Dampak Buruk Menelan Makanan Terburu-buru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada umumnya karena perut terasa lapar dan tidak dapat menahan makanan yang telah di hidangkan dengan porsi yang enak dengan demikian kebiasaan orang adalah makan dengan terburu-buru dan tanpa mengunyah dengan pelan-pelan, begitu masuk ke dalam mulut dan langsung menelannya. Oleh karena itu ini adalah dampak yang berbahaya bagi kesehatan anda terutama bagi pencernaan anda.

    Menurut para peneliti yang tergabung dalam American Heart Association, makan terlalu tergesa gesa akan menyebabkan dampak negative bagi kesehatan oleh karena itu anda harus membiasakan makan dengan pelan-pelan supaya kesehatan anda terjaga.

    Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat makan dengan terburu-buru

    1. Tersedak

    Tersedak adalah ketika anda memakan makanan belum sempurna karena belum sempurna di kunyah. Resiko tersedak ini sudah umum terjadi karena seseorang itu terlalu cepat dalam makan. Tersedak ini tergolong berbahaya juga karena tersedak ini dapat menyumbat saluran pernapasan karena makanan yang dimakan itu tersangkut di kerongkongan. Bahkan ada di beberapa kasus tersedak ini bisa menyebabkan kematian. Dengan itu orang tua mengajarkan kepada anak anaknya agar makan tidak tergesa-gesa sejak kecil

    1. Obesitas

    Obesitas adalah meningkatnya berat badan yang berlebihan. Dengan ini makan terlalu sering dan tergesa gesa akan menyebabkan terjadinya obesitas hal ini disebabkan karena otak dan perut anda bekerja sama dalam mengontrol nafsu makan yang anda miliki jadi dalam waktu lebih kurang 20 menit perut anda akan menyampaikan ke otak jika makanan yang anda makan telah mencukupi (Kenyang). Dan disini bisa kita simpulkan bahwa jika makan makanan tergesa gesa itu bisa membuat otak anda membutuhkan makanan yang banyak untuk merasa kenyang jadi makanlah anda dengan pelan-pelan.

    1. Diabetes

    Karena anda memakan makanan terburu-buru hal ini bisa menyebabkan obesitas dan obesitas ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan yaitu diabetes. Hal ini bisa terjadi karena obesitas ini adalah penyebab utama dari resisten insulin yang merupakan penyebab utama terjadinya diabetes. Hal ini terjadi karena hormone insulin yang dihasilkan oleh pancreas dalam mengontrol gula darah tidak lagi bekerja baik di dalam tubuh anda. Oleh karena itu kunyah lah makanan itu dengan sempurna karena itu dapat mempermudah kinerja dalam pencernaan anda

    1. Sindrom metabolic

    Selain itu dampak buruk bagi kesehatan lainnya adalah sindrom metabolic yang dapat menyebabkan penyakit jantung bahkan struk. Penyakit sindrom metabolic ini terkait dengan resistensi insulin yang dihasilkan makan terlalu cepat . Di Jepang melakukan penelitian yang melibatkan hampir 1000 orang yang terdiri dari laki laki dan perempuan berusia 40 tahun ke atas yang tidak memiliki sindrom metabolic sejak awal. Dan setelah di teliti ini disebabkan oleh makan terlalu tergesa gesa yang dapat menyebabkan meningkatnya resiko sindrom metabolic.

    1. Gangguan pencernaan

    Ketika anda makan terlalu cepat ini dapat menyebabkan makanan yang anda makan itu belum tentu hancur dengan sempurna jadi disini anda bisa menyebabkan gangguan dalam pencernaan. Dengan memakan makanan secara tergesa gesa makanan yang belum sempurna hancur ini akan membuat lambung anda akan lebih bekerja keras untuk menghancurkan makanan yang anda makan secara terpaksa. Gangguan pencernaan memiliki banyak gejala seperti naiknya asam lambung atau bisa kembung pada perut

    Nah itulah risiko ketika anda makan makanan secara tergesa gesa jadi makanlah sesuai dengan aturan kalau anda masih sayang pada tubuh anda.(Satria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Buruk Menelan Makanan Terburu-buru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar