Berbagai Jenis Perawatan Sistem Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pemeliharaan komputer yang efektif dapat menjadi perbedaan antara sistem yang andal dan yang bermasalah. Pemeliharaan komputer dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tetapi semuanya dipusatkan untuk memperpanjang umur peralatan TI Anda melalui penggunaan yang hati-hati dan mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal. Dengan memelihara komputer Anda secara efektif, Anda dapat membantu bisnis Anda mendapatkan pengembalian investasi TI yang sebaik mungkin.

    Hardware

    Pemeliharaan perangkat keras adalah praktik apa pun yang dilakukan untuk menjaga agar komponen fisik komputer Anda tetap berfungsi. Membersihkan adalah salah satu bentuk perawatan perangkat keras yang paling umum. Skala kecil dan pembuatan presisi dari beberapa komponen komputer berarti bahwa paparan debu atau serpihan dapat menyebabkan masalah besar. Dengan demikian, pembersihan rutin komponen eksternal komputer Anda dapat memperpanjang umurnya secara signifikan. Mengganti komponen yang rusak atau berkinerja buruk juga dapat dianggap sebagai jenis pemeliharaan perangkat keras.

    Software

    Pemeliharaan perangkat lunak membantu memastikan bahwa program dan file komputer Anda dapat diakses dan berfungsi dengan benar. Pemindaian anti-virus adalah bentuk pemeliharaan perangkat lunak, karena fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa komputer Anda tidak menjalankan perangkat lunak apa pun yang seharusnya tidak. Cadangan juga termasuk dalam kategori ini, karena memungkinkan Anda untuk meminimalkan efek dari masalah perangkat lunak di masa mendatang dengan menyimpan catatan program atau file yang dapat dipulihkan di kemudian hari jika terjadi masalah.

    Environmental

    Membuat perubahan pada lingkungan tempat komputer Anda beroperasi dapat membantu meningkatkan umurnya. Ini bisa sesederhana menerapkan kebijakan dan aturan bagi mereka yang menggunakan komputer organisasi Anda. Misalnya, Anda dapat mengurangi risiko insiden tumpahan dengan melarang orang minum di meja mereka. Mengatur suhu ruangan kantor atau server Anda dan mencegah penumpukan debu pada permukaan juga merupakan bentuk pemeliharaan lingkungan.

    Upgrading

    Memutakhirkan komponen komputer Anda adalah jenis pemeliharaan yang sempurna. Pemeliharaan yang sempurna adalah pemeliharaan yang tidak secara fundamental mengubah cara fungsi komputer Anda, melainkan memungkinkannya menjalankan peran yang ada dengan lebih efektif. Dengan memutakhirkan komponen kunci tertentu, seperti memori onboard atau hard drive komputer Anda, Anda dapat memungkinkannya untuk melakukan tugas-tugas yang tidak akan mampu dilakukan ketika pertama kali dibangun. Hal ini pada gilirannya dapat membantu memperpanjang umur sistem dan berpotensi menghilangkan kebutuhan Anda untuk membeli komputer baru.

    Data

    Perangkat keras dan perangkat lunak komputer bergabung untuk menyediakan platform untuk menyimpan dan mengambil informasi dengan cepat. Setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun menyimpan informasi baru, basis data menjadi membengkak dan tidak efisien. Pemeliharaan sesekali pada informasi termasuk pengarsipan dan pembersihan informasi yang usang dan mengatur kembali database yang menampung informasi tersebut. Reorganisasi basis data meningkatkan waktu pengambilan informasi, memfasilitasi produktivitas pengguna kelas atas. Sistem operasi Windows dilengkapi dengan beberapa program pemeliharaan yang meningkatkan efisiensi komputer Anda. Disk Cleanup, Disk Defragmenter, Check Disk adalah tiga utilitas perawatan yang berguna yang akan meningkatkan kinerja komputer Anda.

    Pemeliharaan prediktif

    Ini adalah jenis perawatan yang dilakukan dengan menggunakan alat diagnostik, untuk mengantisipasi kemungkinan kegagalan dan mencoba menghindarinya sebelum terjadi. Salah satu cara terpenting dalam pemeliharaan jenis ini dilakukan adalah melalui pemantauan sistem komputer. Dengan cara ini, satu atau beberapa operator mengontrol berfungsinya peralatan dan sistem dengan menggunakan alat-alat seperti perangkat lunak pemantauan, untuk mengontrol semua jenis variabel, seperti suhu CPU, level baterai atau banyak lainnya.

    Pemeliharaan preventif

    Ini adalah jenis perawatan yang sangat sering, yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan kegagalan dan meningkatkan fungsi suatu sistem, tetapi juga untuk memperpanjang masa manfaat dari berbagai komponen sistem. Perawatan preventif bermanfaat dalam banyak aspek. Sebagai contoh, ia mengurangi jumlah downtime sistem atau dapat mengurangi jumlah perbaikan, dan juga dapat mendeteksi titik lemah dalam sistem yang mungkin mempengaruhi operasinya. Ketika kita berbicara tentang pemeliharaan preventif perangkat lunak, kita memasukkan operasi seperti pembuatan salinan cadangan, pembebasan ruang hard disk, pembebasan memori RAM atau pemindaian dan pembersihan komputer melalui antivirus.

    Ketika kita berbicara tentang pemeliharaan perangkat keras preventif, kita biasanya berbicara tentang dua jenis yang berbeda, yang merupakan tugas-tugas seperti pembersihan berkala peralatan dan komponennya, atau "pemeliharaan preventif aktif", yang bertujuan untuk memastikan daya tahannya dengan melindungi sistem dari kemungkinan agresi lingkungan. , misalnya, dengan memisahkan komputer dari area dengan dampak langsung sinar matahari, ini dikenal sebagai "pemeliharaan preventif pasif".

    Perawatan korektif

    Ini adalah solusi yang harus diterapkan ketika pemeliharaan prediktif dan preventif tidak berfungsi dengan benar atau ketika ini belum dapat menghindari kegagalan. Ada saat-saat komputer atau sistem gagal (misalnya karena kegagalan perangkat keras) tetapi kami ingin agar komputer dapat beroperasi kembali dan dalam kondisi optimal. Maka ini akan termasuk operasi perbaikan atau penggantian, tergantung pada kebutuhan setiap kasus. Salah satu pertimbangan yang harus diambil mengenai jenis perawatan ini adalah bahwa tidak hanya penting untuk menyelesaikan kegagalan, tetapi kita juga harus menentukan apa penyebabnya, untuk menemukan kemungkinan akibat yang mungkin mempengaruhi bagian lain. sistem dan untuk mencegahnya terjadi lagi di masa depan.

    Pemeliharaan evolusioner

    Jenis pemeliharaan ini tidak dimaksudkan untuk memperbaiki atau mencegah kemungkinan kegagalan, tetapi untuk mengembangkan sumber daya komputasi yang tersedia. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, pembaca yang budiman, teknologi selalu berkembang, dan itu berarti bahwa alat yang tersedia dan kebutuhan pengguna juga berubah secara konstan. Dengan pemeliharaan evolusioner, kami ingin memastikan bahwa sistem komputer tidak menjadi usang, tetapi tetap diperbarui untuk menawarkan pengguna pilihan teknologi terbaik, tergantung pada kemungkinan masing-masing perusahaan dan organisasi.

    Jenis pemeliharaan ini akan mencakup segalanya mulai dari tugas pembaruan perangkat lunak hingga penggantian peralatan atau sistem yang lengkap, tergantung pada kebutuhan. Dan sejauh ini, kami telah melihat jenis utama pemeliharaan TI di luar sana. Seperti yang dapat Anda bayangkan, karena kerumitan jenis operasi ini, pekerjaan ini biasanya ada di tangan para profesional, seperti administrator sistem atau perusahaan khusus, yang menawarkan layanan pemeliharaan kepada perusahaan, profesional, atau individu.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berbagai Jenis Perawatan Sistem Komputer
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar