Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian atau biasa yang sering disebut STAI muara bulian, merupakan salah satu perguruan tinggi islam swasta yang berbentuk sekolah tinggi. Kampus ini berada langsung dibawah naungan kementerian agama republic Indonesia, kampus ini berada di kawasan jalan gajah mada, teratai, muara bulian, teratai, batang hari, kabupaten batang hari, Jambi.

    Sejarah

    Sekolah tinggi agama islam muara bulian atau STAI muara bulian ini awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Bulian atau STIT muara bulian. Tepatnya pada tanggal 6 april 1986, ada rapat yang menghasilkan sebuah kesepakatan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan agama islam di kabupaten Batanghari, yang dirapatkan oleh pemimpin organisasi islam sekabupaten Batang Hari.

    Dan hasil dari pertemuan itu disampaikan kepada kepala desa batang hari tingkat II, akhirnya bupati Batanghari mengeluarkan SK atau surat keputusan yang bernomor: 49 tahun 1986 tepatnya terletak d itanggal 23 april 1986.

    poin dari Keputusan Bupati KDH TK II Batanghari tersebut ialah pembentukan “Majelis Pembangunan Pendidikan Islam”, namun tidak berlangsung lama setelah itu, badan ini langsung maju untuk langkah selanjutnya agar organisasi tersebut memiliki kekuatan hukum yang pasti, maka diantarkan ke Akta Notaris untuk mendapatkan pengakuan dan dasar hukumnya.

    Akuratnya pada tanggal 25 Oktober 1986 surat Notaris yang dimaksudpun terbit pula yaitu pada Nomor 125 Tahun 1986 dari “Majelis Pembangunan Islam” (MPI) menjadi “Yayasan Majelis Pembangunan Pendidikan Islam” (YMPP) yang ada di Muara Bulian dan kini bernama Yayasan Pendidikan Islam (YPI).

    Sebelum keluarnya Akta Notaris di atas, maka untuk memeriksa kemungkinan berdirinya suatu Perguruan Tinggi Islam di Muara Bulian, bahwa Bupati Kepala Daerah Tingkat II Batanghari dengan Suratnya Nomor : 45/4/1316/1986 Tanggal 19 Juni 1986 membentuk tim khusus yang terdiri dari :

    1. Drs. Abdul Manan Syafi’i  sebagai Ketua merangkap anggota.
    2. K.H Syamsuddin Ali (Sekretaris)
    3. Drs. Muhammad Damiri (Anggota)
    4. Syamsuddin Jama’ (Anggota)

    Tim ini bertugas untuk menghadapi orang yang sangat ahli dalam memberikan petunjuk untuk mendirikan Perguruan Tinggi Islam yaitu :

    1. Bapak Rektor IAIN Imam Bonjol Padang sebagai Ketua Kopertis lingkungan VI Sumbar, Riau dan Jambi.
    2. Bapak Rektor IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi,

    Dari pertemuan tersebut munculah suatu kesepakatan yang menyatakan pada Keputusan Menteri Agama yang tidak boleh membangun Fakultas secara Independent tanpa dijaga oleh sebuah lembaga yang sederajat dengan lembaga tersebut, maka dari itu terbentuklah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muara Bulian Kabupaten Batanghari, yang ada dalam Kopertis VI, Sumatera barat, Riau dan Jambi (IAIN Imam Bonjol Padang).

    Setelah sekian tahun perjalanan kemajuan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) semakin berkembang baik status kelembagaan maupun izin beroperasinya dipandang perlu untuk memajukan dan mengembangkan menjadi STAI Muara Bulian.

    Proses tawan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muara Bulian dimulai dari hasil rapat pengelola Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Batanghari dan pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muara Bulian, kemudian dibuat tawaran kepada Menteri Agama RI sesuai dengan pedoman yang diberikan. Dasar hasil pedoman BAN-PT.

    Selanjutnya informasi tentang akreditasi kampus untuk STAI Muara Bulian yang terdiri dari sejumlah program studi atau jurusan di kawasan STAI utamanya untuk tahun akademik2019/2020.

    Akreditasi Nasional BAN-PT Kemristekdikti yang direkap ialah untuk jurusan-jurusan pada tingkatan Strata Satu (S1) atau Program Sarjana. Dari STAI muara bulian ini jurusan yang berhasil direkap adalah sebanyak 3 jurusan, yang ada pada kawasan STAI Muara Bulian:

    No

    Program studi

    Peringkat

    Keterangan

    1

    Ekonomi Syari`ah (mu`amalah)

    B

    1859/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

    2

    Kependidikan Islam

    B

    773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015

    3

    Pendidikan Agama Islam

    B

    0126/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2016

    Itulah penjelasan Seputar Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian dan akreditasinya.(Dani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar