Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Banyak dari sebagian orang yang menganggap bahwasannya kuliah di jurusan teknik sipil sangat lah sulit, karena mata kuliah nya yang susah, dan terkadang banyak juga yang mengeluh, baru buka buku sedikit saja, ehh langsung di pertemukan sama hitungan semua, awal nya sih pengen serius untuk mengusai tapi malah jadi malas. Maka tak heran, banyak dari sebagian mahasiswa yang masuk dalam jurusan ini, semakin lama semakin berkurang secara perlahan-lahan setiap semester nya. Berikut ini kami akan membagikan sedikit tips bagaimana agar bisa sukses kuliah teknik sipil :

    Jangan Membuang Waktu

    Tips yang pertama adalah kebiasaan yang sangat sering dilakukan oleh anak kuliahan, yaitu terlalu sering membuang waktu, alangkah baiknya kita menghilangkan kebiasaan buruk kita yang selalu membuang-buang waktu. Sebisa mungkin kita harus bisa menyediakan waktu untuk membuka kembali bahan kuliah, catatan kuliah, maupun teori dan juga perhitungan yang sudah di bahas di jam kuliah. Jika kamu tidak bisa menyempatkan waktu untuk membuka kembali maka, sangat akan bisa di pastikan kamu akan lupa dengan apa yang sudah di bahas oleh dosen di dalam ruang kuliah.

    Rajin Masuk Kuliah

    Ada pepatah yang mengatakan “orang yang pintar akan kalah dengan orang yang rajin”, mungkin pepatah ini ada benarnya saat kamu kuliah di teknik sipil. Karena nantinya jika kit ingin bisa sukses di dalam teknik sipil ini, kita harus rajin, rajin dalam belajar, mengikuti mata  perkuliahan, mengerjakan tugas kuliah, dan juga mengumpulkan bahan kuliah, kita juga harus rajin konsultasi dengan dosen saat ada tugas akhir, mau sepintar apapun kamu, jika kita selalu bermalas-malasan, maka hal ini akan bisa menghambat kesuksesan kita.

    Kuasai Teknologi Informasi

    Selain itu kita juga harus bisa menguasai Teknologi Informasi atau Pengetahuan Komputasi. Karena nantinya teknik perhitungan serta pengerjaan yang menggunakan metode manual, tentunya nanti akan tidak akan bisa di terapkan di lapangan karena akan sangat memakan waktu nantinya dan juga sangat tidak efektif jika di gunakan. Oleh karena itu penguasaan metode pengolahan data dan analisa data dengan komputer sangat lah penting juga untuk di kuasai karena itu merupakan skill yang mutlak yang harus di miliki sebagai seorang engineer.

    Ikuti Arahan Dosen

    Biasanya kita akan kesulitan dan juga merasa berat saat ingin mengerjakan tugas akhir, karena disini akan lebih banyak hala yang harus di pelajarai dan juga di lalui. Mulai dari menentukan tema atau judul dari skripsi yang akan kita buat nantinya, melakukan penelitian, penyusunan skripsi, perbaikan atau juga revisi hingga sampai ke proses sidang.

    Di tahap ini, kita harus lebih banyak dalam melakukan konsultasi pada dosen, agar nantinya kita bisa dengan mudah dalam mengerjakan skripsi. Karena nanti nya, jika ada kekurangan atau pun perbaikan yang akan kita lakukan , dosen pembimbing akan memberikan arahan dan juga saran untuk kita.

    Karena disinilah nantinya kita mendengarkan secara seksama setiap arahan yang nantinya di berikan oleh dosen. Dan kita harus melakukan dengan benar setiap arahan yang di beri oleh dosen, dan jangan lah terlalu sering menunda-nunda karena nantinya hal ini akan sangat menghambat kamu dalam mengerjakan skripsi, dan itu juga akan menghambat kamu untuk meraih kesuksesan di teknik sipil ini.

    Perbanyak Bertanya dan Berdiskusi

    Sebagai seorang mahasiswa kita tidak hanya harus mengerti apa saja yang sudah kit pelajari, akan tetapi kit juga sangat di tuntut untuk bisa berpengetahuan luas. Maka dari itu, kita harus selalu meng-update pengetahuan dan juga wawasan kita, yaitu dengan bertanya jika kita tidak mengerti, dan kita juga harus bisa berdiskusi dengan orang yang paham, misalnya saja teman, dosen, atau pun senior kita.(Doni)​

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar