Oleh-oleh Khas Painan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Painan merupakan salah satu kota kecil yang ada di kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kota Painan memang terbilang kota kecil tapi di kota ini  banyak terdapat banyak destinasi wisata alam yang sangat indah dan sangat populer dikunjungi para wisata dari luar kota.

    Selain itu di Painan juga memiliki oleh-oleh dan makanan khas nya, oleh oleh di Painan juga merupakan salah satu hal wajib di beli atau dicicipi ketika sehabis sepulang dari tempat wisata di kota Painan ini.

    Berikut beberapa oleh-oleh khas dari Painan :

    1. Sate Lokan

    Sate merupakan makanan yang sangat sering kita temui di berbagai tempat, di setiap daerah yang memiliki makanan sate berbeda cara memasak dan pastinya rasanya juga berbeda. Di Painan memiliki keunikan nya dalam membuat sate, keunikan dari sate di Painan yaitu menggunakan bahan dari daging Lokan.

    Lokan yaitu kerang muara, kerang muara atau lokan ini biasa hidup di perairan yang berlumpur. Sate Lokan memang banyak di jual di daerah Sumatera Barat, tapi disini lah tempat asalnya sate Lokan tersebut.

    Cara pembuatan sate Lokan ini pun sama seperti sate yang biasanya kita temui, hal utama yang harus kita buat adalah merebus Lokan dalam air yang sudah matang, tunggu beberapa menit rebus hingga empuk, ketika daging lokan tersebut berwarna kuning kemerahan itu tandanya daging lokan sudah matang dan siap untuk dijadikan sate.

    Kemudian daging lokan tersebut diberi bumbu dan rempah-rempah yang khas dari Painan, setelah itu daging Lokan ditusuk dan siap untuk di bakar di bara api. Setelah itu ketika daging Lokan matang maka disiapkan lah bahan-bahan penambah rasa dari sate ini, daging yang sudah matang akan di sajikan dengan ketupat yang beralas daun pisang dan di tambah kuah sate yang sangat enak, menjadikan makanan ini sangat banyak di gemari oleh masyarakat disana.

    Makanan yang satu ini sangat  cocok dijadikan untuk di santap langsung dari orang penjual disana atau juga bisa dijadikan untuk oleh-oleh orang di rumah, tapi disarankan jangan terlalu lama untuk memakan dan membuka bungkus dari sate ini, karena kuah dari sate ini lama kelamaan akan mencair sangat di anjurkan bila tiba di rumah langsung menyantap makanan yang sangat enak dan empuk ini.

    1. Palai Bada

    Palai Bada merupakan salah satu makanan yang sangat unik di Painan, makanan yang satu ini sangat cocok bila disajikan dengan nasi. Makanan ini sering dimakan oleh masyarakat Painan sebagai lauk pauk dan dimakan dengan nasi. Ketika di Painan makanan ini wajib untuk anda cicipi atau anda jadikan sebagai oleh-oleh.

    Palai bada serupa dengan pepes ikan, tapi di Painan pepes yang dibuat dengan ikan Bada dan di tambah dengan parutan kelapa, serta ditambah dengan bumbu rempah-rempah.

    Kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar di atas bara api atau arang. Ketika palai bada sudah terlihat daun pisang berwarna hitam atau kekuningan palai sudah siap di angkat dan disajikan. Palai bada juga memiliki 2 variasi rasa, yang pertama palai berwarna kuning terbuat dari kunyit dan palai bada yang berwarna merah memiliki rasa yang pedas.

    Makanan ini sangat jarang di temui di rumah makan pada umumnya, hanya beberapa yang menyajikan makanan ini, ketika berada di Painan anda akan sering menemukan makanan ini di jejeran pusat kota. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah dan sangat cocok di sajikan dengan nasi, rasanya yang sangat unik dan enak menjadikan  makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat Painan.

    1. Pinukuik Batang Kapas

    Makanan ini sangat melegenda di kota Painan, makanan ini sudah dibuat pada tahun 1989 dan sangat populer di masa itu dan juga pada masa sekarang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung beras, gula, dan vanili dan cara pembuatannya dibuat dengan tungku yang di bakar langsung dengan bara api. Makanan yang satu ini sangat cocok di jadikan cemilan dan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

    Itulah beberapa ragam oleh-oleh atau makanan yang sangat khas di kota Painan, makanan tersebut sangat wajib untuk coba atau dijadikan sebagai oleh-oleh.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-oleh Khas Painan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar