeli oleh-oleh Riau yang satu ini. Namun, Pancake Durian ini hanya bisa dibawa untuk perjalanan yang tidak memakan waktu lama, karena durian yang ada dalam bungkusan tersebut bisa meleleh jika perjalanannya cukup panjang. Tips agar bisa menikmati lempuk durian yaitu konsumsilah dalam keadaan dingin, maka akan sangat terasa nikmat sekali.

    Keripik Nanas

    Keripik Nanas adalah oleh-oleh Riau berikutnya yang juga diperhitungkan. Pada dasarnya nanas adalah buah tropis sehingga hampir semua daerah atau tempat bisa memiliki nenas. Selain itu rasa manis dan asam dari buah nenas ini menimbulkan rasa cukup eksotis dan sangat banyak yang menyukai buah ini. Salah satu olahan yang populer dari nenas ini adalah keripik nanas. Meskipun diolah menjadi keripik yang digoreng hingga kering, rasa nenasnya tidak akan berkurang sama sekali dan tetap terjaga.

    Di Riau sendiri daerah yang terkenal dengan banyaknya tanaman nenas ini adalah Pekanbaru. Keripik nenas ini dikatakan layak untuk menjadi oleh-oleh Riau dan tidak boleh dilewati karena rasa asam khas nenas dan keripik ini juga tahan lebih lama sehingga sangat cocok dibawa jika menempuh perjalanan jauh.

    Dodol Kedondong

    Dodol Kedondong adalah oleh-oleh Riau berikutnya yang juga dari buah, jika kita telaah kebanyakan oleh-oleh Riau memang berbahan dasar buah. Kedondong bisa dikatakan buah yang cukup familiar oleh masyarakat Indonesia dan buah kedondong ini sering diolah menjadi rujak karena rasa yang unik dari kedondong ini.

    Rasa unik yakni manis asam yang dimiliki kedondong ini disulap oleh masyarakat riau menjadi dodol. Bisa dikatakan dodol dengan rasa manis ini merupakan inovasi terkini dan terbaik yang dimiliki oleh rasa Riau. Selain itu, tidak hanya rasa manis yang memikat hati, namun rasa asam dari buah kedondonglah yang membuat kamu harus mencobanya dan jangan sampai dilewatkan jika berkunjung ke Riau.

    Lopek Bugi

    Lopek Bugi ini adalah oleh-oleh Riau yang menjadi makanan khas dari Kampar. Lopek ini juga harus kamu cicipi karena memiliki rasa yang unik. Lopek bugi cukup mengenyangkan walaupun tergolong makanan ringan karena terbuat dari tepung beras ketan.

    Lopek bugi atau sering disebut dengan lepat ketan, sebenarnya saat ini tidak hanya di Riau saja. Lopek bugi juga sudah bisa didapatkan di luar riau, karena pembuatannya cukup mudah selain itu rasanya juga enak.

    Pembuatan lopek bugi ini cukup mudah yaitu menggunakan tepung beras ketan, lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Lopek ini memiliki rasa manis legit karena beras ketan yang juga dipadukan dengan bumbu khas, sehingga sangat sayang untuk kamu lewatkan.

    Salai Ikan Patin

    Salai Ikan Patin adalah oleh-oleh khas Riau berikutnya yang juga harus kamu coba dan jangan sangat sayang jika dilewatkan. Karena melimpahnya ikan Patin di wilayah Riau ini membuat masyarakat Riau bisa berfikir kreatif dalam mengolah dan mengubah ikan patin menjadi makanan yang memiliki nilai jual tinggi. Sehingga, dengan ide ini membuat peluang usaha lebih menjanjikan untuk masyarakat sekitar.

    Baca Juga : Makanan Khas Riau

    Salai ikan patin ini berbahan utama ikan patin, dimana kita sama-sama tahu bahwa ikan patin memiliki nilai gizi yang cukup tinggi sehingga salai ikan patin ini menjadi incaran bahkan sudah diekspor hingga keluar negeri. Ikan pantin yang diolah menjadi salai ini dengan tujuan agar bisa lebih tahan lama dan bisa mempertahankan kualitas rasa, tekstur dan nilai gizi yang dimiliki oleh ikan patin ini.

    Pastel Ikan Patin

    Pastel Ikan Patin adalah oleh-oleh khas Riau berikutnya yang juga hasil olahan ikan patin. Jika kita serung menjumpai pastel yang berisi ayam, sayurangatau udang sedangkan di Riau kamu bisa menemukan pastel yang diisi dengan olahan ikan patin. Ikan patin ini adalah salah satu unggulan masyarakat Riau karena banyak sekali ikan patin di Riau.

    Pastel ikan patin ini tentu saja memiliki rasa yang istimewa dimana ikan patin diolah dengan cara istimewa denga bumbu-bumbu yang khusus. Hal ini yang membuat Pastel ikan patin ini sangat sayang jika kamu lewatkan jika kamu berkunjung ke Riau dan harus kamu bawa sebagai alternatif oleh-oleh untuk keluarga.

    Kerupuk Ikan Tenggiri

    Kerupuk Ikan Tenggiri adalah oleh-oleh Riau yang berbahan dasar ikan tengiri yang masih segar. Pengolahannya dengan cara ikan tengiri tersebut dihaluskan lalu dicampur dengan adonan tepung beras dan bumbu-bumbu lainnya yang menghasilkan rasa unik dari kerupuk ini.

    Rasa kerupuk tenggiri ini gurih serta teksturnya renyah tentu saja membuat kerupuk ini menjadi favorit dan kamu yang berkunjung ke Riau jangan sampai melewatkan oleh-oleh Riau yang satu ini. Selain khas ikannya yang enak juga gizi dari ikan tenggiri ini cukup tinggi sehingga kamu harus mencicipinya dan membawa pulang.

    Ikan Selais Asap

    Ikan Selais Asap merupakan oleh-oleh Riau yang juga berbahan dasar ikan, dari pembahasan tadi bisa kita lihat bahwa ternyata oleh-oleh Riau banyak dari olahan ikan. Ikan selais asap ini dilakukan proses pengasapan terlebih dahulu pada ikan tersebut. Sehingga nantinya ikan ini bisa dinikmati seperti digulai atau digoreng dan olahan lainnya.

    Cita rasa khas dari ikan ini muncul karena proses pengasapan pada ikan ini selama delapan jam sehingga tekstur ikan ini tentulah sangat renyah untuk kita santap. Selain itu ikan selais ini bisa dijadikan alternatif oleh-oleh uang tahan lama.

    Kacang Pukul

    Kacang Pukul adalah oleh-oleh dari Riau yang unik sehingga sangat cocok untuk kamu yang memang suka mencari makanan yang unik. Kacang pukul ini bisa dikatakan dari dulu sampai sekarang menjadi pilihan dan buruan sebagai buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Riau. Jika didengar dari namanya saja sudah terdengar unik oleh-oleh Riau satu ini yakni pukul.

    Kacang pukul ini oleh-oleh khas Riau yang terbuat dari kacang tanah berkualitas baik. Kacang tersebut diperoleh dari para petani kacang yang ada di Bagansiapiapi, lalu kacang tersebut diproses hingga proses intinya yaitu dipukul-pukul lalu diadon hingga mengembang. Setelah itu barulah dibungkus dengan kertas minyak agar tahan lama.

    Kue Bangkit

    Kue Bangkit adalah oleh-oleh Riau yang menjadi makanan khas Melayu. Kue bangkit ini biasanya mudah dijumpai ketika hari raya idul fitri karena bisa dikatakan bahwa kue ini harus ada ketika hara raya idul fitri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kini kue bangkit tersebut sudah mudah dijumpai. Sudah banyak gera-gerai di Riau menyediakan kue bangkit sebagai salah satu oleh-oleh unggulan mereka.

    Ciri khas dari kue ini yaitu warnanya kekuningan serta rasanya nikmat dan tekstur yang lembut sehingga membuat kue ini banyak diminati oleh banyak orang. Kue ini adalah salah satu kue tradisional yang juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Riau. Bagi kamu yang berkunjung ke Riau tentu saja jangan lupa menjadikan kue bangkit sebagai oleh-oleh atau buah tangan ketika pulang ke kampung atau dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

    Baca Juga : Oleh-oleh Khas Painan

    Oleh-Oleh Riau Berupa Souvenir

    Tidak hanya makanan, ketika kamu berkunjung ke Riau kamu juga bisa mencari Souvenir atau baju sebagai oleh-oleh Riau untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pilihan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh Riau selain makanan bisa berupa baju kaos atau batik.

    Batik

    Batik adalah kerajinan khas Riau yang memiliki motif yang unik dan juga relatif dari motif batik Riau ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan batik-batik khas daerah lainnya yang ada di Indonesia. Untuk motif dari batik itu sendiri biasanya beragam seperti ada bunga ketumbang, bunga kelambang dan jenis bunga-bunga lainnya.

    Nah, batik ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Riau. Batik riau ini memiliki ciri khas yakni batik ini dilukis dengan cara diagonal dan cara vertikal. Hal inilah yang menjadi pembeda antara batik khas Riau dengan batik khas lainnya.

    Kaos

    Kaos bisa kita katakan adalah oleh-oleh yang tidak bisa kita lupakan ketika membeli oleh-oleh, ketika berkunjung kemanapun kita rata-rata mencari kaos untuk menjadi buah tangan karena sangat praktis untuk dibawa pulang. Ketika berkunjung ke Riau terutama di Pekanbaru kamu bisa mendapatkan beberapa merk kaos yang bagus dan cukup populer di Pekanbaru. Merek yang ada tersebut tentu saja merk loka dan sudah populer bahkan sudah mendunia.

    Itulah beberapa oleh-oleh Riau yang berupa makanan atau cemilan bahkan souvenir yang bisa kamu pilih jika berkunjung ke Riau. Semua list oleh-oleh Riau di atas sangat mudah kamu dapatkan, terlebih kalau kamu berkunjung ke kota Pekanbaru. Bisa dikatakan bahwa Pekanbaru adalah pusatnya oleh-oleh khas Riau karena banyak sekali gerai-gerai penyedia oleh-oleh Khas Riau ini.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-Oleh Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar