Jurusan Teknologi Industri Pertanian Terbaik di Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai negara agraria, Indonesia memiliki beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang menghasilkan bibit-bibit unggul di dalam bidang pertanian.  Yang dimana nantinya, para lulusan yang menuntut ilmu di jurusan kuliah tersebut diharapkan bisa mensejahterakan petani Indonesia, dan memajukan sektor pertanian Indonesia.

    Apa itu teknologi industri pertanian ?

    Program studi Industri Pertanian atau yang biasa disebut Agroindustri mempelajari tentang bagaimana teknologi industri pertanian dengan metode pembelajaran berbasis riset atau penelitian Mahasiswa akan mendalami bidang agroindustri dengan penguasaan kemampuan ajaran-ajaran  penelitian yang bersifat, mandiri, aplikatif, dan, filosofis.

    Pembelajaran dengan landasan penelitian atau riset akan menghasilkan mahasiswa yang bisa membuat temuan baru dalam agrikultur dengan mengutamakan value inovatif serta mampu membuat karya ilmiah menarik yang layak dan memadai untuk dipublikasikan. Mendengar kata ‘pertanian’ ini yang terbesit dipikiran pasti sawah, menanam, mencangkul.

    Akan tetapi pada program studi Teknologi Industri Pertanian ini fokus pada proses kegiatan pasca panen. Artinya pada jurusan industry pertanian ini akan dipelajari cara mempelajari hasil pertanian supaya mengeluarkan produk-produk yang berkualitas tinggi.

    Mata Kuliah Yang Terdapat di jurusan Teknologi Industri Pertanian

    1. Biologi
    2. Fisika Dasar
    3. Kimia dasar
    4. Kalkulus
    5. Pengantar agroindustry
    6. Matematika industry
    7. Pengantar bioteknologi
    8. Pengetahuan bahan hasil pertanian
    9. Biokimia
    10. Mikrobiologi umu
    11. Analisis bahan hasil pertanian
    12. Dasar teknik proses dan bioproses
    13. Mikrobiologi industry
    14. Mesin dan instrumentasi industry
    15. Ekonomi teknik
    16. Teknologi pengolahan
    17. Teknologi fermentasi
    18. Ilmu gizi
    19. Perencanaan proyek industry
    20. Pengemasan
    21. Penyimpanan dan penggudangan
    22. Teknologi pengolahan hasil perairan

    Peluang kerja jurusan teknologi industry pertanian

    Program studi ini mempunyai peluang masa depan yang ditujukan sebagai entrepreneur dan enabler. Lulusan yang mempunyai kemampuan kemahiran di bidang teknologi dan pengembangannya dalam bidang usaha yang berbasik industri pertanian akan memberikan nilai yang lebih. Tidak cuma itu, lulusan teknologi industry pertanian ini sangat menarik keinginan para perusahaan-perusahaan nasional atau internasional yang bergerak di bidang manufaktur, agroindustri, perkebunan, pangan, dan pengembang teknologi.

    Berikut perguruan tinggi yang mempunyai jurusan teknologi industry pertanian yang terbaik di Indonesia

    1. Universitas Brawijaya (UB)

    Kampus yang letak nya ada di malang, jawa timur, mempunyai dua jurusan  kuliah di bidang pertanian untuk program S1 yaitu, teknik pertanian dan teknik industry pertanian yang dimana jurusan tersebut berada di bawah naungan fakultas teknologi pertanian UB

    1. Institute Pertanian Bogor (IPB)

    Dari nama kampusnya aja mungkin kamu sudah terbayang bahwa kampus ini memiliki focus di bidang pertanian, dan untuk jurusan teknologi industry pertanian sudah mengantongi akreditasi A pada tahun 2018 ini. Jurusan yang sudah ada pada tahun 1981 ini ada di fakultas teknologi pertanian.

    1. Universitas Padjajaran (Unpad)

    Jurusan kuliah teknik pertanian di Unpad ini sudah memiliki akreditasi A, dari Ban-PT tahun 2019 ini. Jurusan ini berada dibawah fakultas teknik industry pertanian.

    1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Universitas ternama di Indonesia ini, memiliki 5 jurusan di bidang pertanian, dan ke lima jurusan tersebut memiliki akreditasi A, kelima jurusan tersebut ialah teknik industri pertanian, industry pertanian, penyuluhan dan komunikasi pertanian, sosial ekonomi pertanian, teknologi pangan dan hasil pertanian.

    1. Universitas Andalas (Unand)

    Universitas yang terletak di Padang, sumatera barat ini memiliki jurusan teknologi industry pertanian yang berakreditasi A, jurusan ini berada dibawah fakultas teknologi pertanian, Jurusan ini dibentuk pada tahun 1957.

    Itulah, penjelasan seputar jurusan teknologi industry terbaik yang ada di Indonesia.(Dani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Teknologi Industri Pertanian Terbaik di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar