Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sering kita dengar mengenai akreditasi, tapi apakah kita mengetahui apa itu akreditasi? Akreditasi merupakan system penilaian atau evaluasi sebuah sekolah mulai dari SD, SLTP, SLTA sampai ke Sekolah Tinggi, system ini di kerjakan oleh badan penanggung jawab yaitu BAN (Badan Akreditasi Nasional), sedangkan yang mengurus Sekolah Tinggi yaitu BAN – PT (Badan Akreditasi Nasional Sekolah Tinggi).

    Tujuan diadakannya akreditasi yaitu untuk melihat kelayakan serta kinerja dari suatu sekolah. Jadi, akreditasi ini penilaian yang dilakukan oleh badan akreditasi yang diberi nama BAN dan yang khusus untuk sekolah tinggi yaitu BAN – PT bertujuan untuk evaluasi kinerja sekolah tersebut. Banyak aspek – aspek yang dinilai pada akreditasi ini, seperti fasilitas sekolah yang berupa tempat ibadah, fasilitas olahraga, lapangan, dan masih banyak lagi. Jika semua sudah masuk dalam criteria yang ditentukan maka nilainya akan bagus pula, begitu pula sebaliknya.

    Indonesia sendiri punya banyak sekolah tinggi, mulai dari yang belum diakreditasi sampai yang sudah terakreditasi. Negeri ini sudah mulai berkembang dan maju, itu terbukti dengan adanya kereta listrik di daerah ibukota. Akan tetapi itu tidak hanya berhenti di kereta listrik, masih banyak hal yang dikembangkan oleh Negara tercinta kita.

    Dari segi pendidikan, Indonesia terlambat kurang lebih 127 tahun. Itu tidak mengurangi rasa semangat, terbukti dari banyaknya sekolah tinggi yang tersebar di seluruh nusantara ini. Salah satu provinsi yang juga memajukannya yaitu Provinsi Banten, dengan popularitas penduduk sekitar 12.448.160 jiwa dan total luas provinsi banten yaitu sekitar 9.662,92 km². ada sekolah tinggi di kotanya, kota Tangerang. Sekolah tinggi tersebut yaitu Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang.

    Akademi Kebidanan (AKBID) Assyifa Tangerang merupakan satu dari Perguruan Tinggi Swasta di tanah air indonesia yang bentuknya berupa Akademi, dikelola oleh Pendidikan Tinggi atau DIKTI dan termasuk kedalam Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (kopertis) wilayah 4.

    Kampus ini telah berdiri sejak tanggal 10 Oktober 2003 dengan Nomor SK(Surat Keterangan) PT 167DO2003 dan Tanggal SK(Surat Keterangan) PT 10 Oktober 2003, alamat dari Akademi ini di Jalan Dr Sitanala No 75 , kabupaten/kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Sekolah ini berbasis kebidanan, pelajaran kebidanan ini banyak diminati oleh kaum hawa, karena memang dasarnya yang banyak mengikuti jurusan ini kebanyakan para wanita. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa laki – laki untuk ikut dalam jurusan ini. Ada satu Program Studi di AKBID (Akademi Kebidanan) Assyifa Tangerang, yaitu :

    1.  Prodi                : Kebidanan

         Strata               :  Diploma Tiga(D3)

         Akreditasi       : C

         Status              : Aktif

         Kedaluarsa     : 16 April 2021

    Apa yang dipelajari di Prodi (Program Studi) kebidanan? Di program studi atau prodi Kebidanan kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara membantu proses persalinan dari ibu hamil. Tapi, Kebidanan bukan hanya sebatas proses persalinan, tapi juga merangkap proses mulai dari waktu atau fase - fase dalam kehamilan, merawat tumbuh kembang bayi, menyusui, hingga program KB (Keluarga Berencana). Di sini kamu akan terus belajar lebih dalam tentang hal – hal dari fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkenaan dengan usaha meningkatkan, mengembangkan kesejahteraan keluarga. Menjadi bidan merupakan satu dari pekerjaan yang mulia.

    Disini Kamu akan mengerti bahkan memahami perjuangan seorang ibu dalam proses persalinan, dan lebih perhatian dengan kesehatan reproduksi. Masih ada banyaknya bahaya yang mencekam/mengancam ibu melahirkan dan bayi juga menjadi salah satu perhatian pemerintah, karena masih banyak prospek kerja dari kebidanan ini, orang yang handal memang banyak dicari, tapi dari kebidanan sendiri memang orangnya banyak yang handal. Prospek kerjanya pun relative lebih mudah, seperti membuka usaha kebidanan, buka praktek, dan masih banyak lagi.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar