Kapolri Akan Kunjungi Papua Selama Sepekan

Daftar Isi

    Foto: Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

    LancangKuning.com, Jakarta -- Kepala Kepolisian Negara RI (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian akan mengunjungi Papua dan Papua Barat selama sepekan. Kunjungan akan dimulai besok (2/9) untuk memantau kondisi setelah terjadi kerusuhan.

    Tito menyebut akan melakukan kunjungan itu bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

    "Saya sendiri dengan Bapak Panglima TNI kemungkinan besar besok akan kesana ya, untuk mengendalikan betul-betul situasi terkendali dan melakukan langkah penegakan hukum," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (1/9), melansir CNN Indonesia

    Tito memperkirakan ia akan tinggal di Papua selama kurang lebih sepekan. Ia juga mengatakan akan terus memantau hingga kondisi benar-benar aman.

    Baca Juga: Inilah Alasan CEO Mozilla Mengundurkan Diri

    Lebih lanjut, pihaknya telah menerjunkan kurang lebih 6.000 personel gabungan dan  menyiagakan pesawat serta helikopter di Papua dan Papua Barat.

    "Saya akan [tinggal di Papua] paling tidak mungkin empat, lima hari, seminggu. [Saya] akan ada di situ sampai situasi benar-benar aman," ungkapnya.

    Meskipun begitu ia menegaskan saat ini kondisi di wilayah tersebut sudah berlangsung relatif aman.

    Ketegangan di Papua dan Papua Barat sempat meningkat pekan lalu. Aksi unjuk rasa pada Kamis (29/8), menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja hingga Jayapura.

    Baca Juga: BMKG Pekanbaru Prediksi Bulan September Musim Kering

    Massa pengunjuk rasa sempat membakar beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop, dan Jayapura. Lalu, bangunan Kantor Telkom, dan Pos Jayapura.

    Bangunan Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mal Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga dilempari dan dirusak massa pengunjuk rasa.

    Di Deiyai, demo masyarakat Papua mengakibatkan seorang anggota TNI tewas terkena panah dan dua warga sipil meninggal dunia.

    Pemerintah belum memberikan keterangan lengkap atas total kerugian dan jumlah korban dalam gelombang demonstrasi di Papua dan Papua Barat.(LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kapolri Akan Kunjungi Papua Selama Sepekan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar